Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:10:42ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2022-03-11T03:54:36Z2022-03-11T03:54:36Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49971This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/499712022-03-11T03:54:36ZPENENTUAN RUTE OPTIMAL PENGANGKUTAN SAMPAH MENGGUNAKAN METODE CLARKE & WRIGHT SAVING MATRIX, NEAREST NEIGHBOR, NEAREST INSERT, DAN FARTHEST INSERT (STUDI KASUS: DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA YOGYAKARTA)Dinas Lingkungan Hidup (DLH) has the task of carrying out regional government affairs based on the principle of autonomy and assistance in the environmental field. One of the activities carried out by the DLH in the city of Yogyakarta is to transport garbage from several points of TPS around the community and brought to the landfill.. In its implementation, DLH has several factors that influence the determination of routes in the transportation of waste. These factors include the number of vehicle fleets, the volume of waste, vehicle capacity, distance traveled, and working time. The aim of this research is to find the best route in the process of transporting waste by DLH. In solving these problems, there are several methods that can be used, including Clarke & Wright Saving Matrix, Nearest Neighbor, Nearest Insert, and Farthest Insert to obtain an optimal route. Based on the comparison of the results between methods, the distance generated using the nearest neighbor method is 740.04 Km, nearest insert is 759.83 Km, and farthest insert is 756.93 Km. While the travel time generated using the nearest neighbor method is 1737.07 minutes, nearest insert is 1761.055 minutes, and farthest insert is 1762.405 minutes. The method that produces the most optimal savings is the nearest neighbor with a mileage savings of 180.53 Km and a travel time of 248.79 minutes.NIM.: 16660034 Zulfian Hafni Nazar2022-02-22T02:30:04Z2022-02-22T02:30:04Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49429This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/494292022-02-22T02:30:04ZPENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL DAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) MENGGUNAKAN NASA-TLX (National Aeronautics and Space Administration-Task Load Index) dan NBM (Nordic body map) DI CV. GALAXY OFFSETCV.Galaxy Offset merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang percetakan. Untuk menjalankan proses produksinya, CV.Galaxy Offset memiliki enam divisi, untuk menjaga kinerja karyawan tetap stabil perusahaan memerlukan pengawasan beban kerja mental dan gangguan MSDs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat beban kerja mental karyawan serta mengetahui keluhan-keluhan musculoskeletal yang dirasakan karyawan CV. Galaxi Offset. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner beban kerja yaitu NASA-TLX (National Aeronautics and Space Administration-Task Load Index) dan musculoskeletal menggunakan kuesioner NBM (Nordic Body Map) yang dibagikan ke 30 karyawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa beban kerja mental pada karyawan berada pada level tinggi. Selanjutnya keluhan MSDs ditemukan keluhan tertinggi yaitu pada bagian punggung, pergelangan tangan kanan, bahu kanan, dan pergelangan tangan kiri. Serta tidak ditemukan korelasi antara beban kerja mental dengan keluhan musculoskeletal.NIM.: 16660004 Zulkarnaen2022-02-22T02:15:17Z2022-02-22T02:15:17Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49424This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/494242022-02-22T02:15:17ZPERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PRODUKSI DENGAN METODE BLOCPLAN DAN ALDEP STUDI KASUS: PT TERUS BERBUAT KEBAIKAN (CABANG WARUNGBOTOPreksu Warungboto merupakan salah satu warung dimiliki oleh PT Terus Berbuat Kebaikan yang bergerak di bidang kuliner dengan menjual berbagai varian ayam geprek. Layaknya berbagai jenis sistem usaha produksi lainnya Preksu Warungboto juga memiliki berbagai macam proses perpindahan material. Menurut data yang telah dihimpun peneliti dari hasil wawancara, diketahui bahwa tata letak Preksu Warungboto tidak dibentuk mengikuti kaidah-kaidah perancangan tata letak yang menyebabkan terjadinya pemborosan dalam penanganan material serta kurang efektifnya proses produksi yang terjadi. Oleh karena itu pemilihan metode perancangan tata letak secara tepat harus untuk meminimasi biaya penanganan material. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan biaya penanganan material yang diperoleh dari tata letak aktual dengan hasil dari perancangan tata letak menggunakan metode BLOCPLAN dan ALDEP. Pengaplikasian menggunakan aplikasi BLOCPLAN-90 dan ALDEP. Berdasarkan penelitian yang dilkakukan diperoleh biaya penanganan material berturut-turut dari tata letak aktual, tata letak ususlan metode BLOCPLAN, dan tata letak metode ALDEP yaitu Rp 14.400.000,00, Rp 9.383.279,90, dan Rp 10.809.411,97NIM.: 14660007 Bagus Setya Wicaksono2022-01-24T03:43:55Z2022-01-24T03:43:55Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48855This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/488552022-01-24T03:43:55ZANALISIS PENERAPAN LEAN MANUFACTURING MENGGUNAKAN
METODE VSM DAN FMEA UNTUK MEMINIMASI PEMBOROSAN
(Studi Kasus : IKM Genteng Sokka MD)IKM Genteng Sokka MD is one of the manufacturing companies engaged in the
manufacture of roof tiles in Godean, Yogyakarta. The products produced are
various types of roof tiles such as mantili, magas, plentong, and kodok. Even so, the
production process carried out by IKM Genteng Sokka MD is still not efficient
because it can still be found various wastes, many products in process, excessive
inventory, and congestion. Efforts that can be made to make waste can be done by
doing lean manufacturing and FMEA. The method used is the VSM method which
is used to describe the production processes that occur during production and
determine the processes that generate waste. Then, a cause-and-effect diagram is
used to determine the causes of wastage. In addition, the Pareto diagram is used to
determine the priority of the highest waste of the RPN value. Then use the FMEA
method to find critical waste that occurs in the company. Based on the results of
data processing, there are four types of critical waste based on the priority of the
RPN value after being processed using a Pareto diagram, namely motion,
overprocessing, waiting and transportation. Improvements that can be applied are
the application of 5S, provision of trolleys to facilitate the application of raw
materials from storage and wet roof tiles from the production area to storage in
large quantities, and checking machines regularly before being used to carry out
the production process. The proposed improvement is expected to help the company
to minimize the waste that occurs.NIM. 17106060046 Fuandika Fadhila Rahman2022-01-24T03:38:12Z2022-01-24T03:38:12Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48854This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/488542022-01-24T03:38:12ZIDENTIFIKASI PEMBOROSAN PADA PROSES PRODUKSI BACK CABINET MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN SIX SIGMA
