Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:48:17ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-06-19T06:26:09Z2019-06-19T06:26:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32294This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322942019-06-19T06:26:09ZPEMANFAATAN TEKNOLOGI TURNITIN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA TINDAKAN PLAGIARISME DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAPenulisan Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk memaparkan pemanfaatan Aplikasi Turnitin sebagai software deteksi plagarisme untuk mencegah terjadinya tindakan plagiarisme di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena di Indonesia khususnya di perguruan tinggi masih banyak terjadinya tindakan plagiarisme yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan, guna memperoleh gelar akademik. Tindakan plagiarisme ini terjadi karena masih kurangnya kesadaran dari pelaku sendiri atau pun masyarakat akademik lainnya dalam menulis karya tulis ilmiah. Meskipun pemerintah juga telah menetapkan sanksi yang dapat dijatuhkan terhadap pelaku plagiarisme, ternyata masih belum mampu mengatasi masalah yang terjadi. Hal ini juga disebabkan karena sebagian dari masyarakat akademis di perguruan tinggi masih belum memahami etika dalam kepenulisan. Dengan perkembangan teknologi saat ini, plagiarisme dapat dicegah dengan software deteksi plagiarisme, salah satunya dengan Turnitin. Aplikasi Turnitin ini memiliki manfaat yang sangat efektif sebagai media pengawasan guna mencegah terjadinya plagiarisme di perguruan tinggi.
Kata kunci: plagiarisme, aplikasi deteksi plagiarisme, Turnitin.NIM. 15130011 Azka Sullamul Fauzi2019-06-19T06:25:52Z2019-06-19T06:25:52Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32292This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322922019-06-19T06:25:52ZPERSIAPAN AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
DI PERPUSTAKAAN “HAMKA” SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTATujuan dari penulisaan laporan ini antara lain sebagai berikut.
1. Mengetahui persiapan yang dilakukan Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta dalam mengikuti akreditasi perpustakaan sekolah berdasarkan Standar Akreditasi Perpustakan Nasional RI.
2. Mengetahui komponen-komponen yang menjadi penilaian dalam akreditasi perpustakaan sekolah berdasarkan Standar Akreditasi Perpustakan Nasional RI.
3. Mengetahui kendala yang dialami Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta dalam melakukan persiapan akreditasi perpustakaan sekolah. Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta mempersiapkan akreditasi perpustakaan sekolah dengan sebaik mungkin. Setiap usaha dilakukan sebagai upaya pemenuhan setiap indikator kunci yang ada di tiap komponen. Usaha tersebut dilakukan setidaknya dapat mencapai standar minimal dari yang ada dalam borang akreditasi. Berikut tahapan dalam mempersiapkan akreditasi sekolah di Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta antara lain:
1. Mengajukan surat permohonan akreditasi yang ditujukan kepada BPAD Kabupaten Sleman. Keputusan tersebut diambil oleh kepala perpustakaan dengan bermodalkan keyakinan terhadap manfaat dari terakreditasinya perpustakaan sekolah, dan adanya surat pendirian perpustakaan yang telah ditandatangani oleh dinas pendidikan.
2. Mengajukan surat permohonan bimbingan akreditasi sebagai tindaklanjut dari adanya surat balasan setelah mengajukan surat permohonan akreditasi. Pengajuan surat ini menghasilkan bimbingan dan pendampingan dari BPAD Kabupaten Sleman dan BPAD Provinsi DIY dalam persiapan akreditasi.
3. Membentukan tim sembilan dengan melibatkan seluruh pihak yang ada di sekolah, seperti kepala sekolah, guru, dan karyawan. Hal ini adalah upaya dalam memudahkan pelaksanaan persiapan akreditasi dengan mengacu kepada 9 komponen yang ada dalam borang akreditasi perpustakaan sekolah.
4. Mengecek dan mengusahakan terpenuhinya standar tiap komponen yang ada dalam borang akreditasi perpustakaan sekolah. Usaha dilakukan sebisa mungkin untuk mampu mencapai standar tertinggi atau setidaknya standar minimal yang ada dalam setiap komponen yaitu komponen layanan, kerjasama, koleksi, pengorganisasian bahan perpustakaan, sumber daya manusia, gedung/ruang dan sarana prasarana, anggaran, manajemen perpustakaan, serta perawatan koleksi perpustakaan.
5. Mendapatkan surat pemberitahuan jadwal visitasi akreditasi perpustakaan sekolah. Setelah serangakaian proses persiapan akreditasi, perpustakaan mendapatkan surat pemberitahuan jadwal waktu dan tanggal visitasi akreditasi beserta nama asesor yang akan melakukan penilaian dalam visitasi tersebut.
6. Mempersiapkan acara guna menyambut pelaksanaan visitasi akreditasi perpustakaan serta menyambut kedatangan asesor di Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta.NIM. 15130010 Siti Rif’atus Sa’adah2019-06-19T06:25:37Z2019-06-19T06:25:37Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32291This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322912019-06-19T06:25:37ZIMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)
DI PERPUSTAKAAN “HAMKA”
SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTAGerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Program Gerakan Literasi Sekolah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti yang mana salah satu kegiatan dalam gerakan tersebut adalah meluangkan waktu selama 15 menit membaca buku nonpelajaran. Tahap pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah terdiri dari pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Program kegiatan literasi informasi adalah produk dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta, yang terdiri dari Pendidikan Pemakai Perpustakaan (orientasi perpustakaan dan bimbingan pemakai), Show and Tell, Reading Day, Pembelajaran Berbasis Perpustakaan dan Internet Sehat. Sebagai upaya untuk mendukung kegiatan literasi perpustakaan memberikan penghargaan diantaranya adalah Pemustaka Teraktif dan Sahabat Buku. Perpustakaan juga menyediakan sarana dan prasarana diantaranya pojok baca, gazebo literasi dan rumah literasi budaya agraris. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Perpustakaan, literasi informasiNIM. 15130009 Dena Silviawati2019-06-19T06:25:29Z2019-06-19T06:25:29Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32290This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322902019-06-19T06:25:29ZUPAYA MENCEGAH PLAGIARISME PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIALaporan Tugas Akhir ini Berjudul “Upaya Mencegah Plagiarisme Pada Karya Ilmiah Mahasiswa” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) untuk mencegah plagiarisme pada karya ilmiah mahasiswa, kendala apa yang di alami Perpustakaan FH UII, serta bagaimana solusi yang dilakukan Perpustakaan FH UII untuk mengatasinya. Laporan Tugas Akhir ini dibuat menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini yaitu Bapak Joko Santoso, Kepala Urusan Layanan Teknis Perpustakaan FH UII. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis, menunjukan bahwa upaya yang dilakukan Perpustakaan FH UII dalam mencegah plagiarisme pada karya ilmiah mahasiswa adalah dengan bekerja sama dengan fakultas mewajibkan mahasiswa membuat dan melampirkan surat keterangan bebas plagiasi pada tugas akhirnya dan menggunakan software anti plagiarisme yaitu turnitin. kendala yang di alami Perpustakaan FH UII yaitu kekurangan SDM, kendala teknis jaringan dan kebijakan. Solusi yang dilakukan Perpustakaan FH UII yaitu dengan menerima mahasiswa PKL atau magang, berkoordinasi dengan divisi SIM, dan memberikan pelatihan penggunaan turnitin kepada seuruh petugas perpustakaan.
