Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:38:07ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2022-11-01T02:28:25Z2022-11-01T02:33:58Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54671This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/546712022-11-01T02:28:25ZMETODE PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA NGAGLIK SLEMANMetode yang diterapkan dalam pembinaan peritaku keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ruda adalah
a. Metode pembiasaan
Metode ini diterapkan dengan cara membiasakan anak-anak untuk Sbalat Dhuha, Sbalat Dhuhur berjamaah, mengucapkan salam dan bersikap sopan santun dan tolong menolong.
b. Metode suri teladan
Dalam hal ini guru secara langsung memberikan contoh kepada siswa seperti mengucapkan salam ketika masuk atau keluar ruangan berpakaian sopan dan rapi serta bertutur kata dengan lembut.
c. Metode kisah atau cerita
Metode ini dikhususkan untuk anak-anak kelas I, II, Ill. Pada usia ini anak-anak menyukai cerita-cerita kepahlawanan keberanian dan kehebatan tokoh cerita tersebut. Dan cerita ini tentu mengandung unsur mendidik agar anak-anak meneladani atau meniru perbuatan yang baik dan meninggalkan perbuatan yang buruk.
d. Metode demonstrasi atau praktek
Metode ini diterapkan pada kegiatan keagamaan seperti Shalat Dhuha, Shalat Ohuhur dan yang lainnya. Intinya guru memberikan contoh cara melaksanakan ibadah atau cara bersikap kepada sesama manusia.
e. Metode nasehat
Metode ini tidak hanya bagi siswa yang bermasalah tetapi untuk seluruh siswa. Sebab dengan nasehat seolah-olah para siswa diingatkan untuk tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan agama.NIM. 99222977 Istikanah2022-10-31T03:12:41Z2022-10-31T03:12:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54626This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/546262022-10-31T03:12:41ZPEKERJAAN SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAMKonsep Sosial work pada yang prinsipnya membantu bagaimana meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengoptimalkan sumberdaya-sumberdayanya, terlebih setelah perubahan paradigma dari pendekatan klinik yang berbasis physiko analisis ke pendekatan lingkungan. Social work mengajarkan masyarakat untuk mandiri, menolong orang untuk menolong dirinya sendiri. Social work mengupayakan suatu atmosfir sosial masyarakat untuk dapat memfungsikan sumberdaya-sumberdaya sosialnya.
Peran ini menjadi sangat urgen keberadaanya dalam konteks mencapai cita-cita pengembangan sebagai upaya pembangunan sumberdaya manusia dan ekonomi menuju kesejahtraan dan kemakmuran, melalui konsep-konsep dan program-program kebijakan pembangunan masyarakat yang berbasis pada sumberdaya manusia, pemberdayaan, partisipasi, dan demokratisasi. Sosial work dapat memberikan peranya yang terkerangka dalam metodologi, nilai, dan filsafat masyarakat menuju kesejahtraan. Case work, group work, dan community Organization sebagai sebuah metode dalam social work sangat dekat dan bahkan dapat saling melengkapi dengan metode pengembangan masyarakat Islam yang berbasis pada sumberdaya lokai partisipasi dan otonomi, kemandirian, keberdayaan, serta demokratisasi. Pengembangan masyarakat Islam sebagai sistem yang terbuka berorientasi nila-nilai moral kemanusiaan dan universalitas, sudah saam.ya memperkaya basis teoritik dan keilmuanya dengan social work.NIM. 99232876 Ahmad Darwis2022-10-14T06:33:39Z2022-10-14T06:33:39Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54183This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/541832022-10-14T06:33:39ZPEREMPUANKARIRDAN PENGARUHNYA
TERHADAP PERAN PEREMPUAN DALAM RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DELAP AN KASUBBAG PEREMPUAN DI REKTORAT UJN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2005)Mengenai alasan perempuan berkarir, dari hasil wawancara ditemukan bahwa kebanyakan dari para responden menguraikan argumennya: berkarirnya mereka selain karena memiliki niat membantu suami dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, juga karena kebutuhan aktualisasi diri sebagai perempuan Indonesia dalam menambah ilmu dan wawasan di luar rumah.
Dengan adanya alasan tersebut di atas dapat diketahui bahwa ada motif yang mendasari dari berkarimya para ibu Kasubbag yaitu motif sebagai altematif bukan motif ekonomi ..Mengenai pengaruh dari berkarimya para responden selama ini yang dialami menurut pengakuan mereka pengaruh positif yang dirasakan adalah adanya tambahan penghasilan, aktualisasi diri tercapai, bersama sang suami dapat menyekolahkan anak-anak ke jenjang yang lebih tinggi, memiliki tabungan masa depan, memiliki kemampuan memenej pekerjaan pada dua sisi yaitu di rumah dan di luar rumah.
4. Untuk pengaruh negatif dari berkarimya para responden kebanyakan mengaku tidak mengalami artinya sekalipun ada yang mengatakan bahwa pengaruh negatifnya kadang-kadang cukup merasakan lelah dari bekerja setengah hari di luar rumah namun hal tersebut dapat tertutupi dengan adanya peningkatan dalam pengetahuan dan wawasan, peningkatan penghasilan ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi mereka. 5. Mengenai penyimpangan moral dikalangan remaja dan perselingkuhan yang dilakukan oleh suami, yang diduga dapat menjadi pengaruh negatif dari berkarimya para perempuan yang juga ibu dalam rumah tangga, temyata secara langsung tidak dialami oleh para responden. Bagi mereka selama dapat mengatur waktu untuk berbagi cerita dan saling perhatian serta pengertian sesama anggota keluarga, kedua masalah besar diatas tidak akan terjadi pada keluarga yang didalamnya terdapat dua orang yang mencari nafkah.
6. Para responden masih mengakui bahwa penghasilan yang mereka dapatkan adalah merupakan penghasilan tambahan. Sebab bagi mereka, penghasilan pokok adalah hasil yang diperoleh suami dalam bekerja. Suami merupakan tokoh utama yang menafkahi keluarga.NIM. 01230788 Hetty Anggraini2022-10-14T04:05:47Z2022-10-14T04:05:47Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54180This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/541802022-10-14T04:05:47ZPENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BRI SYARI'AH CABANG YOGYAKARTABahwasanya dalam proses pengembangan sumber daya manusia BRI syariah cabang Yogyakarta dapat dilakukan melalui dua cara yaitu pendidikan dan pelatihan, tujuan dari pendidikan berguna sebagai menambah ilmu pengetahuan tentang perbankan umum maupun khusus menurut perbidang yang mereka jabat dalam pekerjaannya. Sedangkan pelatihan sendiri berguna sebagai menambah keterampilan karyawan dalam mengerjakan jabatannya. Pelatihan juga dapat dilakukan karena untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam pekerjaannya, sehingga dapat mempromosikan dirinya agar mendapatkan jabatan yang lebih baik Iagi.
Metode pelatihan yang digunakan oleh BRI Syariah cabang Y ogyakarta adalah dengan menggunakan rnetode ON 77ie Job 7,·aining. Antara lain meliputi: magang, studi kasus, dan rotasi pekerjaan. Dan yang mengikuti pelatihan tersebut adalah sernua karyawan, baik yang baru bekerja pada bank tersebut, maupun yang akan mendapatkan kenaikan jabatanNIM. 01230766 Ida Royani2022-10-14T04:05:05Z2022-10-14T04:05:05Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54159This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/541592022-10-14T04:05:05ZPEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF WSampai saat sekarang ini masih ada masyarakat yang memberikan persepsi negatif kepada wanita, seperti penilaian bahwa warrita tidak produktif dan tidak mempunyai skill. Sikap tersebut justru menempatkan mereka pada posisi yang diskriminatif dan tidak memberikan keadilan. Sehingga aksesibilitas wanita juga sulit untuk didapatkan demi kelancaran mereka dalam melakukan berbagai aktivitas.
Dari beberapa persoalan wanita seperti ini, maka dibutuhkan kesadaran bersama baik dari keluarga, masyarakat maupun pemerintah. Untuk itu perlu adanya pemberdayaan bagi mereka yang sebenarnya telah lama didambakannya. Pemberdayaan di sini dapat diartikan sebagai suatu upaya untuk memberikan kemampuan kepada wanita agar dapat berusaha, bertindak dan berbuat demi mempertahankan hak-haknya yang diperoleh secara adil sesuai dengan fitrah manusia, sehingga dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan kebutuhan hidup yang tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian wanita.