(Studi Kasus di PT Juahn Indonesia)Persaingan industri menuntut setiap perusahaan untuk melakukan perbaikan secara terus menerus. Salah satu industri manufaktur yang sedang berkembang yaitu PT Juahn Indonesia. PT Juahn Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi barang dari plastik seperti batok helm, casing headset, casing radio, dan botol makeup. Berdasarkan hasil identifikasi pada proses produksi terdapat 5 pemborosan yang terjadi. Pemborosan yang pertama yaitu pemborosan produk cacat, pemborosan ini memiliki nilai DPMO sebesar 191.825,40 dengan level sigma 2,37 sigma. Pemborosan yang kedua yaitu pemborosan penyimpanan, pemborosan ini memiliki nilai DPMO sebesar 758.948,55 dengan level sigma 0,78 sigma. Pemborosan yang ketiga yaitu pemborosan transportasi, pemborosan ini memiliki nilai DPMO sebesar 11.815,33 dengan level sigma 3,76 sigma. Pemborosan yang ke empat yaitu pada pemborosan gerakan berlebih, pemborosan ini memiliki nilai sigma sebesar 153.196,89 dengan level sigma 2,52 sigma. Pemborosan yang terakhir yaitu pemborosan proses berlebih, pada pemborosan ini terdapat nilai DPMO sebesar 36583,88 dengan level sigma 3,29 sigma. Dari nilai sigma yang telah diperoleh kemudian dilakukan analisis menggunakan Diagram Pareto sehingga diketahui terdapat 2 pemborosan yang menyebabkan 80% masalah pemborosan yang ada yaitu pemborosan penyimpanan dan pemborosan produk cacat. Pada pemborosan produk cacat dilakukan pengukuran peta kendali p untuk mengetahui apakah proses pengendalian kualitas terkendali atau tidak. Berdasarkan Peta Kendali P didapatkan 20 titik yang keluar dari batas sehingga diperlukan identifikasi akar masalah dengan fishbone. Berdasarkan Fishbone terdapat 4 faktor yang menyebabkan pemborosan terjadi yaitu faktor mesin, manusia, metode, dan material. Usulan yang dapat diberikan yaitu penerapan budaya kerja 5S.NIM. 17106060043 Ahmad Dimyati2022-01-24T03:33:57Z2022-01-24T03:33:57Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48853This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/488532022-01-24T03:33:57ZANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN
MENGGUNAKAN PENDEKATAN SERVQUAL, IPA DAN TRIZ
(Studi Kasus : TIKI Cabang Klaten)Good service quality enable an industry to survive or even win in the
competition for market share. One way to get good service quality is to measure
service quality attributes. TIKI is one of the goods delivery service industries that
also needs to improve service quality in order to compete with other industries. The
measurable service attributes of goods delivery services can be used as a reference
in order to develop the quality of service. The methods used in measuring the
service attributes are the Servqual (Service Quality) and IPA (Importance
Performance Analysis) methods. The Servqual method is used to see how far the
difference or gap between the services provided by the delivery service and the
expectations or expectations of consumers or users. The IPA method is used to find
out which attributes need to be improved and which need to be maintained. There
are 3 service attributes that are priority improvements because they are still below
the expectations of consumers. These attributes are attribute C3 (employees are
responsive to customer requests), attribute D1 (security of the package when it
reaches the customer is guaranteed from damage), and attribute E1 (employees are
willing to inform delays (delivery / arrival of packages)). These service attributes
need to be developed and problem solving done. The problem solving method used
in this research is the TRIZ method.NIM. 17106060039 Mardiana Nur Safitri2022-01-24T03:24:37Z2022-01-24T03:24:37Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48851This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/488512022-01-24T03:24:37ZANALISIS RISIKO RANTAI PASOK HALAL PRODUK ROTI MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA)Halal label is a major consideration in consuming products for Muslims. Bread products are one of the products that must have a halal label. To ensure that the company produces bread that meets halal standards the company needs to pay attention to the termination of halal and thayyib. Based on observations carried out on PR Satria Sejahtera, shows the risks that affect the halal supply chain such as poorly maintained production facilities, lack of employee personal sanitation, and the absence of production operational standards. This study aims to identify, prioritize, and provide treatment for halal supply chain risks that occur in the company. Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) as one of the most effective risk analysis methods, has been widely adopted in various fields to improve the security and reliability of systems. This method was applied by assessing the criteria for severity, frequency of failure, and ability to detect failure. The Risk Priority Number (RPN) value obtained by multiplying the three criteria is prioritized using a pareto diagram. The results show that there are 32 risks with 15 risks being prioritized. The improvements proposed to be implemented by the company are by conduct regular halal production process training, arranging cleaning and maintenance schedule for facilities and machines, implement halal operational standards, supervise production activities, and redesigning product packaging in accordance with food packaging labeling regulations. This improvement is expected to assist the company in overcoming the risks contained in its supply chain system.NIM. 17106060031 Arda Milena Dwi Rizkika2022-01-24T03:20:15Z2022-01-24T03:20:15Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48850This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/488502022-01-24T03:20:15ZANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN DARAH PADA PALANG MERAH INDONESIA (PMI) KABUPATEN BANTUL MENGGUNAKAN METODE PROBABILISTIKUTD PMI Bantul Regency is the agency responsible for the management of blood supply in Bantul Regency. In 2020 the UTD Bantul Regency experienced a problem, namely not being able to meet the blood demand from the recipient due to the reduced number of donors during the pandemic. During the pandemic period, every day, only 15 to 20 donors came to UTD PMI Bantul, while the average daily demand exceeded the number of donors. Based on these problems, the purpose of this study was to determine the optimal blood supply using the probabilistic continuous review method by finding the optimal number of reorders (q0), reorder point (r) and the amount of safety stock (SS). Based on the results of data processing, the optimal q0 value for blood group A, blood group B, blood group O and blood group AB respectively are 13 bags, 15 bags of blood, 19 bags and 6 bags of blood at each time of ordering. The reorder point for blood type A is at the level of supply of 5 blood bags, 6 bags of blood for type B blood, 11 bags of blood for type O blood and 1 bag of blood for type AB blood. The amount of stock for blood group A is 3 bags of blood, 4 bags of blood for blood group B, 8 bags of blood for type O blood and 1 bag of blood for blood group AB.NIM. 17106060027 Nur Aisah Jamilah2022-01-24T03:12:26Z2022-01-24T03:12:26Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48847This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/488472022-01-24T03:12:26ZPENERAPAN METODE SIX SIGMA UNTUK MENGURANGI CACAT PADA PRODUK SARUNG TANGAN GOLF
(STUDI KASUS: PT XYZ)The development of the industry today requires companies to be able to create good quality products. A good quality product is a product that meets the specifications of the customer. However, if the company cannot produce a product that meets the specifications, then the product is a defective product. Defective products produced can cause losses for the company. Therefore, the number of defective products needs to be reduced in order to minimize losses. PT XYZ is a company engaged in the production of gloves. Based on data on defective products on the Golf X Gloves produced from March to May 2021, there are 33.29% defective products, while the maximum target standard for the company's defective products is 10%. Therefore, improvements are needed to reduce the number of defective products. The method that can be used to reduce the number of defective products is Six Sigma. Based on the implementation of Six Sigma with the DMAIC approach, it can be known the causes of defects in the Golf X Gloves product. Broken Defects (Folding Sewing), Non-Oval Finger Defects (Folding Sewing), Broken Defects (Thumb Cover Sewing), and Non-Oval Finger Defects (Thumb Cover Sewing) occurs because there are two causative factors, the human factor and the method factor. The improvement actions implemented to reduce the number of defects are changing the Fold Sewing process method when positioning the top material with the bottom material, changing the Fold Sewing process method when sewing the oval shape on the fingertips, using tweezers, and making sewing aid patterns. The improvement actions that have been implemented have succeeded in