Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:49:02ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-01-02T03:44:13Z2019-01-02T03:44:13Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32170This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/321702019-01-02T03:44:13ZIMPLEMENTASI PENANAMAN ADAB (TA’DIB) PADA ANAK USIA DINI
DI KUTTAB DARUSSALAM YOGYAKARTAPenelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena-fenomena yang terjadi di
masyarakat saat ini akibat dari gagalnya penanaman adab sejak usia dini. Gagalnya penanaman adab
akan berakibat seseorang tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang tidak memiliki adab. Hilangnya
adab merupakan pangkal permasalahan umat ini. Oleh sebab itu, menanamkan adab sejak dini harus
dilakukan melalui pendidikan keluarga dan pendidikan sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di
Kuttab Darussalam Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang : pertama,
konsep penanaman adab di Kuttab Darussalam Yogyakarta, kedua, implementasi penanaman adab di Kuttab
Darussalam Yogyakarta, Ketiga, dampak implementasi penanaman adab di Kuttab Darussalam Yogyakarta.
Teknik pengumpulan data kualitatif dari penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, konsep pendidikan dan penanaman adab di Kuttab
Darussalam Yogyakarta adalah Iman sebelum al- Qur’an, Adab sebelum Ilmu, Ilmu sebelum Amal. Kedua,
Implementasi penanaman adab di Kuttab Darussalam Yogyakarta menggunakan metode a) keteladanan, b)
pembiasaan, c) reward dan punishment, d) berkisah atau siroh, e) mendidik dengan targhib dan
tarhib. Ketiga, dampak implementasi penanaman adab dibagi menjadi tiga, yaitu : a) adab yang
tadinya belum ada kemudian ada, yaitu adab makan, takzim kepada guru dan adab ketika mendengar
adzan (bersegera ke mesjid), b) adab yang dikuatkan di Kuttab Darussalam, yaitu adab terhadap
al-Qur’an, adab makan dan minum, adab masuk kamar mandi dan adab mau tidur, c) belum ada
peningkatan signifikan, bahkan ada beberapa adab yang tadinya sudah ada menjadi berkurang, seperti
adab sholat, antusiame anak berbuat kebaikan.NIP. 1520430006 ADE RIZKI ANGGRAINI2019-01-02T02:33:57Z2019-01-02T02:33:57Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32162This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/321622019-01-02T02:33:57ZMANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK YWKA KELURAHAN
DEMANGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTASunan Kalijaga, 2017.
Tesis ini dilakukan guna untuk mengetahui deskripsi menajemen kepala sekolah di TK YWKA, mengetahui
aspek-aspek yang terlaksana dan diprioritaskan oleh kepala sekolah serta mengetahui pentingnya
manajemen kepala sekolah terhadap keberhasilan pendidikan di TK YWKA kelurahan Demangan kecamatan
Gondokusuman Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan pada tesis ini dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif.
Bersumber dari dokumen, baik itu berupa dokumen atau arsip- arsip yang berkaitan dengan
permasalahan yang teliti dan narasumbernya dari Kepala sekolah, guru, staf dan orang tua siswa.
Teknik yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait lembaga TK YWKA dengan
dilakukan analisis data dan pengujian kredibilitas data dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan,
triangulasi, pemeriksaan orang tua maupun pengasuh/guru dan analisis kasus negatif.
Hasil pemerolehan menunjukkan bahwa fungsi manajemen yang diterapkan di lembaga TK YWKA dilakukan
melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian dengan tahapan awal
melakukan rapat besar yang selanjutnya dikoordinasikan kembali kepada yayasan dan komite dan
dievaluasi secara bertahap sesuai dengan kondisi yang terjadi di lembaga. Aspek manajemen yang
terlaksana di lembaga TK YWKA seperti manajemen keuangan, humas dan pemasaran terlihat belum
terealisasi secara keseluruhan karena masih dipegang oleh yayasan dan komite. Sedangkan aspek
pentingnya manajemen di TK YWKA ditemukan beberapa faktor seperti adanya faktor pendukung seperti
komite, kerja tim, sarana dan prasarana dan latar belakang pendidikan personil pendidik dan
kependidikan, adapun faktor penghambatnya dari pengaruh kepemimpinan sebelumnya,sumber sdm,
kegiatan luar sekolah dan yayasan.NIM. 1420430005 MIFTAHURRUSYDI