Basil penelitian mengenai pelaksanaan pemberdayaan ekonomi produktif wanita dan respon masyarakat yang mengikuti program terhadap keikutsertaan wanita dalam Program Pengenibangan Kecamatan di Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali, dapat dikemukakan sebagai berikut: Pelaksanaan pemberdayaan ekonomi produktif wanita, Respon masyarakat yang mengikuti program terhadap keikutsertaan wanita dalam Program Pengembangan kecamatan Karanggede Kabupaten BoyolaliNIM. 01230697 Asih Puji Hastuti2022-10-14T04:04:12Z2022-10-14T04:04:12Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54181This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/541812022-10-14T04:04:12ZPENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BRI SYARI'AH CABANG YOGYAKARTABahwasanya dalam proses pengembangan sumber daya manusia BRI syariah cabang Yogyakarta dapat dilakukan melalui dua cara yaitu pendidikan dan pelatihan, tujuan dari pendidikan berguna sebagai menambah ilmu pengetahuan tentang perbankan umum maupun khusus menurut perbidang yang mereka jabat dalam pekerjaannya. Sedangkan pelatihan sendiri berguna sebagai menambah keterampilan karyawan dalam mengerjakan jabatannya. Pelatihan juga dapat dilakukan karena untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam pekerjaannya, sehingga dapat mempromosikan dirinya agar mendapatkan jabatan yang lebih baik Iagi.
Metode pelatihan yang digunakan oleh BRI Syariah cabang Y ogyakarta adalah dengan menggunakan rnetode ON 77ie Job 7,·aining. Antara lain meliputi: magang, studi kasus, dan rotasi pekerjaan. Dan yang mengikuti pelatihan tersebut adalah sernua karyawan, baik yang baru bekerja pada bank tersebut, maupun yang akan mendapatkan kenaikan jabatanNIM. 01230766 Ida Rovani2022-09-28T07:52:08Z2022-09-28T07:52:08Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53590This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/535902022-09-28T07:52:08ZMASllD SEBAGAI PUSAT PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAMBahwa masjid yang dapat dikatakan ideal atau dapat diberdayakan untuk pengembangan masyarakat Islam seperti dimasa Nabi untuk masyarakat sekarang dan mendatang adalah masjid yang dapat menampung segala kepentingan dan kebutuhan masyarakat Islam dan lebih mengedepankan fungsi sosial untuk masyarakat Islam, dengan memiliki lembaga atau instansi yang menjadi sarana interaksi sosial masyarakat Islam dan memiliki Badan Usaha Milik Masjid (BUMM) yang menjadi sumber dana bagi kerriajuan masjid dan masyarakat Islam.
Untuk mendukuhg pemberdayaan masjid serta masjid yartg dapat diberdayakan oleh masyarakat ada dua faktor yang perlu diterapkan Pertama: Ibadah, faktor ini sangat penting karena menimbulkan interaksi sosial dalam masjid yang merupakan langkah awal untuk pengembangan masyarakat Islam bagi individu seorartg muslim. Kedua: Sosial, faktor ini merupakan lanjutan dari interaksi sosial di dalam masjid yaitu ibadah yang diimplementasikan setiap individu muslim di luar masjid yang berdampak pada pembentukan masyarakat Islam sebagai pengembangan masyarakat Islam, dan beriteraksiNIM. 00230321 Umar Said2021-11-26T08:19:35Z2021-11-26T08:19:35Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47224This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/472242021-11-26T08:19:35ZPESAN PESAN DAKWAH HARUN YAHYA DALAM FILM HIKMAH DI BALIK UJIANPesan-pesan dakwah yang disampaikan oleh Harun Yahya lebih kepada pesan tentang keTuhanan atau ketauhidan, dan dalam film hikmah di Balik Ujian ini, pesan tentang ketauhidan bukan Cuma ada, akan tetapi pesan ini lebih banyak dan Iebih menonjol dibandingkan dengan pesan-pesan yang lainnya.
Dengan demikian, jelas sudah bahwa Hamn -Yahya menciptakan berbagai buku dan film sebagai sarana atau media untuk rnenyampaikan pesan-pesan dakwah tentang bukti kekuasaan Allah, tentang keesaan, kebesaran dan keagungan-Nya. Dan dalam film Hikmah di Balik Ujian ini pesan-pesan tersebut disampaikan dengan menggunakan metode dakwah bihikmah dan mau 'idzahNIM. 01210506 Abdul Rofiq2021-11-25T08:23:31Z2021-11-25T08:23:31Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47145This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/471452021-11-25T08:23:31ZPENGUATAN CIVIL SOCIETY MELALUI RENCANA STRATEGIS (STUDI TERHADAP CENTER FOR PESANTREN AND DEMOCRACY STUDIES CEPDESDI KABUPATEN JOMBANG)Dalam kenyataan di lapangan proses rencana strategis yang dikembangkan CePDeS adalah proses delapan langkah yang meliputi; memrakarsai dan menyepakati suatu proses perencanaan strategis, memperjelas mandat organisasi, memperjelas misi dan nilai-nilai organisasi, menilai lingkungan eksternal, menilai lingkungan internal, mengidentifikasi isu strategis yang dihadapi organisasi, merumuskan strategi untuk mengelola isu-isu, dan menciptakan visi organisasi yang efektif untuk masa depan.
Dalam proses tersebut terdapat hubungan antar proses yang membentuk suatu keutuhan rencana strategis guna mencapai identifikasi organisasi, manajemen angka panjang yang terarah dan mengenai sasaran serta menghasilkan visi, misi, nilai dan strategi untuk dijadikan acuan kegiatan CePDeS dalam penguatan civil society, yang dapat menjawab kebutuhan konkrit berupa program-program CePDeS yang direalisasikan di pesantren sebagai miniatur civil society, karena pesantren memiliki resiko tinggi dalam masalah-masalah politik dan sosial dalam konteks kenegaraan yang sedang dalam proses pendemokrasian menuju civil society yang kuat.
Untuk mewujudkan proses delapan langkah tersebut, cara yang diterapkan CePDeS dalam rencana strategis adalah dengan presentasi, dialog, identifikasi pesantren dan masyarakat sasaran, dan fokus program yang dikonsentrasikan pada penguatan (pemberdayaan) di pesantren yang berkaitan dengan tema demokrasi, hak asasi manusia, civil society, dan ke-pesantren-an.
mensosialisasikan nilai-nilai demokrasi dan civil society di pesantren. Karena di pesantren terdapat tiga fungsi utama, yakni sebagai agen ilmu, agen moral, dan agen pemberdayaan masyarakat. Dari sini CePDeS mempromosikan diri sebagaimana dalam rencana strategis dengan memfokuskan bentuk-bentuk penguatan civil society yang diranchl!g guna memberikan wacana-wacana baru dan berkembangnya kesadaran baru seputar permasalahan sosial-politik dan kepesantrenan menuju civil society yang kuat di kalangan pesantren.
Bentuk-bentuk penguatan civil society tersebut meliputi kegiatan rutin, seperti seminar tahunan yang diadakan tiap tanggal I Muharram (tahun baru hijriyah) yang bertujuan untuk memasukkan ide-ide atau pemikiran uaru yang meliputi; demokrasi, pluralisme, humanisme, dan radiirnlisme. Kegiatan rutin lainnya adalah khalaqoh (pertemuan) bulanan yang diadakan secara bergiliran di empat pesantren yang menjadi sasaran utama CePDeS. Kegiatan ini mengambil kajian yang berkaitan dengan kepesantrenan dan fiqh yang bertujuan untuk menumbuhkan dialog terbuka guna memperjuangkan budaya yang demokrntis dan berkeadilan hukum di kalangan pesantren. Selain bentuk kegiatan rutin juga ada bentuk insidental, yakni pelatihan. Diantaranya adalah pelatihan veter education I dan pelatihan voter education II, dalam pelatihan ini diberikan simulasi-simulasi yang berkaitan dengan tema-tema yang dibahas. Bentuk lainnyaNIM. 00230384 M. Zamroni Urfan2021-11-18T07:17:03Z2021-11-18T07:17:03Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46865This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/468652021-11-18T07:17:03ZPENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA DA'I OLEH KORPS DAKWAH MAHASISWA (KODAMA) DI KRAPYAK YOGYAKARTA PERIODE 2000-2004 (TINJAUAN SUMBER DAYA MANUSIA)Kehadiran KODAMA dalam membina sekaligus mengkader da'i membawa dampak yang sangat besar terhadap dakwah Islam dalam mengobarkan semangat jihad menegakkan agama Allah. Dalam hal ini KODAMA berusaba mengbadirkan kader da'i yang dapat memberikan siraman rohani melaksanakan amar ma 'rtif nahi munkar unruk kebahagiaan di dunia dan akhirat. 2. Upaya pengembangan sumber daya da'i oleh KODAMA melalui peningkatan wawasan dan keterampilan dakwab dibarapkan mampu meningkatkan profesionalisme da'i y:mg akan terjun ke medan dakwah.