reducing the DPMO from 55,620 to 28,833, as well as increasing the Sigma Level from 3,093 sigma to 3,398 sigma.NIM. 17106060025 Yoga Aldi Pratama2022-01-24T03:09:03Z2022-01-24T03:09:03Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48845This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/488452022-01-24T03:09:03ZANALISIS DAN MITIGASI RISIKO RANTAI PASOK PRODUK MAKANAN BEKU DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DI CV FANIA GROUP KOTAGEDEFrozen food industry requires strict temperature control to maintain its quality of product. This makes frozen food processing a high-risk industry. Based on observations carried out on CV Fania Group, show supply chain risks such as unstable milkfish supply and unsterile production processes. Therefore, corrective action is needed Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) are used to identify and analyze risks based on severity, frequency of occurrence, and level of detection. These three criteria are used to determine the value of the Risk Priority Number (RPN), the higher the value, the more problematic the risk and need to be addressed immediately. The priority risks for this company are unstable milkfish supply with RPN 376,158, delayed supply of milkfish with RPN 263,481, damaged products during storage with RPN 261,888, and unsterilized production process with RPN 240,016. The case studies suggest that the company increases the number of suppliers, evaluates supplier performance, monitors Standard Operating Procedures (SOP), supervise production activities, controls product quality, expands production sites, makes production station plans that pay attention to contamination, plans production quantities, provide refrigerators for retail, and control storage temperatures. This improvement is expected to assist the company in overcoming the risks contained in its supply chain system.NIM. 17106060017 Mahsun Fauzi2022-01-18T02:42:08Z2022-01-18T02:42:08Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48616This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/486162022-01-18T02:42:08ZPENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING ERA PANDEMI COVID-19NIM. 16660027 Haris Rachmataji Pangestu2022-01-18T02:35:27Z2022-01-18T02:35:27Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48614This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/486142022-01-18T02:35:27ZPENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN RANTAI PASOK DENGAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR)Palm Oil Mill PT. Gajah Sakti Sawit (GSS) is a company that produces commodities in the form of Crude Palm Oil (CPO) and Palm Kernel Oil (PKO). In the production of PT. GSS requires raw materials (palm oil) obtained from community plantations. However, supply chain activities at the company experience problems which are marked by differences between production planning and actual production. These differences can be seen from the non-fulfillment of customer demands, slow production times and delays in raw materials entering the company. The aim of this research is to know the results of supply chain performance at PT. GSS and provide suggestions for improvements to attributes with low performance values. These problems can be measured by using the Supply Chain Operation Reference (SCOR) model to determine the level of the company's supply chain performance. The results of the study show the average value of supply chain reliability performance obtained is 99.54%, responsiveness 23 days, agility 73.75%, and asset management efficiency 3 days and the results of the calculation of improvements for reliability performance are 100%, responsiveness 21 days, agility 64.42%, and asset management efficiency 3 days.NIM. 16660002 Eliza Soviana2022-01-17T07:06:20Z2022-01-17T07:06:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48573This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/485732022-01-17T07:06:20ZPERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PRODUKSI DENGAN METODE COMPUTERIZED RELATIVE ALLOCATION OF FACILITIES TEQNIQUE (CRAFT)
DAN METODE COMPUTERIZED RELATIONSHIP LAYOUT PLANNING (CORELAP)Kenyamanan pelanggan dalam suatu warung makan merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan keuntungan yang didapatkan. Macam-macam faktor yang dapat meningkatkan kenyamanan tersebut antara lain: aliran produksi yang baik, meja pelanggan yang luas, kualitas produk terjaga, kebersihan, pemesanan yang cepat dan pegawai yang ramah. Penelitian yang dilakukan saat ini yaitu di warung makan Preksu Yogyakarta cabang warung Boto. Perbaikan yang akan akan dibahas pada penelitian yaitu tentang perbaikan tata letak fasilitas yang berguna untuk meningkatkan efisiensi produksi. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode CRAFT dan CORELAP. Proses perbaikan dengan metode CRAFT adalah dengan mempertukarkan beberapa departemen sampai menghasilkan tata letak yang terbaik. Metode CORELAP merupakan proses perbaikan tata letak dengan mempertimbangkan derajat kedekatan setiap departemen, semakin penting derajat kedekatannya maka akan semakin dekat penempatannya. Simulasi juga dibutuhkan untuk melihat secara detail perubahan perbaikan yang akan dilakukan, kemudian software yang digunakan yaitu FlexSim 2019. Hasil yang didapatkan dari penelitian yaitu nilai total OMH Layout awal sebesar 14.400.000, CRAFT pertukaran 2 departemen sebesar 13.222.404, CRAFT pertukaran departemen 13.328.207 dan CORELAP sebesar 12.018. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa yang mempunyai usulan terbaik yaitu dengan nilai total OMH terkecil dan yang mempunyai total OMH terkecil yaitu layout usulan dengan metode CORELAP dengan total OMH sebesar 12.018.922 yang memiliki presentase 17% lebih baik dari layout awal.NIM : 14660008 Ridha Ali Zamzuri2021-11-24T04:16:41Z2021-11-24T04:16:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47138This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/471382021-11-24T04:16:41ZANALISIS UPAYA PENGURANGAN IMPOR JERUK NASIONAL MELALUI PENINGKATAN DAYA SAING KOMODITAS JERUK LOKAL DENGAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIS (STUDI KASUS : DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)The average contribution of citrus fruit production in the Special Region of Yogyakarta to the fulfillment of the consumption of the citrus fruit processing industry in the Special Region of Yogyakarta is 14.43% so that to be able to meet the overall consumption needs of the citrus fruit processing industry, an increase of 85.86% is needed. This study will analyze how to fulfil the needs of citrus fruit consumers in the Special Region of Yogyakarta, which is then simulated with a System Dynamics approach to producing several alternative policies as an effort to increase the competitiveness of local citrus fruits against imported citrus fruit products through increasing local citrus fruit production. Based on the simulation results, the growth rate of supply of citrus fruits from East Java and imports of citrus fruits continue to grow due to the increasing number of consumptions. But on the other hand, the amount of citrus fruit production in the Special Region of Yogyakarta continues to decline. If this is not immediately found the root of the problem and how to solve the problem, then in the next few years, there will be an increase in the number of imports of citrus fruits and the supply of citrus fruits from East Java in bulk. The selection of the best scenario his based on the priority standards of the government of the Special Region of Yogyakarta (The Department of Agriculture and Food Security of the Special Region of Yogyakarta) base on budget availability.NIM : 17106060009 Rofik Awaludin2021-11-24T04:13:09Z2021-11-24T04:13:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47137This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/471372021-11-24T04:13:09ZANALISIS KINERJA GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DENGAN PENDEKATAN METODE GREEN SCOR (GSCOR)