Kata Kunci : Plagiarisme, Perpustakaan FH UII, TurnitinNIM. 15130007 Triadi Nugraha2019-06-19T06:25:20Z2019-06-19T06:25:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32285This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322852019-06-19T06:25:20ZPROGRAM LITERASI INFORMASI UNTUK MEWUJUDKAN CIVITAS AKADEMIKA YANG LITERATE DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA MELALUI THE BIG SIXEra digital semakin hari semakin canggih dan menyebabkanledakan informasi dalam arti informasi semakin hari semakin melimpah. Untuk menangkal ledakan informasi literasi informasi merupakan cara yang tepat diterapkan khususnya di perguruan tinggi. Literasi informasi merupakan suatu kegiatan mengidentifikasi masalah, mencari informasi, menggunakan informasi, sampai kepada tahap mengevaluasi informasi. Banyak model yang dapat digunakan oleh perpustakaan perguruan tinggi untuk menerapkan literasi informasi. Salah satunya model The Big Six yang telah diterapkan di Perpustakaan UMY.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui point apa saja yang ada dalam model The Big Six yang telah terimplementasikan dalam kegiatan literasi informasi. Literasi informasi di Perpustakaan UMY diterapkan dalam pelatihan di kelas literasi dengan berbagai macam kegiatan yaitu pelatihan brainstroming, mand mapping, cara mencari jurnal, teknik penulisan, pelatihan membuat kutipan, teknik parafrase, dan turnitin. Kemudian penyusun mencocokkan kegiatan apa saja yang telah terimplementasikan dalam setiap point dalam model The Big Six.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan dan memaparkan tentang bagaimana Program Literasi Informasi untuk Mewujudkan Civitas Akademika yang Literate di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui The Big Six.
Kata Kunci: Literasi Informasi, The Big SixNIM. 15130002 Tika Mei Rahmawatiyah2019-06-19T06:25:11Z2019-06-19T06:25:11Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32284This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322842019-06-19T06:25:11ZLAYANAN JURNAL ILMIAH INDONESIA
DI PERPUSTAKAAN PDII-LIPIPerpustakaan PDII-LIPI sebagai pusat repositori Indonesia dituntut untuk mampu menyendiakan semua koleksi jurnal ilmiah Indonesia yang dibutuhkan pengguna (user). Keberhasialan dalam sebuah perpustakaan dapat diukur dari kualitas pelayanan yang diberikan kepada prngguna. Layanan adalah adalah sebuah proses atau kegiatan yang ditawarkan kepada pengguna (user) yang dilayani. Dalam sebuah perpustakaan layanan bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam proses temu kembali informasi yang merka butuhkan dengan cepat dan akurat.NIM. 14130033 MOH.RAMLI2019-06-19T06:25:05Z2019-06-19T06:25:05Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32283This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322832019-06-19T06:25:05ZPENGADAAN BAHAN PUSTAKA
DI PERPUSTAKAAN SD TUMBUH 1 YOGYAKARTAPerpustakaan sekolah diperuntukkan kepada para guru, murid, karyawan dan
pemakai perpustakaan termasuk orang tua wali serta masyarakat sekitar tempat
sekolah itu berada. Menurut Sinaga (2011: 21) Perpustakaan sekolah sebagai sumber
fasilitas belajar benar-benar harus dijadikan pusat kegiatan proses belajar-mengajar
yang menyenangkan. Keberadaan perpustakaan sekolah merupakan sarana yang baik
untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. erdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai
berikut:
1. Bagaimanakah kegiatan pengadaan bahan pustaka di SD Tumbuh 1
Yogyakarta?
2. Apa sajakah metode yang dilakukan perpustakaan SD Tumbuh 1
Yogyakara dalam kegiatan pengadaan koleksi? Adapun tujuan laporan ini adalah untuk mengetahui :
4
1. Kegiatan pengadaan bahan pustaka di SD Tumbuh 1 Yogyakarta.
2. Metode yang dilakukan pustakawan SD Tumbuh 1 Yogyakarta dalam
pengadaan koleksi. Berdasarkan uraian pembahasan yang terkait dengan judul “Pengadaan Bahan
Pustaka di Perpustakaan SD Tumbuh 1 Yogyakarta” maka dapat di simpulkan
sebagai berikut:
1. Dalam pengadaan bahan pustaka Perpustakaan SD Tumbuh 1 Yogyakarta
belum menggunakan alat bantu: Katalog penerbit, book review, bibliografi
nasional, index, index dan majalah tinjauan buku.
2. Perpustakaan SD Tumbuh 1 Yogyakarta dalam melakukan pengadaan bahan
koleksi buku hanya menggunakan metode pembeian, hadiah dan pembuatan.
3. Dalam melakukan pengadaan koleksi terbitan berkala Perpustakaan SD
Tumbuh 1 Yogyakarta menggunakan metode pembelian dan hadiah saja.
Belum menggunakan metode lain tukar-menukar dan keanggotaan organisasiNIM. 14130030 Risqi Nur Azizan2019-02-25T01:23:43Z2019-02-25T01:23:43Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32295This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322952019-02-25T01:23:43ZSARANA PRASARANA DI PERPUSTAKAAN
IBNU SHINA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU
BINA ANAK ISLAM KRAPYAK YOGYAKARTAPenulisan Tugas Akhir ini untuk membahas tentang sarana prasarana yang ada di perpustakaan Ibnu Shina SDIT Bina Anak Islam Krapyak (BAIK). Dipilihnya topik ini melihat pentingnya sarana prasarana perpustakaan dapat memenuhi standar sarana prasarana perpustakaan yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah kualitatif deskriptif, dimana dalam tugas akhir ini memaparkan fakta lapangan berdasarkan observasi langsung untuk klemudian disusun secara sistematis dalam bentuk laporan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan melibatkan subyek penelitian Perpustakaan Ibnu Shina SDIT Bina Anak Islam Krapyak dan obyek penelitian sarana dan prasarana di perpustakaan Ibnu Shina SDIT Bina Anak Islam Krapyak.