Benruk pengembangan sumber daya da'i yang dilakukan KODAMA diharapkan mampu meningkatkan kompetensi da'i dalam menyampaikan dakwah di masyarakat terutama transponnasi pengetahuan untuk kepentingan umat.NIM. 00230311 Itaurrohmah2021-11-18T07:12:57Z2021-11-18T07:12:57Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46864This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/468642021-11-18T07:12:57ZPEMBERDAYAAN PEREMPUAN OLEH RIFKA ANNISA WCC YOGAKARTA (UPAYA PENGUATAN KEMANDIRIAN KLIEN PASCA KONSULTASI)Pemberdayaan yang dilakukan oleh Rifka memiliki dua konsep penting yakni memberdayakan secara internal dan ekstemal korban. Pemberdayaan secara internal adalah melakukan penguatan terhadap klien sampai mereka mampu membuat keputusan atas permasalahan yang dihadapi. Sedangkan pemberdayaan secara eksternal adalah melakukan penguatan terhadap klien sampai mereka mampu melakukan sesuatu untuk lingkungan sosialnya, baik masalah ekonomi maupun yang berkenaan dengan masalah seputar kekerasan terhadap perempuan.
Pada dasamya pendampingan yang dilakukan Rifka mengarah kepada pengorganisasian klien, karena diharapkan pasca pendampingan kelak klien mampu melakukan sesuatu untuk lingkungannya berkaitan dengan terjadinya persoalan kekerasan terhadap perempuan dan gender. 2. Adapun langkah-langkah pemberdayaan perempuan korban kekerasan yang dilakukan oleh Rifka Annisa wee Yogyakarta adalah: a. Penguatan Psikologi, yaitu untuk membuat klien berdaya bagi dirinya sendiri. Misalnya, mengembalikan rasa percaya diri klien karena mengingat korban kekerasan biasanya akan mengalami trauma dan cenderung menyalahkan diri sendiri atas peristiwa yang terjadi, atau dengan memberikan support-support supaya klien tidak putus asa. Hal ini akan terus dilakukan sampai klien dapat menentukan pilihanpilihan bagi dirinya.
b. Penguatan Ekonomi, yakni pendampingan yang dilakukan jika klien benar-benar ingin mandiri secara ekonomi, artinya pihak Rifka tidak akan mengharuskan setiap klien mendapatkan pendampingan ini. Biasanya pendampingan ini dilakukan terhadap klien yang mengalami perceraian dalam kasus kekerasan terhadap istri atau dalam kasus singe! parent.
c. Penguatan Sosial, yakni penguatan yang dilakukan setelah klien benar-benar berdaya untuk dirinya sendiri baik secara mental ataupun ekonomi, karena diharapkan pasca pendampingan penyelesaian permasalahan klien mampu bersosialisasi dengan masyarakat dalam menyebarkan isu seputar kekerasan terhadap perempuan dan gender serta bagaimana klien mampu menyikapi jika terjadi kekerasan disekitarnya. Hal ini dapat dilakukan melalui memfasilitasi klien selama proses tersebut, misalnya dengan diskusi-diskusi maupun training-training dan yang tetpenting adalah menstimulasi dan memotivasi klien untuk lebih berfikir kreatip agar dia dapat melakukan sesuatu untuk lingkungannya terns diberikan .NIM. 00230303 Brewi Asti2021-11-18T07:12:40Z2021-11-18T07:12:40Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46858This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/468582021-11-18T07:12:40ZINDUSTRI BATIK KAYU DI DUSUN KREBET DESA SENDANGSARI KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL ( STUDI TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT)Industri batik kayu di Dusun Krebet dalam menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat Dusun Krebet dan sekitamya untuk bekerja sebagai tenaga pembentukan barang kerajinan, tenaga pembatik, tenaga pengamplas dan pengemasan. Industri batik kayu banyak membutuhkan pekerja dan pekerja yang ada di industri ini sebanyak 279 orang terdiri dari tenaga kerja yang berasal dari keluarga dan non keluarga. Untuk tenaga kerja keluarga sebanyak 12,90% mereka masuk kerja karena diajak oleh pemilik dan tenaga kerja non keluarga sebanyak 87,95% mereka masuk kerja karena ajakan teman atau mendaftar sendiri. Industri batik kayu selain menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat Dusun Krebet juga memberikan pelatihan membatik bagi para pekerja yang baru masuk. Alasan diberikannya pelatihan membatik ini yaitu untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan oleh industri batik kayu sehingga dapat bersaing dengan produk lain. Selain itu para pekerja juga diberikan pengetahuan tentang motif batik yang dipergunakan oleh industri batik kayu, pelatihan ini dimaksudkan supaya pekerja mampu mandiri dan ketekunan dalam bekerja.NIP. 00230279 Watik2021-11-18T07:12:20Z2021-11-18T07:12:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46967This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/469672021-11-18T07:12:20ZPROBLEMATIKA UMAT PASCA PENGGUSURAN LOKALISASI KRAMAT TUNGKAK JAKARTA UTARA (ANALISIS TERHADAP DAMPAK SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT)Keberadaan lokalisasi Kramat Tunggak pada satu sisi menguntungkan
secara ekonomis hagi pihak-pihak yang memanfaatkannya sebagai sumber mata pencaharian, tetapi pada sisi lain juga menimbulkan berbagai permasalahan sosial di masyarakat. Akan tetapi keuntungan ekonomis tersebut temyata tidak dirasakaan oleh mayoritas warga di sekitar lokalisasi. Hal ini disebabkan karena yang mencari nafkah di tempat tersebut pada umumnya orang dari luar daerah. Sementara warga sekitar tidak turut menanggung efek negatif dan ekses dari segala jenis permasalah yang ditimbulkan oleh adanya lokalisasi Kramat Tunggak.Karena itu penutupan lokalisasi Kramat Tunggak tidak menimbulkan dampak negatif yang signifikan terhadap kondisi ekonomi masyarakat sekitar. Sebaliknya dari aspek sosial justru membawa dampak positif berupa berkurangnya potensi bahaya penyakit sosial, perusakan moral generasi muda, kejahatan dan penyakit menular seksual yang ditimbulkan oleh keberadaan lokalisasi tersebut. Akan tetapi penutupan Lokalisasi Kramat Tunggak juga masih menyisakan beberapa permasalahan seperti kembali munculnya praktek prostitusi illegal yang dilakukan oleh PSK yang tidak mau beralih profesi, tentu saja konsekuensi yang menyertainya. Tidak tercapainya sasaran dalam penutupan lokalisasi Kramat Tunggak secara penuh disebabkan oleh konsep pendekatan dan pembinaan yangkurang tepat. Konsep "penggusuran" yang cenderung represif kontra produktif dengan tujuan semula untuk memberantas lokalisasi di Jakarta. Sebab kenyataannya banyak di antara PSK pasca penggusuran berpindah lokasi dan tetap pada pekerjaannya sebagai penjaja seks. Sementara sistem pembinaan yang tidak konsisten dan hanya bersifat sporadis juga tidak mampu mengubah kehidupan PSK. Dari kacamata kajian Pengembangan Masyarakat Islmn, diperlukan manajemen yang tepat dalam pembinaan tcrscbut, yaitu dcngan mcmulai dari pcmbangunan sumbcr daya manusia ( dalam hal ini para PSK) dan menanamkan kesadaran bahwa mereka mampu untuk berbuat yang lebih baik daripada menjadi PSK. Penyadaran ini harus diikuti pembekalan ketrampilan yang paling sesuai dengan interest masing-masing PSK sehingga benar-benar bermanfaat bagi mereka setelah keluar dari lokalisasi.NIM.00230363 Siswanti Utami Dewi2021-11-18T07:11:50Z2021-11-18T07:11:50Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46951This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/469512021-11-18T07:11:50ZUPAYA BADAN NARKOTIKA PROPINSI (BNP) YOGYAKARTA DALAM PENANGGULANGAN NARKOBA DARI TAHUN 2001-20031. Program penanggulangan narkoba yang dilaksanakan Badan Narkotika Propinsi (BNP) Y ogyakarta mempunyai program Duk Cegah (Dukungan Pencegahan) yaitu dalam wadah P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba). Melalui program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) diharapkan kondisi yang kurang terkoordinasi dapat dihindari dan mampu untuk meminimalisasi jumlah pemakai dan pelaku penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.