(STUDI KASUS : UKM BATIK GIRILOYO)Dengan adanya tingkat kesadaran masyarakat terhadap produk yang ramah lingkungan mengharuskan perusahaan menerapkan konsep lingkungan. Di UKM Batik Giriloyo permasalahan terjadi pada proses produksi, dalam prosesnya menggunakan pewarna alami dan sintetis malam bekas pakai serta pemborosan air. Hal ini terjadi dikarenakan UKM Batik Giriloyo belum menerapkan konsep hijau dalam proses bisnisnya dan belum pernah dilakukan penilaian kinerja, namun UKM Batik Giriloyo termasuk dalam kategori kinerja hijau yang baik. Menganalisis nilai kinerja MRPH di UKM Batik Giriloyo dan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan nilai kinerja. Dalam pengukuran kinerja MRPH dapat menggunakan metode GSCOR dan AHP. Metode GSCOR digunakan untuk memperoleh informasi rantai pasok serta meningkatkan daya saing dengan mempertimbangkan faktor lingkungan. Dari hasil penelitian terdapat 21 KPI yang diterapkan di UKM Batik Giriloyo. Setelah dilakukan scoring dan pembobotan didapatkan nilai kinerja sebesar 71,45 yang artinya nilai kinerja rantai pasok termasuk dalam kondisi baik. Terdapat 13 KPI yang termasuk dalam kondisi yang tidak memuaskan dan marginal. Usulan perbaikan dalam meminimalisir penggunaan energi pekerja harus disiplin dalam penggunaan listrik serta air saat proses produksi, mengganti bahan kimia dengan bahan alami, melakukan pengecekan barang, menentukan batas maksimal permintaan, meminimalisir penggunaan kain sesuai kebutuhan, serta menggunakan kembali malam.NIM. 17106060011 Aminatun Rizqi Laila Sari2021-11-24T04:08:42Z2021-11-24T04:08:42Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47136This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/471362021-11-24T04:08:42ZANALISIS KUALITAS PELAYANAN PDAM TIRTA ANOM BERDASARKAN KEPUASAN PELANGGANThe increasing population of Indonesia causes the need for clean water to increase. Clean water is a primary human need that its availability is very important. PDAM Tirta Anom is a clean water supply company that supplies the Banjar Patroman City area. Since it was established in 2004, the service quality of PDAM Tirta Anom is still being complained by customers so that it becomes a spotlight to be improved. The research was conducted to determine how much the level of customer satisfaction with services provided by PDAM Tirta Anom thoroughly, identify and provide ideal solutions for service attributes that are priority improvements. The research uses the Customer Satisfaction Index and Importance Performance Analysis methods to identify the level of customer satisfaction and determine service attributes that are priority improvements, and the TRIZ method is also used to recommend the improvements. The results showed that the percentage of CSI value was 81.20% which indicated that the service quality of PDAM Tirta Anom is good. The service attributes that require to be improved are; customers get service information easily (A15), the company supplies clean water with good quality (A17), the company handles customer complaints swiftly (A06), and the company supplies clean water evenly and stably (A18). The recommendations of ideal solutions are based on inventive principles number 10 (preliminary action) and 15 (dynamics).NIM. 17106060013 Dosep Guritno2021-11-24T04:04:57Z2021-11-24T04:04:57Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47135This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/471352021-11-24T04:04:57ZOPTIMASI RUTE DISTRIBUSI SARI ROTI MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX DAN NEAREST NEIGHBOR
(Studi Kasus: CV. Twin Setia)CV. Twin Setia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian roti dengan merek dagang sari roti, dimana roti tersebut didatangkan langsung dari tempat produksi yaitu PT. Nippon Indosari Corpindo yang berlokasi di Semarang. Pendistribusian produk sari roti yang dilakukan oleh sales dalam menentukan rute pendistribusian hanya mengandalkan intuisi/keputusan subyektifnya saja, karena dari perusahaan sendiri belum memiliki rute distribusi yang ditetapkan. Kegiatan penentuan rute yang hanya mengandalkan intuisi, tentu saja tidak menjamin bahwa kegiatan distribusi berjalan dengan lancar sedangkan penyebaran pendistribusian yang dilakukan tidak dalam satu wilayah yang berdekatan. Maka untuk mengatasi permasalahan yang terdapat pada CV. Twin Setia, dilakukan penelitian tentang VRP ( Vehicle Routing Problem), dimana penelitian ini digunakan pendekatan CVRP yaitu penentuan rute berdasarkan kapasitas kendaraan dengan penyelesaian permasalahannya menggunakan metode heuristik. Metode yang digunakan adalah metode saving matrix dan metode nearest neighbor yang digunakan untuk menentukan rute pendistribusian dan meminimalkan jarak tempuh kendaraan. Berdasarkan hasil pengolahan dengan kedua metode diperoleh 3 rute pendistribusian dengan total jarak untuk metode saving matrix sebesar 294,4 Km dan metode nearest neighbor dengan total jarak sebesar 154,6 Km. Metode yang diusulkan untuk perusahaan yaitu metode nearest neighbor dengan penghematan jarak sebesar 54% dari rute awal.NIM. 17106060016 Suci Murniati2021-11-24T04:00:12Z2021-11-24T04:00:12Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47134This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/471342021-11-24T04:00:12ZPENANGANAN RISIKO RANTAI PASOK HALAL PADA PRODUK MAKANAN BEKU
(Studi Kasus: Fania Food)The existence of halal product in Indonesia includes halal and thayibban simultaneously whose guarantees have been regulated by sharia and normative way. However, it still has fairly high level of risk. Frozen food is a form of high-risk halal product requires special treatment by maintaining a stable temperature from the preparation of raw materials, production process, and distribution to retail and consumers so as to the concept of halal supply chain management is a way to maintain halal status. A producers of halal frozen food with fish as raw material is Fania Food, with their main product is milkfish brains and located in Kotagede Yogyakarta. This research aimed to identify and propose preventive actions against risks possibly affects the halalness used House of Risk method. The results showed that risk identification was found to 28 risk events and 17 sources of risk with 8 priority risk sources has been selected to mitigate. From these risk sources, 7 proposed preventive measures could prevent or reduce the risk of consistency in halal supply chain at Fania Food.NIM. 17106060036 Bunhamah Robiatul Adawiyyah2021-11-24T03:55:57Z2021-11-24T03:55:57Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47133This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/471332021-11-24T03:55:57ZPENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD
SEBAGAI TOLOK UKUR KINERJA
PADA JASA PELAYANAN KESEHATAN
RSUD BEKASI SELATANIn the current era of globalization where companies, both industries engaged in services or manufacturing, are experiencing very rapid development, this creates increasingly competitive competition between companies. The hospital is one of the companies that provide output in the form of health services. There are so many people involved in this service, both medical and non-medical officers. One of the most important things in hospital services is customer satisfaction, because consumers can clearly feel the good or bad of the services received from the hospital when using their services.
In an effort to improve the performance of the hospital to match the vision and mission that was created, a system is needed to describe the condition of the hospital’s performance. Balanced scorecard is a method for measuring performance using 4 perspectives, namely financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and learning and growth perspective.
The data collection process uses 2 types of data, namely primary data and secondary data. In primary data using simple random sampling technique with a population of questionnaires are all customers who have been inpatients at the South Bekasi Hospital with a sample of 120 respondents. And filling out the AHP questionnaire data was carried out by the South Bekasi City Hospital. As for secondary data, it uses data from the hospital’s HR management and performance reports in 2019 and 2018.