Hasil dari penelitian tersebut, bahwasannya sarana prasarana di perpustakaan Ibnu Shina SDIT Bina Anak Islam Krapyak masih belum sepenuhnya memenuhi standar sarana prasarana oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Kata Kunci: sarana, prasarana, standarNIM. 15130012 Fatma Fitri Aryati2019-02-19T08:30:44Z2019-02-19T08:30:44Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33320This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/333202019-02-19T08:30:44ZLANGUAGE FUNCTIONS USED IN MARLIN AND DORY’S CONVERSATIONS IN FINDING NEMO MOVIEThis research deals with the analysis of Marlin and Dory’s conversation in Finding Nemo movie. The researcher analyzes the conversations of Marlin and Dory that contain irrelevant dialogue because all of the conversations have different contexts, meanings, and other factors of communication. It aims to find out the types of language functions used in Marlin and Dory’s conversation in Finding Nemo movie. This research uses language function theory by Roman Jakobson that are referential, emotive, conative, phatic, metalingual, and poetic function. This research is arranged with descriptive qualitative procedure because the data of the study are in the form of words. Then documentation technique is used to collect the data. The result of data analysis showed there were 35 data that used language function theory. Based on the result, the language function that was appeared in the conversation of Marlin and Dory in Finding Nemo movie were 15 times of referential function, 5 times of emotive function, 7 times of conative function, one time of phatic function, 7 times of metalingual function, and there is no poetic function used. From this research, it can be concluded that the most dominant type of language function that used by Marlin and Dory in their conversation is referential function.NIM. 12150056 Risa Hidayati2019-02-19T08:15:39Z2019-02-19T08:15:39Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33319This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/333192019-02-19T08:15:39ZTHE PORTRAYAL OF GRETEL’S FEMALE MASCULINITY IN HANSEL AND GRETEL: WITCH HUNTER MOVIEHansel and Gretel: Witch Hunter movie is one of the interesting movies because it becomes the most important and most renowned operas in German in 19th century. This movie tells about two siblings, man and woman who have same characterization in the story of the movie. It leads to an assumption that Gretel action same as her brother, Hansel. This shows that Gretel has masculine nature. That are the reasons which makes the researcher interested to observe how is Gretel’s female-masculinity portrayed in Hansel and Gretel movie. This analysis uses the theory of female-masculinity by Jack Halberstam. This research uses descriptive qualitative type of research in order to analyze a phenomenon of a woman with female masculinity model by describing the occurrence in the form of words. After following the techniques of collecting data and analyzing data, the researcher could conclude that Gretel character in Hansel and Gretel: Witch Hunter movie represents female-masculinity sign and appearance: being powerful (Thinker, active, creative, strong, brave, fighter and hero) and being dominant.NIM. 12150042 KRISMA ANGGARA RAMDANI2019-02-19T07:35:53Z2019-02-19T07:35:53Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33317This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/333172019-02-19T07:35:53ZPENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA BUKU
DI PERPUSTAKAAN BALAI BAHASA YOGYAKARTAPengolahan bahan pustaka merupakan serangkaian proses bahan pustaka diterima oleh perpustakaan. Pengolahan bahan pustaka adalah inti dari perpustakaan, karena bahan pustaka belum dapat dimanfaatkan jika tidak dilakukan pegolahan terlebih dahulu terhadap bahan pustaka dan fungsi perpustakaan tidak berjalan dengan baik. Tujuan dari pengolahan bahan pustaka ini memungkinkan perpustakaan untuk mengatur koleksi-koleksinya sehingga mudah dan cepat didapatkan informasinya. Adapun berbagai macam tahapan-tahapan pengolahan bahan pustaka buku disebabkan oleh pustakawan yang bekerja di perpustakaan tersebut, budaya kerja dan sarana prasarana perpustakaan. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap pengolahan bahan pustaka khususnya buku di Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta. Tahap pengolahan bahan pustaka buku yang pertama adalah inventarisasi, katalogisasi, klasifikasi, pelabelan, penyampulan dan penyusunan buku.NIM.15130032 Frizqi Firdian2019-02-19T07:15:58Z2019-02-19T07:15:58Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33314This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/333142019-02-19T07:15:58ZPENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN “PRAPANCA” SMAN 2 BANTULTugas akhir ini membahas tentang pengadaan koleksi pada sekolah menengah atas di SMA Negeri 2 Bantul. Pokok masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kegiatan pengadaan bahan koleksi cetak di perpustakaan “PRAPANCA” SMA Negeri 2 Bantul lalu método yang digunakan untuk menyeleksi atau memilih koleksi cetak yang pantas di sajikan pada pemustaka atau siswa sekolah menengah atas serta kendala yang dihadapi saat proses pengadaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari lebih lanjut mengenai kegiatan pengadaan bahan koleksi cetak di Perpustakaan “PRAPANCA” SMA Negeri 2 Bantul dan untuk mengetahui método yang dilakukan pustakawan atau tim perpustakaan “PRAPANCA” SMA Negeri 2 Bantul guna menyeleksi koleksi tercetak yang ingin disajikan untuk pemustaka serta mengetahui masalah apa saja yang dialami saat proses pengadaan bahan koleksi cetak.NIM. 15130027 Wakhid Farizka Anwari2019-02-19T06:56:48Z2019-02-19T06:56:48Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33311This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/333112019-02-19T06:56:48ZSTRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN “HAMKA” SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTAPerpustakaan sebagai salah satu lembaga/institusi merupakan salah satu wahana information yang keberadaannya di harapkan mampu membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahwa semua kegiatan yang dilakukan selalu mengandung unsur/nilai pembelajaran, pengembangan iptek bud maupun penunjang penelitian.