2. Mengingat permasalahan narkotika ini menjadi semakin memprihatinkan dan perlu diwaspadai sejak dini maka perlu dilakukan langkah-langkah penanggulangan secara terpadu dan efektif baik pada tingkat nasional maupun internasional. Dalam tingkat nasional langkah-langkah yang diambil yaitu: Legislation (Hukum dan Perundang-undangan), Law Enforcement (Penegakan Hukum), International Cooperation (Kerjasama Internasional), dan dissemination (Penyebarluasan). Upaya yang telah dilakukan Badan Narkotika Propinsi (BNP) dalam penanggulangan masalah narkoba melalui empat pola tindakan yaitu, tindakan Pre-emtif, Preventif, Represif, Treatmen dan Rehabilitasi yaitu sebagai berikut: Tindakan Pre-emtif yang dilakukan berupa kegiatan edukatif dengan tujuan untuk menghilangkan faktor peluang dan pendorong yang biasa disebut dengan Faktor Korelatif Kriminogen (FKK). Tindakan Preventif dilakukan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba melalui pengendalian dan pengawasan jalur resmi serta pengawasan langsung terhadap jalur-jalur peredaran gelap narkoba. Tindakan Represif dilakukan guna mengungkap sindikat peredaran gelap .narkoba dengan melakukan upaya penindakan dan penegakan hukum terhadap ancaman faktual yang telah terjadi dengan sangsi yang tegas dan konsisten sehinggNIM. 00230352 Mokhammad Haris2021-11-18T07:11:04Z2021-11-18T07:11:04Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46947This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/469472021-11-18T07:11:04ZPENGEMBANGAN SUMBER DAYA PELAJAR DALAM IKATAN REMAJA MUHAMMADIYAHBentuk program atau. jenis kegiatan dalam Ikatan Remaja Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 2 pada setiap tahun berubah-ubah, ketika program itu sudah baku maka diganti dengan yang baru dan sesuai dengan kreatifitas siswaa. Dan secara makro jenis kegiatan yang dipilih atau ditentukan oleh masing-masing bidang terlaksana, namun jika program tersebut tidak terlaksana maka itu disebabkan oleh situasi, kondisi dan waktu selringga program itu dapat dilaksanakan dilain hari atau diganti denganjenis kegiatan yang lain.2. Dalam penggunaan matode pengembangan. IRM SMA Muhammadiyah 2 menggunakan metode yang sesuai dengan kegiatan, sehingga kegiatannya terns berkembang; dan metodepun dibicarakan dengan siswa. Sehinga pembina lebih memberikan kekeluasan kepada siswa untuk berkreaatif, dari adanya · tanggung jawab itu siswa berusa untuk meningkatkan usahanya.
3. Dan metode yang dipakai disesuakan dengan kebutuhan s1swa dan kesesuaian dengan program kerja seperti: metode ceramah, metode diskusi, metode demontrasi, metode percakapan antar pribadi, dan pembina menggunakan pendekatan andragogi 4. Keberhasilan JRM dalam pengembangan swnber daya pelajar dari dalam diri siswa dapat dilihat dari bentuk: syiar, berakhlak mulia, terbentuknya kreatifitas, clan disiplin diri.
5. Dan keberhasilan IRM dalam pengembangan sumber daya pelajar dilihat dari luar siswa dapat dilihat dari: Terlaksananya program, kesesuaian rencana program dengan pelaksanaan program dan terlibatnya siswa dalam kegiatan program 4. Keberhasilan JRM dalam pengembangan swnber daya pelajar dari dalam diri siswa dapat dilihat dari bentuk: syiar, berakhlak mulia, terbentuknya kreatifitas, clan disiplin diri.
5. Dan keberhasilan IRM dalam pengembangan sumber daya pelajar dilihat dari luar siswa dapat dilihat dari: Terlaksananya program, kesesuaian rencana program dengan pelaksanaan program dan terlibatnya siswa dalam kegiatan program Dengan demikian dapatlah ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan program pengembangan swnber daya pelajar yang dilakukan oleh SMA Muhairunadiyah 2 Y ogyakarta telah berhasil, walaupW1 itu masih ada beberapa bagian yang sekiranya hams ditingkatkan dan diperbaiki.NIM. 00230344 Siti Hadijah2021-11-18T07:10:40Z2021-11-18T07:10:40Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46933This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/469332021-11-18T07:10:40ZPENDAMPING ANAK JALANAN OLEH YAYASAN LSK BINA BAKAT DI SURAKARTAPendampingan anak jalanan yang dilaksanakan di LSK Bina Bakat di Surakarta adalah:
a. Keagamaan, bimbingan dan penyuluhan
b. Bea Siswa
c. Pelatihan ketrampilan
d. Bantuan modal
e. Pendidikanjalanan melalui pendampingan atau tutorial
2. Dalam pelaksanaan pendampingan anak jalanan oleh LSK Bina Bakat Surakarta memberikan penekanan pada semua kegiatannya, misalnya pendampingan sebagai metode pendidikan jalanan sehingga mampu menanamkan kebiasaan menabung kepada sebagian besar anak-anak binaannya adalah Pasker (Paguyuban Asongan Semangat kerja) sehingga partisipasi anak-anak binaannya dalam kegiatan pendampingan sangat antusias sekali. Partisipasi anak dalam proNIM. 00230318 Anisa Mardiana2021-11-16T08:27:00Z2021-11-16T08:27:00Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46764This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/467642021-11-16T08:27:00ZPELAKSANAAN PEMBERDAYAAN WANITA TUNA SUSILA DI BALAI PEMULIHAN SOSIAL WANITA TUNA SUSILA (BPSWTS) CIREBON JAWA BARATPelaksanaan pemberdayaan di BPSWTS Cirebon merupakan bagian kegiatan rehabilitasi wanita tuna susila yang berada di propinsi Jawa Barat yang memiliki tahapan-tahapan yaitu : penerimaan. Penyeleksian, pelaksnnnnn bimbingau (fisik, mental agama, sosial Jan ket.rampilan), resosialisasi, pemulangan siswi, penyaluran bimbingan lanjut.
a. Pelaksanaan Pemberdayaan di bidang agama di BPSWTS Cirebon mengedepankan pemahaman terhadap sikap atau tingkah laku. Sehingga tingkah laku siswi selama di Balai terus dikontrol dan terus menerus diberikan suri taladan yang baik, baik secara personal maupun kelompok.
b. Pelaksanaan pemberdayaan ekonomi yang pelaksanaannya dengan melakukan kegiatan dibidang ketrampilan kerja menggunakan maljlajemen barbasis sekolah kejurnan, alasannya antara lain bervariasinya kebutuhan siswi akan belajar, baragam kemampuan instruktur untuk mengembangkan profesionalnya, dan tuntunan dunia usaha untuk memperoleh tenaga yang bermutuNIM. 00230235 Siti Khasanah2021-11-16T08:26:35Z2021-11-16T08:26:35Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46737This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/467372021-11-16T08:26:35ZPERAN KUD TANI MAKMUR SEBAGAI WADAH PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI DUSUN BIBIS KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTL YOGYAKARTA1. Profil KUD Tani Makmur adalah sebuah lembaga ekonomi desa yang memiliki tujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Dengan memiliki berbagai unit usaha, aset dan tenaga kerja yang cukup pengalaman, KUD Tani Makmur sudah memenuhi syarat sebagai sebuah lembaga yang berfungsi sebagai mediator atau fasilitator dalam pemberdayaan anggota atau kelomok tani khususnya di Dusun Bibis.