In the process of measuring financial performance using hospital revenue achievement data, from the customer perspective using satisfaction measurements with service quality method, in the internal business perspective using the standards applied by the Indonesian Ministry of Health and for growth and learning perspectives using employee retention rates and employee training.NIM. 17106060040 Muhammad Akbar Sayyidullail2021-11-19T06:54:14Z2021-11-19T06:54:14Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47037This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/470372021-11-19T06:54:14ZANALISIS PENYEBAB TERJADINYA OIL LOSSES PADA PROSES PRODUKSI CRUDE PALM OIL (CPO) MENGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA)
(Studi Kasus di PT. BINAKARYA ERAMANDIRI PALEMBANG)Pertumbuhan produksi kelapa sawit di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun di mana pada tahun 2019 mencapai 3,61%. Hal ini dibuktikan dengan hasil produksi minyak kelapa sawit di Indonesia pada tahun 2019 mampu mencapai 43 juta metrik ton. Crude Palm Oil (CPO) merupakan produk dari olahan daging buah kelapa sawit melalui proses perebusan Tandan Buah Segar (TBS), perontokan, pengepresan dan klarifikasi. Kehilangan jumlah minyak yang dihasilkan atau dikenal Oil losses menjadi fokus perhatian PT. Binakarya Eramandiri Palembang terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyebab tingginya kadar oil losses dan memberikan usulan perbaikan pada proses produksi CPO PT. Binakarya Eramandiri Palembang dengan metode FMEA. Hasil penelitian menunjukan Oil losses CPO pada stasiun press di PT. Binakarya Eramamandiri Palembang disebabkan karena kontrol terhadap metode kerja yang diterapkan kurang sesuai dengan standar yang ada, faktor lain yang menjadi penyebab adalah faktor mesin, bahan baku, lingkungan kerja serta kondisi SDM. Prioritas perbaikan dilakukan pada RPN tertinggi yaitu pada mesin screw press, terutama pada metode kerja yang harus lebih diperhatikan serta kondisi mesin yang harus selalu dirawat dan diperiksa secara berkala dengan rekomendasi perbaikan berupa; perhatian lebih baik terkait pengawasan terhadap metode kerja yang dilakukan, perbaikan terhadap kinerja dari manusia dalam proses pengolahan bahan baku, melakukan beberapa perbaikan terhadap mesin agar bekerja optimal, pemeliharaan secara berkala, serta meningkatkan standar inspeksi untuk menjaga stabilitas dari variasi proses produksi.NIM : 17106060006 Febrian Nur Imansyah2021-11-19T06:49:09Z2021-11-19T06:49:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47036This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/470362021-11-19T06:49:09ZPENERAPAN SIX SIGMA PADA DIVISI SEWING GUNA MEMINIMASI KEGAGALAN PROSES PRODUKSI
(Studi Kasus: Garmen Sedulur Telu)Sedulur Telu merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri garmen. Objek yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil proses pada divisi sewing berupa pakaian jadi yaitu kaos dan jaket yang mana masih banyaknya kegagalan proses pada saat produksi. Berdasarkan penelitian saat pengambilan data pada 05 April 2021 terjadi kegagalan proses produksi di divisi sewing sebanyak 81 produk dari 1742 produk sampel yang diperiksa atau sebesar 4,65% sedangkan standar kegagalan proses yang ditentukan pada divisi sewing adalah 3%. Permasalahan tersebut dipengaruhi oleh 11 jenis kegagalan proses pada produk sehingga akibat dari kegagalan proses tersebut operator harus melakukan pengerjaan ulang produk tersebut. Penelitian ini menerapkan metode Six Sigma dengan tujuan dapat membantu mengendalikan kualitas dan meminimasi kegagalan proses produksi sehingga berupaya mencapai 3,4 DPMO. Dari pengolahan data pada 05 April – 30 April 2021 dan 11 Juni – 08 Juli 2021 diketahui nilai DPMO mengalami penurunan dari 4834 menjadi 2471 dan peningkatan nilai sigma dari 4,0875σ menjadi 4,3108σ. Peningkatan nilai sigma dilakukan dengan melakukan perbaikan terhadap permasalahan yang dianalisis berdasarkan pada Manusia, Mesin, Metode, dan Lingkungan.NIM. 17106060003 Imamul Khair2021-11-19T06:44:28Z2021-11-19T06:44:28Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47035This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/470352021-11-19T06:44:28ZANALISIS BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL DENGAN METODE CVL DAN NASA-TLX PADA KARYAWAN PRODUKSI
(Studi Kasus: V’Nice Bakery Cilegon)Salah satu elemen dalam aktivitas produksi adalah terlibatnya sejumlah beban kerja yang diterima oleh karyawan, baik itu beban kerja fisik maupun beban kerja mental. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur dan mengidentifikasi beban kerja yang dialami oleh karyawan produksi di V’Nice Bakery Cilegon, serta memberikan masukan terkait permasalahan dasar (Basic event) dari penyebab kelelahan itu terjadi. Dalam analisis beban kerja fisik dengan metode CVL, didapatkan tiga kategori tertinggi beban kerja fisik menurut %CVL, yaitu kategori “Diperlukan tindakan segera” diterima oleh 2 orang karyawan, “Kerja dalam waktu singkat” diterima oleh 6 orang, dan “Diperlukan perbaikan” diterima oleh 13 orang. Sedangkan pada analisis beban kerja mental dengan metode NASA-TLX, didapatkan dua kategori tertinggi beban kerja mental berdasarkan skor NASA-TLX yaitu kategori “Tinggi” sebanyak 9 orang dan “Sangat Tinggi” sebanyak 12 orang. Rekomendasi perbaikan berupa FTA sehingga didapatkan masalah-masalah dasar penyebab kelelahan kerja. Rekomendasi perbaikan diberikan kepada kedua pihak yaitu karyawan produksi itu sendiri dan pihak stakeholder seperti manajemen dan pengurus.
Kata kunci: beban kerja fisik, beban kerja mental, CVL, NASA-TLX, kelelahan kerja, fatigue
One of the elements in production activities is the involvement of a number of workloads received by employees, both physical and mental workloads. The purpose of this study was to measure and identify the workload experienced by production employees at V'Nice Bakery Cilegon, as well as to provide input
xv
related to Basic problems (Basic events) from the causes of fatigue that occurred. In the analysis of physical workload using the CVL method, there were three highest categories of physical workload according to %CVL, namely the category "Required immediate action" received by 2 employees, "Work in a short time" received by 6 people, and "Needed improvement" received by 13 people. Meanwhile, in the analysis of mental workload using the NASA-TLX method, the two highest categories of mental workload based on the NASA-TLX score were "High" for 9 people and "Very High" for 12 people. Recommendations for improvement in the form of FTA so that Basic problems that cause work fatigue can be found. Recommendations for improvement are given to both parties; employees themselves and stakeholders such as management.NIM. 17106060001 Ariani Yuniarti2021-11-17T04:23:17Z2021-11-17T04:25:34Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46862This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/468622021-11-17T04:23:17ZOPTIMASI KEUNTUNGAN PENJUALAN LANTING
DI INDUSTRI RUMAHAN MEKARSARI DENGAN METODE LINEAR PROGRAMMINGThe industrial development of this era is growing very rapidly. Competition occurs everywhere, for that industry players are required to think creatively and maintain financial management. Coupled with the Corona virus pandemic, sales have become increasingly erratic. So there needs to be a careful calculation of sales and the most appropriate raw materials. This research entitled "Optimizing Lanting Sales Profits in Mekarsari Home Industry with Linear Programming Method" has a problem formulation of how industry players are able to choose the right product with existing constraints. The purpose of this research is to find the maximum profit from lanting sales in the Mekarsari industry. This study uses the Linear programming method where the method is able to overcome the background of the existing problems. This method is also simple and easy to use. To simplify the calculation the author uses the LINGO.19 application. Based on the data analysis, it was concluded that to optimize the product combination lanting products obtained from the calculation of the Linear Programming model, the total production of lanting balado was 53 units, roasted corn lanting was 83.44 units, onion lanting was 41 units, and red and white lanting was as many as 76 units, the optimal profit that can be obtained from the combination of these products is IDR 2,539,139.00. An increase of 33.12% compared to the real condition which was Rp. 1,907,400.00NIM : 14660018 Ebid Nizar Rahmawan2021-11-17T04:11:25Z2021-11-17T04:11:25Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46860This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/468602021-11-17T04:11:25ZPENENTUAN RUTE DISTRIBUSI AIR MINERAL DENGAN METODE
SAVING MATRIX DAN NEAREST NEIGHBOR
(Studi Kasus Pada PT XYZ Yogyakarta)PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pendistribusian produk. Salah satu
produk yang distribusikannya adalah air mineral kemasan galon dan kemasan karton. Dalam
pendistribusiannya PT XYZ menerima order dari pelanggan maksimal H-1 sebelum hari pengiriman
dan masih belum terdapat pemetaan jalur distribusi kepada pelanggannya. Permasalahan tersebut
membuat driver masih menentukan rute secara manual sehingga proses distribusi kurang efektif.