Begitu pentingnya suatu perpustakaan untuk memajukan sumber daya manusia yang berkompeten di sekolah. Saat ini kurangnya minat baca seorang siswa menjadi masalah terbesar yang dihadapi suatu instansi pendidikan, karena itu maka suatu perpustalaan lembaga pendidikan harus mampu memberikan kesan tersendiri agar siswa mau mengunjungi perpustakaan dan membaca, maka dari itu perpustakaan sekolah perlu mempromosikan halhal
apa saja yang ada diperpustakaan dengan semenarik mungkin. Berdasarkan uraian diatas maka focus penelitian yang dilakukan yaitu mengenai strategi promosi yang dilakukan di Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur, dengan teknik pengumpulan data studi kepustakawanan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu perpustakaan”HAMKA” menggunakan strategi pameran, wajib kunjung perpustakaan, panggung dongeng anak muslim, pemustaka teraktif, pustakawan keciklbrosur, buletinmedia social,video profil perpustakaan, dan media cetak koran.NIM. 15130023 Indah Nur Nuhyati2019-02-19T06:43:49Z2019-02-19T06:43:49Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33308This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/333082019-02-19T06:43:49ZPROMOSI PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN PRAPANCA SMA N 2 BANTUL YOGYAKARTAPerpustakaan merupakan salah satu komponen pendukung dalam sebuah institusi akademik yang berperan penting dalam penyediaan sumber-sumber informasi. namunPengguna perpustakaan sering kali tidak bisa memanfaatkan informasi yang ada di perpustakaan. Perpustakaan sekolah sering kali di anggap membosankan. Bahkan staf dan guru pun jarang mengunjungi perpustakaan karena mereka berfikir perpustakaan tidak menyediakan informasi terbaru yang mereka butuhkan. Sehingga pemanfaatan koleksi di perpustakaan kurang maksimal. Oleh karena itu pustakawan harus pustakawan harus melakukan upaya untuk menarik perhatian penggunanya salah satunya dengan promosi perpustakaan. Perpustakaan “PRAPANCA” adalah suatu lembaga yang ada di SMA Negeri 2 Bantul dan mempunyai penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, yang berupaya memberi kemudahan kepada pemustaka untuk mengakses informasi tersebut, agar pemustaka mengetahui segala sesuatu yang ada di perpustakaan, maka perpustakaan tersebut mengadakan promosi perpustakaan. Perpustakaan prapanca melakukan kegiatan promosi dengan berbagai media seperti poster, pamflet, video profil perpustakaan, presentasi, dan kegiatan lomba literasi.NIM. 15130021 Galang Syiari ma’ruf2019-01-17T01:41:58Z2019-01-17T01:41:58Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32470This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/324702019-01-17T01:41:58ZWAR AS SEEN IN BLACK SABBATH’S WAR PIGS
A Graduating PaperWar pigs is a song by Black Sabbath. This song depicts a war by third point of
view. War is a conflict that happens when a part have different view, ideologies, or
interest with other parties. War becomes an in teresting object to be analyzed because it
still happens until now. The purpose of this research is to find out and to analyze more
about depiction of war in the song. This research uses New Criticism by Cleanth Brooks.
It uses qualitative research methode. Close reading technique is applied to collect the
data. From the analysis, this research has founded the idea of the speaker as the third
person point of view that is divided into three parts, 1) the begining of the war, 2) what
happens to the leader of the war during the war, and 3) the end of the word, the end of the
war and the aftermath of it. Those parts of the lyric build events chronologically uttering
by the third person point of view to shoe the describtion of the war.NIM. 11150010 Linda Lutfiyatus Saadah2019-01-17T01:32:16Z2019-01-17T01:32:16Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32469This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/324692019-01-17T01:32:16ZPEMBINAAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN
IBNU SHINA SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAKPenulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk memaparkan tentang salah satu kegiatan penunjang untuk belajar bagi siswa, dengan adanya dorongan dari internal maupun eksternal. Pembinaan minat baca sendiri bertujuan untuk membina dan meningkatkan belajar siswa baik secara tertulis maupun secara lisan. Dengan adanya pembinaan minat baca yang diterapkan di sekolah dasar akan mampu menunjang belajar siswa untuk jenjang berikutnya, sehingga siswa terbiasa dengan adanya kegiatan pembinaan minat baca. Salah satu kegiatan pembinaan minat baca yang biasa diterapkan di sekolah dasar yaitu mengajak siswa untuk membaca di perpustakaan dengan memanfaatkan koleksi perpustakaan selain itu juga kegiatan tersebut bisa menjadi tempat rekreatif. Fungsi pembinaan minat baca yang diterapkan di sekolah bisa dilihat dari tiap tahun dengan adanya peningkatan prestasi siswa, oleh karena itu kegiatan pembinan minat baca di sekolah sangat diperlukan untuk menunjang, membina serta meningkatkan minat baca siswa .NIM. 15130026 Lailatul Qadriyah2019-01-09T02:50:41Z2019-01-09T02:50:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32288This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322882019-01-09T02:50:41ZPENGEMBANGAN SISTEM KLASIFIKASI MUHAMMADIYAH DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAPerpustakaan Universitas Muhammadiyah sebagai salah satu instansi berlatar belakang organisasi Muhammadiyah dituntut untuk menyediakan koleksi tentang Kemuhammadiyahan. Dibutuhkan klasifikasi khusus tentang Kemuhammadiyahan agar koleksi Kemuhammadiyahan dapat tertata dengan baik yakni dengan menggunakan Klasifikasi Muhammadiyah 2x9.71 rintisan Lasa Hs yang saat ini menjabat sebagai Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta periode 2012-sekarang. Klasifikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada petugas bagian pengolahan untuk melakukan pengklasifikasian koleksi dan memberikan kemudahan kepada pengguna perpustakaan dalam proses pencarian koleksi di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Kata Kunci: Klasifikasi, Klasifikasi Muhammadiyah, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah YogyakartaNIM. 15130005 Tyas Fatma Pratiwi2019-01-09T02:50:35Z2019-01-09T02:50:35Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32287This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322872019-01-09T02:50:35ZPEMANFAATAN KOLEKSI TERCETAK OLEH SISWA
DI PERPUSTAKAAN AL-MA’ASHIR
SMA MUHAMMADIYAH 2
YOGYAKARTAPemanfaatan koleksi adalah sebuah cara untuk memanfaatkan bahan pustaka yang dimiliki oleh sebuah perpustakaan secara optimal. Koleksi dibagi menjadi dua jenis yakni koleksi tercetak dan non-cetak. Koleksi tercetak tersebut meliputi koleksi sirkulasi yang terdiri dari sepuluh kelas utama DDC (Decimal Dewey Classification) 000-900 dan koleksi referensi seperti, majalah, Koran, ensiklopedi, dan lain sebagainya. Tugas akhir ini membahas tentang pemanfaatan koleksi tercetak, bagaimana keseluruhan koleksi yang meliputi koleksi tercetak dan non-cetak di perpustakaan Al-Ma’ashir SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dibaca dan dipinjam oleh siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan mengacu pada hasil wawancara dan statistik peminjaman pada tahun 2015-2018. Pemanfaatan koleksi berdasarkan statistik peminjaman pada tahun 2015-2017 menghasilkan rincian sebagai berikut: tahun 2015 sebanyak 38% dengan jumlah peminjaman 2157, tahun 2016 sebanyak 26% dengan jumlah peminjaman 1478, dan 2017 26% dengan jumlah peminjaman 1458. Selain pemanfaatan koleksi, penulis menyertakan beberapa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dalam memanfatkan koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Al-Ma’ashir.