2. Masalah-masalah yang dihadapi kelompok tani Dusun Bibis adalah minimnya pengetahuan para petani tentang sarana produksi pertanian, sulitnya mendapatkan bibit pupuk, obat-obatan serta peralatan pertanian berkualitas unggul dengan harga terjangkau dan mudah didapat,minimnya pengetahuan petani tentang teknologi pertanian untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, sulitnya mendapatkan bantuan kredit untuk memperluas usaha pertanian, petani kurang memiliki bargaining power untuk menentukan harga gabah dan hasil panen lainnya, petani masih menghaNIM. 00230202 Asniati2021-11-16T08:26:09Z2021-11-16T08:26:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46757This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/467572021-11-16T08:26:09ZKONSEP PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM (studi atas Pemikiran KH.MA. Sahal Mahfudh)Dalam pandangan KH. MA Sahal Mahfudh, pengembangan masyarakat Islam merupakan perwujudan usaha dalam mengarnalkan ajaran Islam dengan baik dan benar. Masalah kependudukan, gizi dan kesehatan masyarakat serta masalah kemiskinan merupakan sebuah problem yang perlu dicarikan solusi dan jalan keluar karena masalah tersebut merupakan penyakit yang perlu mendapatkan perhatian serius dan penanganan yang segera dan hal itu bisa dilakukan. Mengadakan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan serta berbagaimacam bentuk pendidikan dan ketrampilan lewat pesantren dan lembaga yang berdiri di dalanmya merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang rumit dalam kehidupan masyarakat serta untuk menyelamatkan aqidah, moral dan akhlak manusia. Menjadi seorang yang berkecimpung di dalam kegiatan pengembangan masyarakat adalah merupakan beban tersendiri yang sangat berat sekali, sehingga memerlukan usaha-usaha yang keras dan positif yang berguna bagi masyarakat. Akan tetapi bagi seseorang yang mempunyai kelebihan dibidang tertentu maka orang wajib untuk mengamalkannya. Kiai Saha! Mahfud adalah seorang tokoh, cendekiawan, ulama' serta kiai yang mempunyai kelebihan dalam bidang dakwah dan seorang pengembang masyarakat, bahkan pakar ekonomi dari Pati. Sehingga beliau selalu berkecimpung di dalam masyarakat untuk mengemban tugas tersebut. BeLiau mengaplikasikan pemikirannya kedalam kehidupan nyata di masyarakat terutama masyarakat pedesaan di lingkungan sekitar ternpat tinggal beJiau. Dengan segala pencurahan daya kiai Sahal berjuang sangat keras demi suksesnya kegiatan pengembangan masyarakat yang beliau perjuangkan. Sebagai wujud nyata dari usaha-usaha beliau adalah berdirinya sebuah rurnah sakit, BPPM, BPR serta usaha-usaha Jain yang ada dalam badan-badan tersebut yang semuanyna mempakan hasil dari pengaplikasian pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh kiai Sahal.NIM. 00230224 Durrotun Naimah2021-11-16T08:25:55Z2021-11-16T08:25:55Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46721This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/467212021-11-16T08:25:55ZPEMIKIRAN K.H. AHMAD DAHLAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAMDari penelusuran tentang ide dan gagasan K.H Ahrnad DahIan dalam
melakukan pembaharuan bidang sosial keagamaan, maka penulis
menyimpulkan bahwa pemikiran K.H Ahmad Dahlan sangat menekankan
amal. Yaitu merubah pernikiran dari "mysticism" ke arah "aktivism" dari
berfikir dan rnerenung serta mernentingkan kebaikan diri sendiri menuju
kearah berbuat, berarnal dan berjuang untuk kebaikan din' dan masyarakat.
Maka untuk menyempurnakan gagasan dan pokok-pokok pikirannya
dalarn rnelaksanakan Islam yang sebenar-benamya K.H Ahmad Dahlan
mendirikan persyarikatan Muhammadiyah.
2. Amal usaha adalah sebuah istilah yang mempakan
sebuah bentuk aktifitas yang dapat dilihat dan diarnbil manfaatnya. Itu
semua merupakan bentuk manifestasi dari pemikiran K.H Ahmad DahIan
yang selalu memikirkan dan mernperhatikan problernatika kehidupan sosial, diantaranya Bidang Pendidikan, Kesehatan, Panti Asuhan, dan j uga
Bidang Tabligh sebagai wahana penyiaran Islam Sedangkan rnanifestasi surat Al-Ma'un dalam pengembangan masyarakat
Islam adaIah upaya penafsiran surat AI-Ma'un yang mengandung tentang
anjuran untuk memperhatikan kaum dhu'afa, yang disesuaikan kebutuhan
(problematika) dengan perkembangan zarnan seperti, kerniskinan,
kebodohan, dan kemerosotan akhlakNIM. 00230154 Dina Setyaningsih2021-11-03T09:00:15Z2021-11-03T09:00:15Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46271This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/462712021-11-03T09:00:15ZPERANAN BMT AL IKHLAS DALAM PENINGKATAN USAHA PEDAGANG KECIL PASAR DEMANGANNIM.00230121 Emik Nur Lailiyah2021-11-03T08:59:59Z2021-11-03T08:59:59Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46267This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/462672021-11-03T08:59:59ZPEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN DEMANGAN GONDOKUSUMAN (STUDY ATAS PELAKSANAAN PROYEK PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PERKOTAAN P2KP)NIM. 00230119 Asy'ari2021-11-03T08:59:46Z2021-11-03T08:59:46Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46263This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/462632021-11-03T08:59:46ZPERANAN CORPS DAKWAH PEDESAAN DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM (STUDI KASUS DI DESA KERUK KECAMATAN TANJUNGSARI KABUPATENNIM. 00230118 Mustamik2021-11-03T08:59:17Z2021-11-03T08:59:17Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46251This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/462512021-11-03T08:59:17ZPEMBERDAYAAN ANAK JALANAN OLEH YAYASAN GHIFARI YOGYAKARTANIM. 00230105 Muh Layim Mutowal2021-11-03T08:59:04Z2021-11-03T08:59:04Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46249This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/462492021-11-03T08:59:04ZPEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT NGEMPLAK MELALUI KOPERASI SERBA USAHA "MADANI" KABUPATEN REMBANG DI LASEMNIM. 00230099 Chaesumah2021-11-03T08:58:50Z2021-11-03T08:58:50Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46238This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/462382021-11-03T08:58:50ZFUNGSI MASJID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DEMOKRASI (STUDI KASUS PEMILU RAYA TAKMIR MASJID JOGOKARIYAN 2004)NIM. 00230071 Solehhudin2021-11-03T08:58:39Z2021-11-03T08:58:39Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46237This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/462372021-11-03T08:58:39ZPEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA EKONOMI DESA SIMPAN PINJAM (UEDSP) "LESTARI MAKMUR" DI GIWANGANNIM.00230065 Qona'ah2021-11-03T08:58:11Z2021-11-03T08:58:11Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46312This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/463122021-11-03T08:58:11ZPELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI KOPERASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2003-2004NIM.00230143 Dina Mariyana2021-10-21T08:23:35Z2021-10-21T08:23:35Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45725This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/457252021-10-21T08:23:35ZPEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) "BINA KARYA" DI DESA SRIMULYO, PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTANIM. 992130028 Mirza Ahmad2021-10-15T08:27:13Z2021-10-15T08:27:13Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45424This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/454242021-10-15T08:27:13ZPEMBERDAYAAN MASYARAKAT ISLAM MELALUI BADAN USAHA KOPERASI STUDI DO PONDOK PESANTREN AL MAHALLI DUSUN BRAJAN DESA WONOKROMO KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL1. Koperasi Al-Mahalli dengan usaha simpan pinjam muncul sebagai pengembang aktualitas diri masyarakat kecil terutama para pedagang kecil yang berada di Desa Wonokromo.
2. Dalam rangka memberdayakan anggotanya, Koperasi Al-Mahalli menerapkan pembinaan usaha kepada anggotanya, dengan melakukan penyuluhan dan pengenalan usaha yang ada di Pondok Pesantren AlMahalli, yaitu usaha konveksi Al-Mahalli, penerbitan buku-buku karangan
kiai Mujab Mahalli, ataupun pertanian, yang semua usaha tersebut dikelola
dan dipasarkan melalui Koperasi Al-Mahalli.