Oleh karena itu, penentuan metode pemilihan rute yang tepat diperlukan untuk mengoptimalkan
jarak distribusi air mineral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan dengan hasil
rute pendistribusian perusahaan dan rute penelitian terdahulu guna menambahkan opsi untuk
pemilihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan CVRP dimana penentuan rute dilakukan dengan
batasan kapasitas kendaraan. Penyelesaian masalah CVRP menggunakan metode heuristik yaitu
Saving Matrix dan Nearest Neighbor. Saving Matrix digunakan sebagai metode awalan pembagian
rute/cluster, sedangkan Nearest Neighbor digunakan sebagai metode penentuan jalur rute tiap
cluster. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh total jarak mengunakan metode Saving Matrix dan
Nearest Neighbor adalah 563,5 km atau 25,46% (192,44 km) lebih baik dari rute perusahaan (755,94
km), sedangkan pemilihan rute optimal yang disarankan adalah metode Saving Matrix dan Nearest
Neighbor untuk distribusi galon dengan total jarak 234,6 km dan metode Nearest Neighbor dan
MILP untuk distribusi Karton dengan jarak 320,55 km dengan total jarak keduanya adalah 555,15
km.NIM. 14660006 Ali Mursid2021-10-20T10:13:11Z2023-02-09T03:56:17Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45713This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/457132021-10-20T10:13:11ZPENERAPAN GREY THEORY DALAM FAILURE MODE AND EFFECT
ANALYSIS (FMEA) PADA PROSES PRODUKSI AIR MINUM DALAM
KEMASANPada era seperti sekarang industri dituntun untuk menghasilkan produk yang
berkualitas agar dapat bersaing. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk
melakukan pencegahan terhadap kecacatan produk yang terjadi pada proses produksi
adalah metode Failure Mode and Efect Analysis (FMEA). Dalam penerapannya FMEA
tradisonal banyak mendapatkan kritik karena memperoleh nilai RPN yang sama
meskipun memiliki risiko yang berbeda, sehingga dalam penelitian ini akan dilakukan
penerapan Grey Theory pada Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) yaitu dengan
melakukan integrasi metode FMEA tradisional dan Grey Theory dengan menggunakan
metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) untuk melakukan pembobotan.
Penerapan Grey Theory dalam Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk
melakukan penentuan prioritas permasalahan dan diagram sebab akibat dan 5W+1H
untuk menentukan usulan perbaikan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara
dengan responden yang telah ditentukan dapat diketahui bahwa untuk proses produksi
air minum dalam kemasan cup 240 ml terdapat 17 potensi kegagalan dan untuk proses
produksi air minum dalam kemasan botol 600 ml terdapat 16 potensi kegagalan.
Setelah dilakukan perhitungan nilai RPN dengan melakukan penerapan Grey Theory
dalam Failure Mode and Effect Analyis (FMEA) diperoleh masing-masing 5 potensi
kegagalan untuk produk cup 240 ml dan botol 600 ml yang memiliki nilai kritis dan
menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan untuk kemasan cup 240 ml adalah air
kurang, double, reject cup supplier, pecah cup dan lid bocor dengan nilai GRPN
0,451878; 0,478766; 0,580463; 0,580703; dan 0,581844. Untuk kemasan botol 600 ml
yaitu air kurang, pecah body, bocor, botol pecah, dan penyok dengan nilai GRPN
0,456263; 0,468022; 0,557641; 0,581844; dan 0,601829. Berdasarkan hasil penelitian
usulan perbaikan yang diberikan untuk mengatasi masalah kegagalan tersebut adalah
melakukan penjadwalan pengadaan barang dengan lebih baik, memeperketat
pengawasan, memilih karyawan yang terbaik untuk operator, mengkondisikan
ruangan produksi, menegur supplier yang tidak memanuhi spesifikasi, dan
memberikan sanksi terhadap karyawan yang lalai.NIM. 17106060028 Irine Indriana Wati2021-10-20T09:42:33Z2021-10-20T09:42:33Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45711This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/457112021-10-20T09:42:33ZUSULAN STRATEGI PENINGKATAN OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVINESS MENGGUNAKAN FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS (FMEA) DAN FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (FAHP) PADA DIVISI KACANG ATOM
(STUDI KASUS: PT DEX)Based on field observations there is a critical of machine from the packing process of large packaging of atomic beans PT DEX which often experiences losses. It is necessary to analyze the effectiveness using the measurement of Overall Equipment Effectiveness (OEE) as a method of measuring the application of the Total Productive Maintenance (TPM) system. This study aims to obtain a proposed strategy to increase OEE using the Failure Mode Effect and Analytic (FMEA) and Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) methods. Based on data processing from 1 May - 6 October 2020, the average OEE level was 51.2%. The low level of OEE was caused by the most dominant losses, namely minor stop indling with an average of 46.72%. Losses which are most dominant in the analysis using fishbone diagrams and FMEA, so that 4 alternative strategies are selected, namely: increasing machine maintenance regularly, optimizing production planning and control, manajemen coordination and communication at the production site properly, manajemen commitment to quality. The four alternatives are the main ingredients in determining the strategy for increasing OEE using FAHP. The increase in planning optimization and production control with a weight of 26,8% was chosen as the main priority in the strategy of increasing OEE using FMEA and FAHP.NIM : 16660043 IMAM SYA’RONI2021-10-09T16:56:19Z2021-10-09T16:56:19Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45187This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/451872021-10-09T16:56:19ZANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PRODUKSI BENANG REGULER DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN GREY FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS
(Studi Kasus : PT. ABC)Menjaga kualitas produk sangat penting untuk pembangunan berkelanjutan perusahaan, karena agar konsumen merasa puas. Salah satu metode yang dapat mengatasi cacat produk pada proses produksi adalah metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Memastikan prioritas perbaikan pada FMEA tradisional adalah bersumber pada nilai RPN, masih menuai banyak kritik serta kelemahan seperti menggunakan FMEA mendapatkan hasil RPN yang sama, tetapi gambaran risiko yang berbeda, maka dalam penelitian ini digunakan metode Grey Failure Mode and Effect Analysis (GFMEA), metode ini adalah metode integrasi FMEA tradisional dan grey theory melalui bantuan metode Fuzzy Analytical Hierarchy process (FAHP) untuk memperkuat metode FMEA dan meningkatkan akurasi dalam perhitungan Risk Priority Number (RPN), karena pada GFMEA mempertimbangkan bobot untuk faktor kegagalan. Pada penelitian ini digunakan Fault Tree Analysis (FTA) untuk mengetahui penyebab kegagalan, fuzzy AHP (FAHP) untuk menentukan bobot, integrasi FMEA dan grey theory untuk menentukan prioritas kegagalan dan diagram sebab-akibat serta five m-checklist untuk usulan perbaikan. Setelah melakukan observasi dan wawancara dengan kepala seksi produksi, pada proses produksi benang reguler di PT. ABC didapatkan 50 potensi kegagalan dan setelah dilakukan perhitungan nilai RPN dengan menggunakan GFMEA didapatkan 10 potensi kegagalan yang memiliki nilai kritis dan perlu diprioritaskan yaitu sliver tebal tipis drawing, uster menyimpang drawing, ne menyimpang drawing, gembos speed, neps carding, gembos ring, kotor winding, tebal tipis ring, web lubang-lubang carding, dan sliver pecah carding dengan nilai GRPN sebesar 0,404084; 0,406152; 0,408895; 0,417443; 0,426736; 0,431085; 0,439939; 0,441411; 0,450704; 0,469499. Maka usulan perbaikan yang disarankan dari hasil penelitian untuk meminimalisasi terjadinya kegagalan proses tersebut adalah perusahaan harus melakukan quality control dengan lebih ketat dan teliti, perusahaan harus memilih karyawan yang baik untuk bagian operator serta quality control, departemen maintenance lebih meningkatkan lagi dalam hal perawatan dan perbaikan sparepart sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh departemen, melakukan pembersihan mesin yang rutin, memberikan sanksi tegas kepada operator yang meninggalkan bagian masing-masingNIM. 