Kata Kunci: Perpustakaan, Pemanfaatan Koleksi, Faktor PemanfaatanNIM. 15130004 Rosdiana Ali2019-01-09T02:50:29Z2019-01-09T02:50:29Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32286This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322862019-01-09T02:50:29ZSTRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL DI IPC CORPORATE UNIVERSITY BOGORTujuan penulisan laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui:
1. Proses perencanaan yang dilakukan dalam kegiatan promosi perpustakaan berbasis digital di IPC Corporate University.
2. Strategi yang digunakan dalam kegiatan promosi perpustakaan berbasis digital di IPC Corporate University.
3. Kendala dan solusi dalam kegiatan promosi perpustakaan berbasis digital di IPC Corporate University. Berdasarkan uraian pembahasan mengenai promosi perpustakaan berbasis digital di IPC Corporate University di atas, penulis menyimpulkan bahwa:
1. Kegiatan promosi perpustakaan berbasis digital di IPC Corporate University dilakukan agar tercapainya tujuan yang diharapkan. Adapun tahapan perencanaan yang telah dibuat, dimulai dari siapa penanggungjawab kegiatan, proses persiapan produk yang akan dipromosikan, mengapa promosi perlu dilakukan, jumlah anggaran yang diperlukan, dan kapan akan dilaksanakannya kegiatan promosi melalui media digital yang dimiliki Perpustakaan IPC Corporate University.
2. Strategi promosi perpustakaan yang diterapkan oleh Perpustakaan IPC Corporate University adalah menerapkan konsep Library In Action (LIAC). Strategi LIAC ini menggunakan lima konsep, yaitu promosi kreatif melalui media digital, koleksi perpustakaan, sumber daya manusia, penguatan konsep perpustakaan, dan promosi melalui kegiatan perpustakaan dimana kesemuanya dipromosikan melalui media digital berupa website, e-mail, outlook office, e-office, dan media sosial.
116
3. Hambatan atau kendala yang dihadapi Perpustakaan IPC Corporate University dalam kegiatan promosi berbasis digital tersebut berasal dari dua faktor, yaitu faktor internal dari sisi SDM yang kurang fokus terhadap tugas perpustakaan dan faktor eksternal yaitu komitmen atau dukungan dari Direksi IPC Pusat belum sepenuhnya mendukung kegiatan promosi perpustakaan. Adapun upaya dalam mengatasi hambatan dari faktor internal yaitu akan dibuatnya aplikasi CRM agar perpustakaan dengan perusahaan lain dapat terintegrasi. Sedangkan dari faktor eksternalnya, perpustakaan akan menjalin kerjasama dengan menawarkan konsep bisnis terbaru kepada kantor IPC Pusat.NIM. 15130003 Rafita Prabawati2019-01-09T02:50:22Z2019-01-09T02:50:22Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32289This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322892019-01-09T02:50:22ZPENELUSURAN INFORMASI DIGITAL DI PERPUSTAKAAN
UNIVERSITAS 'AISYIYAH YOGYAKARTAKegiatan penelusuran semakin berkembang bersamaan dengan kemajuan
teknologi di bidang informasi dan telekomunikasi yang kemudian mengakibatkan
hadirnya berbagai perangkat lunak penelusuran informasi dan media penyimpan
informasi, selanjutnnya teknologi juga dapat mengemasnya dengan berbagai cara.
Penulis mengambil media penelusuran informasi digital di Perpustakaan
Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, di perpustakaan tersebut memiliki media
penelusuran informasi digital yaitu SIMPTT Pencarian Pustaka sebagai katalog
elektronik, Proquest sebagai database online yang dilanggan, jurnal elektronik,
komputer penelusuran koleksi digital, dan Eprints sebagai institusional repository.
Selanjutnya di dalam tugas akhir ini memuat mengenai bagaimana penelusuran
informasi digital, informasi apa yang di dapatkan dan kendala dalam penelusuran
informasi digital di Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Kata Kunci: Penelusuran Informasi DigitalNIM. 15130006 Ahmad Sofyan Alfi2019-01-09T02:50:15Z2019-01-09T02:50:15Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32282This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322822019-01-09T02:50:15ZLAYANAN SIRKULASI
DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA MAGELANGDinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang sebagai sarana minat baca masyarakata di Kota Magelang. Maka, untuk memenuhi minat baca tersebut Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang melayani layanan sirkulasi untuk pemustaka. Tujuan dari layanan sirkulasi yaitu mengetahui bagaimana proses layanan sirkulasi yang ada di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang. Selain proses layanan sirkulasi dibahas juga kendala-kendala dalam proses layanan sirkulasi. Dalam proses layanan sirkulasi di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang sudah menggunakan sistem otomasi. Diharapkan dalam pengamatan ini dapat memberikan gambaran yang jelas dalam layanan sirkulasi dan memberikan manfaat untuk pustakawan.