3.. Strategi pembinaan usaha yang dilakukan Koperasi Al-Mahalli ditempuh
melalui peningkatan efisiensi usaha atau manajemen pengelolaan dan
pemasaran produk jasa anggota.
4: Adapun proses pemberdayaan yang dilakukan dalam unit simpan pinjam
adalah Modal awal dikumpulkan bersama dari para santri dan masyarakat Dusun Brajan, Desa Wonokromo.Modal tersebut kemudian dipinjamkan kepada masyarakat yang membutuhkan modal usaha atau sekedar untuk memenuhi kebutuhan keluarga.NIM. 99232875 Sohibun2021-10-15T08:23:47Z2021-10-15T08:23:47Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45426This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/454262021-10-15T08:23:47ZUPAYA PEMBERDAYAAN DANA ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT POS KEADILAN PEDULI UMAT YOGYAKARTA1. Upaya pemberdayaan dana zakat yang dilakukan oleh PKPU Yogyakarta diarahkan dalam dua bentuk, yaitu pemberdayaan dana zakat dengan penyaluran yang bersifat konsumtif dan produktif serta bantuan sosial.
2. Pemberdayaan harta zakat yang bersifat konsumtif diarahkan pada mustahik yang lemah dalam bidang ekonomi dan fisik atau tidak produktif lagi seperti orang jompo, yatim piatu, orang cacat.
3. Sementara pemberdayaan yang bersifat produktif diarahkan untuk fakir miskin atau mustahik yang lemah dalam bidang ekonomi akan tetapi masih memiliki fisik yang kuat untuk bekerja.
4. Pemberdayaan harta zakat produktif sifatnya memberi modal baik berupa pinjaman bebas bunga maupun pemberian suka rela, salah satu wujud dari bantuan yang bersifat produktif ini adalah dengan dibentuknya Kelompok Swadaya Mustahik (KSM).
5. Bantuan sosial diarahkan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial seperti pengiriman air bersih, pemeriksaan dan pengobatan gratis, beasiswa, khitanan massal dan lain-lain.NIM. 99232937 Lestari2021-10-14T06:19:01Z2021-10-14T06:19:01Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45420This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/454202021-10-14T06:19:01ZPEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT SECARA MANDIRI MELALUI USAHA KONVEKSI AMALIA DI MLANGI NOGOTIRTO GAMPING SLEMANPemberdayaan ekonomi masyarakat secara mandiri yang dilakukan konveksi Amalia di dusun Mlangi, desa Nogotirto, kecamatan Gamping, kabupaten Sleman, propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam kegiatan produksinya bisa berjalan dan berhasil karena didorong oleh faktor-faktor seperti tokoh agama setempat, sikap etos kerja yang tinggi, kondisi sosial budaya yang kondusif, kondisi ekonomi, serta dorongan keluarga.
Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui konveksi Amalia yang dilakukan oleh pengusaha konveksi, para karyawan dan masyarakat secara mandiri dalam ha! pengadaan bahan baku, modal usaha, ketrampilan (skill), produksi serta pemasaran dilakukan secara sendiri (mandiri) oleh ketiga undur yaitu pengusaha, karyawan dan masyarakat tanpa melalui perantara lembaga atau pemerintah.Pemberdayaan ekonomi masyarakat secara mandiri yang dilakukan konveksi Amalia di M!angi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta telah ikut berperan di dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran di daerah khususnya Mlangi dan masyarakat luar Mlangi pada umumnya, serta meningkatkan pendapatan masyarakat di bidang ekonomi.NIM. 99232811 Muh. Wakdan2021-10-14T06:17:01Z2021-10-14T06:17:01Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45412This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/454122021-10-14T06:17:01ZPENGEMBANGAN DAKWAH PESANTREN MELALUI MUSIK (STUDI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT)Tujuan yang paling mendasar dikembangkannya musik di Pondok
Pesantren Darussalam adalah sebagai salah satu media untuk berdakwah dan juga sebagai sarana untuk membentuk talenta para santri di bidang musik supaya menjadi seniman atau musikus yang Islami, kemudian konsep yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Darussalam dalam mengembangkan metode dakwah melalui musik yaitu dengan menanamkan suatu pemahaman tentang ruhmusik yang Islami sebagai pendidikan musik terhadap santri. Upaya yang di terapkan dalam penanaman ruh musik yang Isami itu diantanmya adalah : Pemahaman seni yang Islami, Akhlak bermain musik yang Islami, Pemilihan syair lyrik yang Islami, performance yang Islami. Dan pembinaan serta arahan yang di agendakan, supaya dalam bermusik para tetap konsisten di jalur musik yang Islami.NIM. 99232738 Qadar Solih2021-09-30T05:45:20Z2021-09-30T05:45:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44745This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/447452021-09-30T05:45:20ZPERAN PUSAT STUDI WANITA (PSW) DALAM PENGARUSUTAMAAN GENDER DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGASkripsi ini berjudul: PERAN PUSAT STUDI WANITA (PSW) DALAM PENGARUSUTAMAAN GENDER DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGA . Rumusan masalah dalam dalam skripsi ini adalah: Apa alasam berperannya Pusat Studi Wanita (PSW) dalam pengarusutamaan gender di UIN Sunan Kalijaga, dan bagaimana langkah-langkah PSW dalam pengarusutamaan gender di UIN Sunan Kalijaga. Subyek dalam penelitian ini adalah PSW UIN Sunan Kalijaga mencakup pengurus dan stafnya. Obyek penelitian ini adalah keseluruhan peran yang dilakukan PSW. Teknik penelitian data adalah dengan wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilaksukan melalui pengumpulan data hasil wawancara, menyusun data, dan menginterpretasikan data untuk menjawab kesimpulan.
Dari penelitian ini diketahui bahwa: A) PSW merasa bertanggungjawab dalam menghilangkan kesenjangan gender, bias gender, dan ketidakadilan gender di UIN Sunan Kalijaga, dan PSW mengusahakan terciptanya kesadaran gender di kalangan masyarakat umum dan di lingkungan UIN Sunan Kalijaga, 2) PSW menjalin kerjasama dengan para dosen wanita dalam mendesain kurikulum berbasis gender, 3) PSW fokus pada upaya sosialisasi, dan realisasi kesetaraan gender, melibatkan diri dalam kegiatan di lembaga UIN Sunan Kalijaga yang berkaitan dengan kesetaran gender, 4) berdasarkan berbagai kebijakan universitas, PSW dapat melaksanakan kegiatannya dengan baik dan lancar. PSW, dengan pengarusutamaan gender, telah menghapus pembedaan antara pria dan wanita, muncul kesejajaran sesuai keajiban, hak dan tanggung jawab masing-masing.01230496 Yuyun Octarina2021-09-23T08:18:51Z2021-09-23T08:18:51Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44719This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/447192021-09-23T08:18:51ZPemahaman Muhammad Dawam Rahardjo tentang "Khairu Ummah" dalam Al-Qur'an Surah Ali Imran: 110, Hubungannya dengan Masyarakat MadaniSkripsi ini berjudul Pemahaman Muhammad Dawam Rahardjo tentang "Khairu Ummah" dalam Al-Qur'an Surah Ali Imran: 110, Hubungannya dengan Masyarakat Madani. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimana pemahaman Muhammad Dawam Rahardjo tentang "khairu ummah" dalam Al-Qur'an surah Ali Imran: 110?, b) Bagaimana perwujudan khairu ummah hubungannya dengan masyarakat madani dalam konteks keIndonesiaan Muhammad Dawam Rahardjo?. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan objek kajiannya adalah pemahaman seorang tokoh, yaitu Muhammad Dawam Rahardjo tentang "khairu ummah" dalam AlQur;an surah Ali Imran: 110 hubungannya dengan masyarakat madani. Dari penelitian ini diketahui bahwa dalam melakukan konseptualisasi "khairu ummah", M. Dawam Rahardjo menggunakan metode penafsiran mawdhu'i atau metoe penafsiran tematis dengan mengumpulkan istilah-istilah Al-Qur'an yang berhubungan dengan masyarakat, sehingga ditemukan pemahaman yang relevan dengan fokus permasalahan.Penafsirannya menggunakan pendekatan historis-sosiologis dalam konteks kemodernan.
menurut Dawam Rahardjo, khairu ummah merupakan masyarakat yang berlandaskan tauhid, sebagai masyarakat yang memiliki kecenderungan pada nilai-nilai keutamaanyang diidentikkan sebagai al Madinah Fadhila.