17106060034 Muhammad Zulfikar2021-10-09T16:47:09Z2021-10-09T16:47:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45186This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/451862021-10-09T16:47:09ZIMPLEMENTASI BAYESIAN NETWORK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNAAN LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN PADA MASA PANDEMI COVID-19Pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini masyarakat melakukan aktivitasnya dari rumah saja, dikarenakan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar & Work From Home. Akibatnya penggunaan internet di Indonesia terus meningkat pesat, salah satunya dikarenakan masyarakat memilih menggunakan layanan pesan antar makanan melalui aplikasi dari pada langsung beli di toko. Layanan pesan antar makanan merupakan proses pemesanan makanan melalui aplikasi yang bisa dilakukan dari mana saja, dapat memesan makanan apa saja yang kita sukai dan akan dikirimkan ke alamat kita sesuai dengan waktu yang ditampilkan oleh aplikasi. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam menggunakan layanan pesan antar makanan diantaranya adalah efisiensi, ketersedian sistem, privasi, kesesuaian dengan pesanan, layanan yang dirasakan, niat loyalitas, orientasi menghemat uang, dan orientasi menghemat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model terbaik dari kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan pesan antar makanan. Model terbaik kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan pesan antar makanan adalah model 3 yang menghasilkan probabilitas kejadian sebesar 82,7%, dan diperoleh nilai error sebesar 0,3%. Dari hasil analisis sensitivitas diperoleh nilai mutual information tertinggi yaitu pada faktor kesesuaian dengan pesanan yakni sebesar 0,11133, dapat diartikan bahwa faktor kesesuaian dengan pesanan merupakan faktor paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen selama menggunakan layanan pesan antar makanan pada masa pandemic COVID-19.NIM. 16660029 Rendi Kurniawan2021-10-09T16:40:44Z2021-10-09T16:40:44Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45185This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/451852021-10-09T16:40:44ZANALISIS KEPUASAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN ZONE OF TOLERANCE DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAKepuasan konsumen dapat dicapai dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik. Oleh karena itu, perusahaan jasa harus berfokus pada kepuasan konsumen. Untuk dapat mengetahui pelayanan yang diinginkan , dibutuhkan, dan diharapkan oleh konsumen maka perlu dilakukan penelitian konsumen. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi perbedaan persepsi mengenai apa yang diberikan perusahaan kepada konsumen dengan apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Berdasarkan permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dan menentukan atribut kualitas pelayanan jasa serta menganalisis kualitas pelayanan yang diberikan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dengan pendekatan Service Quality dan pemetaan Zone Of Tolerance. Pada penelitian ini pendekatan Servqual dilakukan agar dapat mengetahui dan mengidentifikasi tingkat kualitas pelayanan pada bagian rawat inap RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini, diketahui sebagian besar pasien merasa kurang puas, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil service quality (servqual) dengan gap bernilai negatif. Berdasarkan perhitungan menggunakan zone of tolerance diketahui bahwa posisi layanan sekarang menunjukkan bahwa ada beberapa atribut pelayanan jasa masih dibawah nilai MSA. Nilai ini berarti bahwa pasien merasa tidak puas terhadap atribut tersebut tetapi ada sebagian atribut yang masih bisa dipertimbangkan. dengan kata lain pasien merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan saat ini namun mereka masih dapat menerima pelayanan yang diberikan saat ini. Walaupun semua kriteria berada pada ZOT atau masih dapat ditoleransi oleh pasienNIM. 16660001 Arsylia Candra Anjaningrum2021-10-08T02:55:47Z2021-10-08T02:55:47Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45127This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/451272021-10-08T02:55:47ZANALISIS CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) MENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING (MILP) DAN ALGORITMA SWEEP
(Studi Kasus pada Perum Bulog Divre D.I.Yogyakarta)Bulog merupakan perusahaan milik negara yang bergerak dalam bidang logistik pangan. Salah satu program Bulog adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Dalam pendistribusian BPNT khususnya beras penentuan rute kendaraan masih dilakukan secara manual yang menyebabkan kurang efektifnya proses distribusi serta sering terjadinya kelebihan kapasitas angkut kendaraan. Oleh karena itu pemilihan metode penentuan rute secara tepat harus dilakukan oleh Bulog untuk meminimasi biaya distribusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil rute pendistribusian yang diperoleh dengan rute perusahaan dan rute dari penelitan terdahulu guna menambahkan opsi untuk perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan CVRP dimana penentuan rute dilakukan dengan adanya batasan kapasitas kendaraan. Penyelesaian permasalahan CVRP menggunakan metode eksak yaitu Mixed Integer Linear Programming (MILP) dan juga metode heuristik yaitu algoritma sweep. MILP digunakan sebagai metode penyelesaian langsung dan juga sebagai metode lanjutan penentuan rute berdasarkan pembagian grup algoritma sweep. Berdasarkan penelitian diperoleh total jarak menggunakan metode MILP adalah 88,95 km atau 32,51% lebih baik dari rute perusahaan (131,8 km) dan 19,17% lebih baik dari rute penelitan terdahulu (110,05 km) sedangkan total jarak tempuh menggunakan metode algoritma sweep-MILP adalah 101,2 km atau 23,22% lebih baik dari rute perusahaan (131,8 km) dan 8,04% lebih baik dari rute penelitian terdahulu (110,05 km). Sedangkan.NIM. 14660035 Muh. Hasyim Asy’ari2021-09-07T07:00:47Z2021-09-07T07:00:47Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43950This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/439502021-09-07T07:00:47ZANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE CONTINUOUS REVIEW SYSTEM DAN PERIODIC REVIEW SYSTEM
(Studi Kasus: CV. OMAH KREASI YOGYAKARTA)Peranan yang menunjang terjadinya produksi yang efektif dan efisien adalah perencanaan produksi dan pengendalian bahan baku. Pengendaliaan persediaan bahan baku harus dilakukan secara tepat dan optimal untuk menjaga kestabilan dalam proses produksi barang. CV. Omah Kreasi merupakan perusahaan souvenir pernikahan dengan produksinya menggunakan sistem make to order. Perusahaan yang menggunakan sistem make to order sering kali mengalami permasalahan probabilistik diantaranya permintaan konsumen yang tidak menentu sehingga mengakibatkan perusahaan mengalami kekurangan bahan baku, pemasok bahan baku mengalami ketidaktepatan waktu pengiriman dan belum adanya sistem pengelolaan manajemen bahan baku. Tujuan dari penelitian adalah membandingkan biaya persediaan bahan baku antara perusahaan dengan metode continuous review system dan periodic review system dan menentukan biaya persedian terkecil sehingga didapatkan waktu dan jumlah pemesanan yang tepat. Continuous review system dan periodic review system adalah metode pemecahan masalah terkait pengendalian persediaan probabilistik, dimana prinsip kedua ini adalah adanya cadangan pengamanan, ukuran lot pemesanan dan nilai pemesanan kembali. Total biaya persediaan bahan baku berdasarkan kebijakan perusahaan adalah sebesar Rp 294.015.197 dengan rincian sintetis prada botega sebesar Rp 230.935.829, resleting sebesar Rp 29.966.966, kepala resleting sebesar Rp 14.999.983 dan benang sebesar Rp 18.082.420. Hasil perhiungan menunjukan bahwa metode pengendalian persediaan terkecil untuk bahan baku di CV. Omah Kreasi adalah menggunakan metode continuous review system.NIM.: 14660030 Munir Azhari2021-09-03T14:58:21Z2021-09-03T14:58:21Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43789This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/437892021-09-03T14:58:21ZPENENTUAN PARAMETER KOKOH MESIN HIGH PRESSURE DIE
CASTING PADA PRODUKSI DOWNLIGHT NN511
DENGAN PENDEKATAN TAGUCHISebuah perusahaan dituntut memiliki produktivitas yang optimal terhadap kapasitas dan
kualitas produk yang dihasilkan. Sehingga produk yang didistribusikan dapat memenuhi
kebutuhan konsumen. Salah satu perusahaan manufaktur yang berkembang untuk
memberikan pelayanan terbaik untuk konsumennya adalah Unit Pelaksana Teknis
(UPT) Logam yang berlokasi di Yogyakarta. Seperti halnya perusahaan
manufaktur, kegiatan produksi pada UPT Logam Yogyakarta tidak terlepas dari
adanya pemborosan di dalam proses produksinya. Pemborosan yang memiliki nilai
paling buruk di UPT Logam adalah defect. Menurut data cacat produksi pada bulan
Desember-Februari cacat pada produksi downlight NN511 paling banyak terjadi
pada proses casting yaitu uncut, warming up, coldshuts, bube, rib mengkerut, dan
crack. Cacat yang terjadi pada proses casting sendiri adalah cacat yang disebabkan
karena adanya kalibrasi parameter yang tidak sesuai dengan material yang ada.