Kata Kunci : Layanan SirkulasiNIM. 14130023 Nicholas Sri Subimo2019-01-09T02:49:48Z2019-01-09T02:49:48Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32309This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323092019-01-09T02:49:48ZALIH MEDIA NASKAH KUNO KE DALAM BENTUK DIGITAL DI PERPUSTAKAAN BALAI BAHASA YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kebijakan Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta sendiri terhadap alih media, proses alih media yang dilakukan di Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta terhadap koleksi naskah kuno, dan kendala-kendala yang dihadapi selama proses alih media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pustakawan ahli Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta yang mengetahui secara keseluruhan tentang proses alih media. Sedangkan Objek Penelitian ini adalah alih media terhadap naskah kuno. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dijabarkan dalam bentuk narasi yang mengandung simpulan penulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya di Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta sendiri masih belum terdapat kebijakan secara khusus terhadap kegiatan alih media, namun kebijakan yang dimiliki Perpustskaan Balai Bahasa Yogyakarta hanya sebatas standar operasi yang dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan alih media dan belum ada kebijakan yang mengatur secara keseluruhan proses alih media. Sejauh ini selama dalam pelaksanaannya Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta telah mengalihmedia sekitar 30% dari total koleksi dua puluh ribuan dan dalam satubulan selalu menargetkan dua judul untuk di alih media. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan alih media adalah perangkat yang sering terkendala rusak (error) ini yang menjadi kendala utama dalam kegiatan alih media. Kemudian kendala waktu, yakni waktu yang ada sering tersita oleh kegiatan yang lain di luar perpustakaan, sehingga kegiatan alih media pun tertunda. Kata Kunci : Alih Media, Naskah Kuno, Perpustakaan KhususNIM.15130025 Mirsalana Akram2019-01-09T02:49:42Z2019-01-09T02:49:42Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32308This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323082019-01-09T02:49:42ZPENGUATAN PERAN PROFESI PUSTAKAWAN
MELALUI KEGIATAN PELAYANAN SIRKULASI
DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIAPerpustakaan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia sebagai tempat pembelajaran bagi mahasiswa. Maka perlu adanya sistem pelayanan yang baik oleh pihak perpustakaan terutama pelayanan sirkulasi yang berkaitan langsung oleh pemustaka. Metode penelitian yang saya gunakan yaitu metode kualitatif, untuk pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan dari pelayanan sirkulasi yaitu untuk membantu pemustaka dalam menyelesaikan masalahnya. Semua ini dilakukan untuk membantu pemustaka untuk memenuhi kebutuhannya di perpustakaan. Kegiatan yang dilakukakan di layanan sirkulasi meliputi peminjaman, perpanjang waktu peminjaman, pengembalian, pembayaran denda, penelusuran koleksi, bebas pustaka dan statistik. Kendala yang dihadapi dalam pelayanan sirkulasi meliputi kendala dalam peminjaman, perpanjang waktu peminjaman, pengembalian, pembayaran denda, penelusuran bebas pustaka, penelususran koleksi dan statistik. Penguatan peran pustakawan melalui kegiatan pelayanan sirkulasi ada enpat meliputi pustakawan bagian sirkulasi sebagi educator, manajer, administrator, supervisor.
Kata Kunci : Sirkulasi, Peran Pustakawan, PerpustakaanNIM. 15130024 Firman Dwi Anggito2019-01-09T02:49:37Z2019-01-09T02:49:37Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32307This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323072019-01-09T02:49:37ZIMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT MELALUI KEGIATAN KNOWLEDGE SHARING DI PERPUSTAKAAN
IPC CORPORATE UNIVERSITY BOGORDi era persaingan global saat ini, pengetahuan menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi untuk mampu bertahan dengan terus menciptakan inovasi dan mempertahankan perkembangan yang berkelanjutan. Dalam rangka menghadapi tuntutan persaingan tersebut, IPC Corporate University sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kepelabuhanan, maritime, dan logistik memiliki strategi dengan mengelola pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki pegawai menjadi penegtahuan organisasi yang disebut sebagai “knowledge management”. Dalam hal ini perpustakaan IPC Corporate University memegang peranan penuh dalam pengelolaan knowledge management yang salah satunya diimplementasikan melaui kegiatan knowledge sharing. Penelitian ini bertujuan untuk membahas implementasi knowledge management melalui kegiatan knowledge sharing di perpustakaan IPC Corporate University Bogor.
Kata Kunci : Implementasi Knowledge management, Knowledge Sharing, Perpustakaan IPC Corporate University BogorNIM. 15130022 Siti Solikhah2019-01-09T02:49:31Z2019-01-09T02:49:31Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32306This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323062019-01-09T02:49:31ZPENGELOLAAN INSTITUSIONAL REPOSITORY
MENGGUNAKAN APLIKASI EPRINTS DI PERPUSTAKAAN
UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTATujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui:
1. Aplikasi Repositori Institusi yang digunakan oleh perpustakaan universitas ‘aisyiyah.
2. Proses pengelolaan Repositori Institusi di perpustakaan universitas ‘aisyiyah dengan menggunakan Eprints. Berdasarkan pembahasan diatas bisa bahwa pengelolaan Istitusional Repository menggukan aplikasi Eprints di Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta sebagai berikut :
1. Sumber daya pengelolaan Institusional Repository di Perpustakaan ‘Aisyiyah Yogyakarta dibagi menjadi empat yaitu
Yang pertana, sumber daya manusia yang harus dipenuhi yaitu pustakawan, tenaga pemprosesan data dan staf Teknologi Informasi.
Yang keduaperangkat keras dan lunak berupa komputer server, jaringan serta untuk perangkat lunak yang digunakan menggunakan aplikasi eprints.
Yang ketiga, prosedur dan dukungan pimpinan di perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta berupa proposal yang digunakan dalam pembangunan Institusional Repository yang berisi semua kebijakan dan peraturan mengenai Institusional Repository, sebagai contoh ialah kebijakan bahwa bebas pustaka yang mengharuskan menggunggap karya ilmiah dalam bentuk naskah publikasi yang tidak fulltext sebagai syarat untuk wisuda. Kebijakan ini dikeluarkan oleh biro akademik universitas.
60
Yang keempat, jenis informasi yang ada di perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta berupa karya tulis hasil mahasiswa yang ditujukan untuk menempuh gelar akademik seperti program diploma harus menyussun sebuah tugas akhir, program sarjana harus menyusun sebuah skripsi, program magister harus menyusun tesis dan program doktoral harus menyusun disertasi.
2. Langkah-langkah pengelolaan Institusional Repository ada beberapa tahapan yaitu :
Yang pertama, studi banding harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana institusional Repository yang diterapkan di sebuah universitas, setelah itu dijadikan pedoman atau tolak ukur untuk membangun sebuah Institusional Repository.
Yang kedua, pemilihan aplikasi pengelola Institusional Repository seperti Eprints,Dspace da lainnya. Tentu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan dari universitas. Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah sendiri memilih aplikasi pengelola Institusional Repository Eprints karena ada beberapa faktor yaitu aplikasinya bersifat gratis atau free open source software, didukung oleh banyak komunitas (Ubuntu, dalam instalasinya sangat mudah, dan aplikasi tersebut bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kita.
Yang ketiga, adapun langkah-langkah untuk penggunggahan karya ilmiah tersebut ada didalam pedoman panduan tugas akhir yang setiap tahunnya selalu dievaluasi karena harus menyesuaikan dengan kebijakan universitas.NIM. 15130020 Fery Wahyu Ramadhan2019-01-09T02:49:26Z2019-01-09T02:49:26Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32305This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323052019-01-09T02:49:26ZPENGGUNAAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN SIPUS DALAM PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN FISIPOL UGM YOGYAKARTAPerkembangan teknologi sangat mempengaruhi di segala bidang, tak terkecuali perpustakaan. Perpustakaan memasukkan teknologi ke layanan nya atau yang bisa kita sebut dengan otomasi perpustakaan. Otomasi perpustakaan di Indonesia sudah berkembang dengan sangat cepat. Sekarang perpustakaan-perpustakaan di Indonesia sudah banyak yang mengaplikasikan sistem otomasi ini, baik dari perpustakaan sekolah sampai perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan Fisipol UGM sebagai perpustakaan perguruan tinggi menerapkan sistem otomasi perpustakaan SIPUS. Sistem otomasi SIPUS sudah mencakup semua layanan yang ada di perpustakaan FISIPOL UGM, salah satunya layanan sirkulasi. Layanan sirkulasi adalah layanan yang paling menonjol dari semua layanan yang ada di perpustakaan dan layanan ini adalah layanan yang paling dekat dengan pemustaka.