M. Dawam Rahardjo menggunakan teori-teori masyarakat sipil (civil society). Ia memberikan tiga cara, yaitu memperluas golongan menengah dengan pembangunan ekonomi terarah, memberdayakan sistem politik dengan menciptakan kerangka kelembagaan yang lebih kondusif terhadap proses demokratisasi, serta melalui upaya-upaya penyadaran dan pendidikan politik yang menjangkau kalangan elit politik02130514 Ramlan Rozali2021-09-14T07:30:27Z2021-09-14T07:30:27Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43830This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/438302021-09-14T07:30:27ZBentuk Pemberdayaan Narapidana oleh Rumah Tahanan Pemalang Jawa Tengah-NIM. 01230429 Maftuchah2021-09-09T08:50:41Z2021-09-09T08:50:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43831This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/438312021-09-09T08:50:41ZDakwah Kultural Sunan Kalijaga dalam Perspektif Pengembangan Masyarakat-NIM.01230402 Imam Nurhadi2021-09-07T03:59:53Z2021-09-07T03:59:53Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43832This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/438322021-09-07T03:59:53ZPeran Pusat Studi Wanita (PSW) dalam Pengarusutamaan Gender di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta-NIM. 01230496 Yuyun Octarina2021-09-06T13:25:14Z2021-09-06T13:25:14Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43393This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/433932021-09-06T13:25:14ZPEMBERDAYAAN BURUH GENDONG WANITA DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA OLEH YAYASAN ANNISA SWASTI-NIM. 01230568 Marwiyah2021-08-25T06:55:47Z2021-08-25T06:55:47Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43473This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/434732021-08-25T06:55:47ZPERAN PUSAT STUDI WANITA (PSW)
DALAM PENGARUSUTAMAAN GENDER
DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA-NIM.: 01230496 YUYUN OCTARINA2021-08-25T06:39:23Z2021-08-25T06:39:23Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43472This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/434722021-08-25T06:39:23ZDAKWAH KULTURAL SUNAN KALIJAGA
DALAM PERSPEKTIF PENGEMBANGAN MASYARAKATNIM : 01230484 IMAM NURHADI2021-08-25T06:26:06Z2021-08-25T06:26:06Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43470This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/434702021-08-25T06:26:06ZBENTUK PEMBERDAYAAN NARAPIDANA OLEH RUMAH TAHANAN NEGARA PEMALANG JAWA TENGAH-NIM.: 01230429 MAFTUCHAH2021-08-25T06:14:32Z2021-08-25T06:14:32Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43469This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/434692021-08-25T06:14:32ZDAMP AK INDUSTRI TAMBANG TERHADAP BUDAYA MASYARAKAT DESA SEKONGKANG ATAS, KECAMATAN SEKONGKANG, KABUPATEN SUMBAWA BARAT, NUSATENGGARA BARAT-0123 0402 MUHAMMAD RIZYAL2021-08-20T04:23:17Z2021-08-20T04:23:17Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43389This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/433892021-08-20T04:23:17ZUPAYA PEMBERDAYAAN TUNANETRA OLEH PANTI SOSIAL BINA NETRA (PSBN) "SADEWA" BANTUL YOGYAKARTAPanti Sosial Bina Netra (PSBN) menerapkan konsep pemberdayaan yang sesuai dengan mendapat
McArdle, yaitu ingin meningkatkan potensi, mengembangkan kemampuan, keahlian
dan kemauan untuk bisa, menata hidupnya supaya mandiri dan sejahtera dengan
melibatkan tunanetra dalam semua kegiatan melalui proses pemberdayaan di dalamnya
terdapat proses , pelayanan yang telah terstruktur secara teratur dan terarah.
Sedangkan upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh PSBN itu sendiri
sesuai dengan pendapat Ginanjar Kartasasmita yaitu, menciptakan suasana yang memungkinkan
potensi masyarakat untuk berkembang dengan memotivasi mereka untuk memperkuat potensi
yang dimiliki dengan memberi kesempatan yang seluas-luasnya supaya mereka dapat
merubah nasibnya sendiri, sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah Q.S. Ar
Ra'ad ayat 11 yang menerangkan bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali mereka
merubahnya sendiri.NIM.: 01230750 Retno Edin Hardiyani2021-08-20T04:23:01Z2021-08-20T04:23:01Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43388This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/433882021-08-20T04:23:01ZPEMBERDAYAAN ANAK JALANAN OLEH PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH (PPM) AHMAD DAHLAN YOGYAKARTAPemberdayaan anak jalanan pada bidang agama yang dilakukan oleh PPM Ahmad Dahlan
yogyakarta adalah melalui pelaksanaan yang diterapkan dalam kegiatan bimbingan mental
agama (pelaksanaan solat lima waktu, pelaksanaan puasa romadhon, pengajaran membaca
Al-Qur'an, pengajian), bimbingan social kemasyarakatan (silaturahmi ketetangga-tetangga
sekitar PPM, kegiatan ronda, mengikuti gotong royong), Sedangkan bimbingan bidang ekonomi
meliputi: ketrampilan komputer, ketrampilan kerajinan (Hiasan rumah, Pertukangan),
service elektronik, bengkel, berkebun, dan bcrternak.
Materi-materi yang digunakan dalam pelaksanaan pemberdayaan bidang agama adalah materi
tentang pembelajaran baca tulis Al-Qur'an, Fiqh, Aqidah, Ahlaq, Imla, Tajwid, Hadits, dan
manajemen qolbu atau yang biasa dikenal dengan pengajian umum. Dan ditambah
dengan pendidikan penunjang yang meliputi (Bahasa Arab dan bahasa Inggris). Dan dibidang
ketrampilan diberikan dengan cara pelatihan ataupun
praktek. Sedangkan metode yang sering digunakan dalam pelaksanaan pemberdayaan adalah
metode ceramah, Tanya jawab dan praktek.NIM.: 01230699 Ulfah Munfa'at2021-08-20T04:22:43Z2021-08-20T04:22:43Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43387This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/433872021-08-20T04:22:43ZUSAHA KOPERASI SIMPAN PINJAM "SARANA ANEKA JASA" DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENGUSAHA KECIL DI CEPER KLATENUsaha yang dilakukan Koperasi Simpan Pinjam "Sarana Aneka Jasa" dalam meningkatkan
kesejahteraan bagi pengusaha kecil yaitu koperasi hanya membantu pada bidang jasa,
yakni Koperasi Simpan Pinjam "Sarana Aneka Jasa" mengeluarkan beberapa produk yakni:
tabungan, deposito, beberapa macam pinjaman diantaranya: pinjaman modal kerja, pinjaman
konsumtif, pinjaman kelompok dan pinjaman Khusus. Sehingga koperasi simpan pinjam ini
sesuai dengan kegiatan yang dilakukan koperasi simpan pinjam yang lainnya. Selain
itu usaha Koperasi Simpan Pinjam "Sarana Aneka Jasa" melakukan pendampingan kepada
pengusaha kecil dengan pembinaan terhadap usaha yang ditekuni oleh Pengusaha yang meliputi
bidang pemasaran dan manajemen dalam menjalankan usahanya. Maka dapat kita ketahui
adanya kesesuaian dengan teori yang terdapat dalam bab I tentang meningkatkan
kesejahteraan bagi masyarakat.
Selain itu, Koperasi Simpan Pinjam "Sarana Aneka Jasa" mempunyai perbedaan
dengan Kospin lainnya yakni Kospin mengadakan pembinaan agama bagi anggotanya.
Pembinaan agama tersebut berupa adanya forum pengajian yang diadakan pada Sabtu pagi.NIM.: 01230678 Marta Yanti Rahmawati2021-08-20T04:22:07Z2021-08-20T04:22:07Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43386This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/433862021-08-20T04:22:07ZPERAN BMT DAARUT TAUHID DALAM PENEGEMBANGAN USAHA KECIL DIJALAN GEGERKALONG GIRANG KELURAHAN ISOLA
KECAMATAN SUKA SARI
KOTA BANDUNGPeran BMT DT dalam pengembangan bidang ekonomi, yaitu melalui pemberian pinjaman modal
pembiayaan kepada pedagang kecil, dan memberikan pembinaan dari BMT DT yang
difokuskan pada Pedagang Kaki Lima. Pembinaan yang diberikan adalah, mengenai manajemen
keuangan, pemasaran, proses produksi, dan etika bisnis ala Manajemen Qolbu (MQ). Adapun peran BMT
DT dalam hal sepiritual, terlihat pada pemberian bimbingan Al-Qur'an, bimbingan shalat dan
bimbingan manajemen qolbu.
Hambatan yang dihadapi antara lain adalah dalam hal macetnya modal BMT DT di tangan beberapa
nasabah yang identitasnya dirahasiakan demi kebaikan bersama. Kurangnya pemahaman masyarakat
tentang BMT, dan belum adanya likuiditas BMT.
Ada beberapa kebijakan yang di ambil oleh BMT DT sebagai solusi dengan memberikan
syarat-syarat yang lebih mengikat, antara lain adanya aguna, smvei kelapangan dan
mempertimbanghkan kondisi perekonomian keluarga dan yang lainnya. Setelah semua kualifikasi
terpenuhi barulah pihak BMT mengeluarkan kebijakan untuk memberikan modal
pada mereka, setelah mempertimbangkan kelayakan sesuai kriteria BMT DT, tindakan ini sebagai bukti kornitmen dari
pihak pengurus, BMT juga melakukan banyak kerjasarna dengan bank-bank yang berbasis
Syariah.NIM.: 01230645 Ade Nanang Sarikin2021-08-20T04:20:49Z2021-08-20T04:20:49Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43384This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/433842021-08-20T04:20:49ZPENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
OLEH PANTI ASUHAN DUAFA' DIPONEGOROKondisi anak asuh yang berada di panti asuhan yatim-piatu dan duafa' Diponegoro
Depok Sleman Yogyakarta dapat dilihat dari kategori anak asuh dan latar belakang
keluraga. Dilihat dari kategorinnya anak asuh dibedakan menjadi anak asuh panti dan anak
asuh non panti. Sedangkan dilihat dari latar belakang keluaraga, anak asuh di
panti asuhan Diponegoro umumnya bersal dari keluarga kurang (tidak) mampu dan
berpendidikan rendah.
Upaya yang dilakukan panti asuhan Diponegoro dalam pengembangan sumber daya manusia
anak asuhnya menempuh jalur pendidikan formal dan jalur pendidikan non formal.
Pendidikan formal yang tersedia di lingkungan panti asuhan Diponegoro dalam rangka pengembangan sumber
daya manusia anak asuh, yaitu meliputi TK Harapan Bangsa, Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif
Diponegoro, SMP Ma'arif Diponegoro serta SMK Ma'arif Diponegoro. Lembaga pendidikan
tersebut dimaksudkan guna membantu pembangunan nasional dengan mewujudkan anak asuh yang
menguasai informasi-informasi teknologi secara teoritis maupun praktis, serta mampu bersaing
dalam dunia pendidikan nasional. Sedangkan jalur pengembangan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan non formal dilaksanakan melalui
madrasah diniyah yang terfokus pada pembentukan watak pribadi, moral (Akhlaqul Karimah) yang
bertaqwa kepada Allah SWT, pemberian pelatihan ketrampilan yang sangat penting
untuk mengembangkan berbagai prestasi dan kreativitas anak asuh, sehingga diharapkan mampu
untuk memenuhi kebutuhan hidup mandiri dan pengajaran bahasa yang relevan dengan
tujuan panti asuhan untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan sopan
Pelaksanaan PSDM di panti asuhan diponegoro telah terkoerdinir dengan baik ditandai dengan adanya
kegiatan yang secara rutin dilakukan
egiatan PSDM dalam prakteknya hanya sekedar memberi bantuan secara langsung kepada anak asuh
yang membutuhkan, tetapi lebih berupaya meningkatkan kesadaran anak asuh untuk
mencapai kemajuan pada dirinya, orang lain dan masyarakat luas secara umum. Sehingga anak asuh
benar-benar menjadi anak asuh yang cerdas, dalam arti anak asuh yang mamp1,1 mengatasi
segala problematika kehidupan yang dialaminya dalam segala ha!. Pada akhimya yang memetik hasil
tidak hanya dirinya sendiri bagi individu, tetapi lebih mengedepankan kesejahteraan umum.NIM.: 01230561 Hendra Istanto2021-08-20T04:19:59Z2021-08-20T04:19:59Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43382This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/433822021-08-20T04:19:59ZUSAHA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN PAD'A PERUSAHAAN MEDEL UKIR "HASIL KARYA" WEDELAN
BANGSRI JEPARAprogram kesejahteraan karyawan merupakan segala jenis
pembayaran berupa uang (fasilitas dan tunjangan) yang tidak langsung yang di
berikan kepada karyawan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa
usaha peningkatan kesejahteraan pada perusahaan mebel ukir "Hasil Karya" tidak hanya
berusaha meningkatkan kesejahteraan karyawan yang bersifat ekonomis/ material
seperti :
1. Usaha peningkatan kesejahteraan pada perusahaan mebel ukir "hasil karya" tidak
hanya berusaha meningkatkan kesejahteraan karyawan bersifat ekonomis/ material
seperti pemberian upah,THR, pemberian sarana transportasi, pemberian fasilitas
perumahan dan lain sebagainya. Lebih dari itu perusahaan mebel ukir "hasil karya" juga
berusaha meningkatkan kesejahteraan spiritual karyawan dengan cara melakukan pembinaan
pemahaman keagamaan para karyawan yang di adakan setiap hari kamis malam. Yang di isi
oleh 2 orang ustadz
2. Dari beberapa usaha peningkatan kesejahteraan karyawan yang ada di perusahaan mebel
ukir "hasil karya" yang masih menemui hambatan adalah pada program pengembangan karyawan diantaranya adalah
peserta, pelatih, fasilitas pengembangan, kurikulum, dana pengembangan.NIM.: 01230542 Wahyundari2021-08-20T04:19:00Z2021-08-20T04:19:00Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43381This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/433812021-08-20T04:19:00ZPEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI SIDO MAJU DI DUSUN TOBOYO TIMUR PLAYEN GUNUNG KIDULPokok masalah yang menjadi fokus pembahasan dan analisis dalam penelitian ini adalah
strategi pemberdayaan petani yang dilakukan oleh kelompok tani Sido Maju Toboyo
Timur, Desa Plembutan, Kecamatan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Dari pembahasan
dan analisis yang dilkukan dalam bab sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi
pemberdayaan petani yang dilakukan oleh kelompok tani Sido Maju Toboyo Timur adalah menerapkan
pola pendekatan tranformatif, yang menempatkan petani sebagai subyek atau pelaku aktif
dalam seluruh proses kebijakan pemberdayaan. Bidang-bidang pemberdayaan yang
menjadi sasaran pengembangan dalam kegiatan pemberdayaan petani yang dilakukan oleh
kelompok tani Sido Maju meliputi pemberdayaan ekonomi, sosial dan budaya. Dalam usaha pemberdayaan
yang menggunakan pola pendekatan tranformatif dengan sasaran pemberdayaan yang meliputi bidang
ekonomi, sosial dan budaya tersebut, kelompok tani Sido Maju telah mendaya gunakan baik
sumberday internal maupun sumberdaya eksternal dalam strategi pemberdayaan.
Hasil yang secara langsung dirasakan petani dari kegiatan pemberdayaan
yang dilakukan kelompok tani Sido Maju adalah perubahan kondisi kehidupan ekonorni
mereka, yang kemudian juga berdampak pada perbaikan kondisi kehidupan sosial mereka. Di
samping itu, kegiatan pemberdayaan
yang dilakukan oleh kelompok tani Sido Maju juga berhasil mendorong perkembangan
kehidupan beragarna, pelestarian seni budaya lokal maupun tradisi local rnasyarakat Dusun
Toboyo Timur.NIM.: 01230515 Istiar2021-08-05T01:28:44Z2021-08-05T01:28:44Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43210This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/432102021-08-05T01:28:44ZKomunikasi Antar Warga Pesantren : Studi Kasus Di Komplek 3 Pondok Pesantren Putri Sunan Pandanaran Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta-NIM. 00210233 Nur Syamsiyah2021-07-19T04:15:40Z2021-07-19T04:15:40Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42944This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/429442021-07-19T04:15:40ZPengembangan Sumber Daya Manusia Pada Jama'ah Pengajian Ahad Pagi Di Masjid Al-Furqon Klaten-NIM. 0023004 Ika Mituhuningrum