Kata kunci: Otomasi Perpustakaan, Layanan Sirkulasi, SIPUS.NIM. 15130019 Arjun Naim2019-01-09T02:49:21Z2019-01-09T02:49:21Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32304This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323042019-01-09T02:49:21ZPENGEMBANGAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN FISIPOL UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTAPerpustakaan merupakan sebuah tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mendayagunakan sumber informasi berupa koleksi. Sebuah perpustakaan hendaknya memiliki kebijakan pengembangan koleksi secara tertulis kaitannya sebagai pedoman atau rujukan dalam mengembangkan koleksi yang ingin dicapai kedepannya. Namun tidak semua perpustakaan memiliki kebijakan pengembangan koleksi secara tertulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah kegiatan pengembangan koleksi yang ada di Perpustakaan FISIPOL UGM dan juga kendala-kendala yang ada dalam kegiatan pengembangan koleksi tersebut. Pendekatan yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan juga dokumentasi.
Setelah dilakukan kegiatan penelitian, diketahui bahwa kegiatan pengembangan koleksi di perpustakaan FISIPOL UGM meliputi kegiatan analisis kebutuhan pengguna, kebijakan pengembangan koleksi, seleksi bahan pustaka, pengadaan bahan pustaka, penyiangan koleksi, dan evaluasi.
Keyword: perpustakaan; koleksi; pengembangan koleksi.NIM 15130018 Vina Roihatul Janah2019-01-09T02:49:14Z2019-01-09T02:49:14Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32303This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323032019-01-09T02:49:14ZPENERAPAN LEARNING COMMONS
DI PERPUSTAKAAN AL-MA’ASHIR
SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTAKemudahan informasi yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun tanpa batas ruang dan waktu, perubahan paradigma tentang perpustakaan dan user atau pemustaka di Perpustakaan Al-Ma’ashir SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta di dominasi oleh generasi digital serta pemnafaatan teknologi secraa maksimal di perpustakaan dalam menunjang berbgaai kegiatan yang ada di peprustakaan merupakan fenomena-fenomena yang mendorong munculnya konsep baru di perpustakaan yaitu learning commons. Learning commons dapat didefinisikan sebagai pemanfaatan ruang-ruang perpustakaan yang menyediakan berbagai fasilitas yang berbasis teknologi kemajuan terkini, layanan dan menjadikan ruang-ruang tersebut sebagai media belajar, berdiskusi, menemukan ide-ide terbaru yang mana dapat diakses secara bebas dan mandiri guna mendukung proses pembelajaran (Deasy Kumalawati dan Hermin Indah Wahyuni: 84). Konsep learning commons menjadikan perpustakaan untuk terus berkembang mengikuti zaman dengan meyediakan layanan dan sarana prasarana yang membuat pemustaka nyaman, mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.
Kata Kunci: learning commons, generasi digital, teknologi perpustakaanNIM. 15130017 Suci Rhomana Sari2019-01-09T02:49:07Z2019-01-09T02:49:07Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32302This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323022019-01-09T02:49:07ZPEMANFAATAN OPAC PADA SOFTWARE LIBSYS (LIBRARY SYSTEM) OLEH SISWA DALAM PENELUSURAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN AL-MA’ASHIR
SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTATugas akhir ini membahas tentang “Pemanfaatan OPAC Pada Software LIBSYS (Library System) Oleh Siswa dalam Penelusuran Informasi di Perpustakaan Al-Ma‟ashir SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta” dimana yang menjadi masalah yaitu bagaimana pemanfaatan OPAC oleh siswa dalam penelusuran informasi di Perpustakaan Al-Ma‟ashir SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penelusuran yang ada di Perpustakaan Al-Ma‟ashir SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian yang digunakan penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan penyebaran kuisioner sebagai teknik pengumpulan datanya. Diketahui bahwa penelusuran informasi menggunakan OPAC terdiri dari lima tahapan, pertama pemustaka harus membuka katalog online atau OPAC, kemudian masukan kata kunci yang tepat, setelah itu dicatat nomor klasifikasinya dan data yang dirasa dibutuhkan oleh pemustaka, kemudian mencarinya di dalam rak yang dituju sesuai dengan nomor klasifikasinya. Koleksi yang sudah didapatkan bisa langsung digunakan, apabila belum menemukan maka pemustaka bisa menghubungi pustakawan. Selain itu, dibahas juga kendala-kendala yang dihadapi dalam penusuran informasi yaitu pengetahuan pemustaka, kesulitan dalam menelusur koleksi di rak, listrik padam dan adanya alih fungsi komputer OPAC.
Kata kunci: OPAC, penelusuran informasiNIM. 15130015 Sheli Tria Aryuni2019-01-09T02:48:59Z2019-01-09T02:48:59Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32297This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322972019-01-09T02:48:59ZIMPLEMENTASI SISTEM OTOMASI IBRA V.6
DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA
DI PERPUSTAKAAN ADIBA SDIT LHI
YOGYAKARTAKemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat pesat dan berkembang cepat. Hal ini juga berdapak pada dunia perpustakaan untuk mengembangkan teknologi informasi dengan tujuan untuk meningkatkan dan memudahkan segala kegiatan yang ada di perpustakaan. Salah satu penerapan teknologi informasi di dalam perpustakaan adalah otomasi perpustakaan. Dengan adanya sistem otomasi di perpustakaan petugas akan lebih mudah dan dapat menghemat waktu dalam melaksanakan kegiatan dan pekerjaannya. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem otomasi IBRA V.6 dalam pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan Adiba SDIT LHI Yogyakarta yang dapat digunakan sebagai gambaran bagi perpustakaan lainnya. Dalam Laporan Tugas Akhir ini berisi penjelasan mengenai sistem otomasi IBRA V.6, komponen dalam menerapkan sistem otomasi IBRA V.6 serta contoh pengolahan menggunakan sistem otomasi IBRA V.6. Selain itu ada beberapa kendala yang dihadapi dalam menerapkan sistem otomasi IBRA V.6 di Perpustakaan Adiba SDIT LHI yang disertai dengan solusinya.
Kata Kunci: Implementasi, Otomasi, IBRA V.6, Perpustakaan Adiba SDIT LHINIM. 15130014 Linda Nurcahya2019-01-09T02:48:47Z2019-01-09T02:48:47Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32296This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322962019-01-09T02:48:47ZKEMAS ULANG INFORMASI
SEBAGAI LAYANAN UNGGULAN
DI PERPUSTAKAAN IPC CORPORATE UNIVERSITY
BOGORKebutuhan informasi sudah menjadi sebuah tuntutan yang harus bisa didapatkan untuk menunjang kebutuhan pengguna perpustakaan. Pengguna perpustakaan membutuhkan informasi yang sesegera mungkin, yang tepat, akurat, mudah diterima dan bersifat terbaru bahkan juga harus menarik untuk dibaca. Knowledge & Management Library melakukan peningkatan layanan dengan membuat inovasi-inovasi untuk memenuhi kepuasan pengguna dengan melakukan kemas ulang dari berbagai infomasi dengan cara-cara yang menarik. Penulisan Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kemas ulang informasi, proses pengemasan informasi, dan pemasaran kemas ulang informasi di Perpustakaan IPC Corporate University Bogor. Jenis metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis kemas ulang informasi di Perpustakaan IPC Corporate University terdiri dari berbagai macam bentuk yaitu sebagai berikut: membuat abstrak, tips menarik dari buku, quotes menarik dari buku, CAS, SDI, dan infografis kepelabuhanan. Tahapan-tahapan dalam proses pengolahan kemas ulang informasi tersebut antara lain: Mengidentifikasi topik terbaru, mengumpulkan sumber informasi (riset kecil), melakukan repackaging, menyebarluaskan, dan melakukan evaluasi. Pemasaran Kemas Ulang Informasi di Perpustakaan IPC Corporate University melalui beberapa tahapan antara lain: perencanaan, pelaksanaan pemasaran, dan pengukuran hasil pemasaran selama periode tertentu.
Kata Kunci : Kemas Ulang Informasi, Pengemasan Informasi, RepackagingNIM. 15130013 Listianawati2019-01-09T02:48:38Z2019-01-09T02:48:38Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32312This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323122019-01-09T02:48:38ZDIGITALISASI KOLEKSI LANGKA SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIANIM. 15130031 Moch. Miftachul Muna2019-01-09T02:48:31Z2019-01-09T02:48:31Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32311This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323112019-01-09T02:48:31ZKETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN KOLEKSI CETAK BERBAHASA ASING DI PERPUSTAKAAN
MAN 2 YOGYAKARTAKenyataan tentang keberadaan enam jenis bahasa dengan empat diantaranya merupakan bahasa asing mengakibatkan adanya kebutuhan akan ketersediaan buku pegangan yang dapat dimanfaatkan sebagai penunjang referensi pembelajaran sangat penting keberadaannya di dalam menunjang kelancaran pembelajaran di MAN 2 Yogyakarta khususnya di perpustakaan. Ketersediaan sendiri adalah ketercukupan jumlah fisik yang dapat dilayankan guna memenuhi aspek kebutuhan para penggunanya dan dapat dimanfaatkan secara semaksimal mungkin. Namun, usaha dalam memenuhi ketersediaan yang akan dimanfaatkan secara semaksimal mungkin ini tidak mungkin terlepas dari kendala yang muncul yang disebabkan oleh sifatnya yang asing itu sendiri.
Kata Kunci: Ketersediaan, Pemanfaatan, Koleksi Cetak, Berbahasa Asing, Perpustakaan MAN 2 YogyakartaNIM. 15130030 Gayatri Novalinda2019-01-09T02:47:28Z2019-01-09T02:47:28Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32313This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323132019-01-09T02:47:28ZPENGOLAHAN KOLEKSI AUDIO VISUAL
DI PERPUSTAKAAN ADIBA SDIT LHI YOGYAKARTAPerpustakaan merupakan satu dari sekian banyak sumber informasi yang ada pada setiap institusi terutama sekolah. Sumber informasi di perpustakaan pun terbagi menjadi dua macam jenis koleksi yakni koleksi buku dan koleksi non buku. Koleksi buku tentunya sudah sangat familiar ketika seseorang mendengarkan, namun berbeda dengan koleksi non buku yang tidak semua orang mengetahui.
Koleksi non buku merupakan koleksi yang tidak tercetak layaknya buku, majalah, kamus, dsb. Koleksi non buku sebagian besar terdiri dari koleksi yang berbentuk audio visual. Menurut penelitian, koleksi audio visual merupakan salah satu koleksi yang dapat membantu melengkapi koleksi tercetak yang sudah ada. Dengan koleksi audio visual belajar tidak hanya dengan membaca saja, namun bisa melalui melihat dan mendengar.
Jenis koleksi audio visual yang sering dijumpai di perpustakaan sampai saat ini adalah CD, DVD dan kaset. Isinya sendiri pun bermacam-macam sesuai dengan kebijakan perpustakaannya. Akan tetapi koleksi audio visual tidak pasti dapat ditemukan disetiap perpustakaan, karena tidak perpustakaan memiliki koleksi tersebut terutama perpustakaan sekolah. Sehingga dalam pengolahannya pun setiap perpustakaan memiliki cara tersendiri untuk memudahkan temu kembali informasinya, baik melalui OPAC maupun kartu katalog.
Kata kunci : perpustakaan, non buku, audio visualNIM. 15130033 Febriana Palupi Widiastiti2019-01-08T02:11:38Z2019-01-08T02:11:38Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32272This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322722019-01-08T02:11:38ZIMPLEMENTASI SISTIM OTOMASI BERBASIS SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLIMS) VERSI 7 (CENDANA) DALAM PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SDN REJOWINANGUN 3 YOGYAKARTAPenelitian ini dilakukan di Perpustakaan SDN Rejowinangun 3 Yogyakarta dengan tujuan mengetahui teknologi pelayanan sirkulasi di perpustakaan SDN Rejowinangun 3 Yogyakarta serta mengetahui manfaat dari teknologi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Kegiatan sirkulasi yang menggunakan teknologi otomasi perpustakaan yaitu, mencatat data pengunjung, pembuatan kartu anggota, pengolahan bahan pustaka, layanan peminjaman dan pengembalian, pembuatan laporan.
Kata kunci : Otomasi, SirkulasiNIM. 13130034 Rhea Deanova Angger Gestian