Pada penelitian ini diketahui faktor-faktor pengaturan mesin High Pressure Die
Casting (HPDC) yang mempengaruhi parameter, diantaraya adalah suhu material,
jarak antar fase, kecepatn piston fase kedua, kecepatan piston fase ketiga, dan
tekanan piston.
Penelitian ini menggunakan Metode Taguchi untuk mengetahui parameter yang
robust terhadap perubahan yang terjadi. Sehingga dengan ditemukannya parameter
yang kokoh terhadap perubahan dapat meminimalisir terjadinya cacat ketika proses
awal produksi, ketika penambahan scrap ataupun ketika adanya pergantian material
baru.
Untuk mengetahui apakah penelitian yang dilakukan memberikan dampak, maka
dilakukan simulasi komputer menggunakan software ProCast untuk mengetahu
tingkat kerapatan volume produk. Berdasarkan Analisa yang dilakukan, didapatkan
bahwa faktor parameter yang menghasilkan kalibrsi paling kokoh adalah ketika
menggunakan setting parameter suhu material 660oC, tekanan 10 MPa, jarak antar
fase 40 mm, kecepatan piston fase dua 0,237 m/s, dan kecepatan piston fase tiga
1,415 m/s.NIM. 17106060019 Roeikhan Kusumayudha2021-09-03T14:51:24Z2022-10-14T01:44:39Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43788This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/437882021-09-03T14:51:24ZANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN
METODE SIX SIGMA
(Studi Kasus: Perusahaan Minibus)Quality is the key to success for an industry to be able to compete and dominate
the market. PT. XYZ is a manufacturing companny in carroserie that produces
bus, minibus and box. After conducting observations and interviews with the
company that there are still many defective products found in the process of
painting minibus. One method that can overcome product defects is Six Sigma. In
this research, the Six Sigma with Define, Maesure, Analyze and Improve. The
result show company’s defect rate for process of painting minibus is 208,382
DPMO or the company sigma value level of 2.31 sigma. In this study also used
Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) which is used to determine the value of
Risk Priority Number (RPN) on each potential cause of failure. After observations
and interviews were obtained 35 potential causes of failure in the process of
painting minibus. The potential cause of failure with the highest RPN value is that
the spray booth filter has not been replaced with an RPN value of 170.43 which
causes a type of “cat bintik” defect. So the proposed improvements that can be
suggested from the results of the research to reduce the number of defects in the
minibus painting process is to provide training to operators how to mask the
correct way and increase supervision during the production process, provide
adequate ventilation so that the operator can concentrate properly, perform
periodic replacement of spray booth filters and operators ensure the feasibility of
spray booths before starting the painting process, provide and ensure the wipes
used in a clean state.NIM.: 17106060032 Siti Nurrohmah2021-09-03T14:44:23Z2021-09-03T14:44:23Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43787This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/437872021-09-03T14:44:23ZANALISIS PRODUKTIVITAS
DENGAN METODE OBJECTIVE MATRIX
(Studi Kasus: CV. XYZ)Increasingly competitive business competition makes a company required to increase its productivity. One of the things that becomes an indicator of productivity is the achievement of production targets. It is known that the electric batik stove company in April - July 2020 experienced production results are still below the target. This is the reason companies need to increase productivity. To increase productivity, companies can take productivity measurements to evaluate the use of resources in the production process. The purpose of this study was to measure productivity using the Objective Matrix (OMAX) method. The hope is that with the measurement of productivity using the OMAX method, it can be used to analyze the use of resources whether it is in accordance with the plan and to identify ratios that are still low. The criteria used in this study include the use of working hours, labor, raw materials, use of electrical energy, the number of products produced, the number of products repaired, the number of good products, and the number of employee absences. Furthermore, the measured criteria are converted into ratios. From the results of data processing, it can be seen that the highest productivity index value was in January at 1.90, while the lowest value was in April at -0.88. In April, there were ratios that were still low, namely the ratio of the utilization of hours of work and the ratio of the use of labor. To find out the cause of the problem of low ratios, a fihbone diagram is used. Based on the results of the analysis of the causes of the problems that occurred, it was found that the company should provide direction regarding the importance of using Personal Protective Equipment (PPE) so that work can be carried out according to the rules of Occupational Safety and Health (K3).NIM. 17106060037 Sisilia Dwi Rahmawati2021-09-03T14:37:48Z2021-09-03T14:37:48Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43786This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/437862021-09-03T14:37:48ZPENERAPAN METODE SIX SIGMA UNTUK MENGANALISIS CACAT PADA KEMASAN PRODUK TORTILLAPT. Dua Kelinci merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi makanan ringan. Salah satu yang diproduksi adalah produk Tortilla. Produk tersebut mengalami permasalahan pengendalian kualitas pada saat proses pengemasan. Permasalahan yang terjadi adalah kemasan nyacah, nandes, bocor, melipat, dan t-seal tidak tertutup rapat. Hal tersebut membuat produk tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan perusahaan, yaitu tanpa mengalami kecacatan saat di proses tahap akhir. Kemasan produk yang cacat tersebut membuat kerugian bagi perusahaan karena mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan pengerjaan ulang di proses pengemasan. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan suatu identifikasi untuk mengetahui sebab dan akibat dari kecacatan serta melakukan upaya untuk meminimalisir tingkat kecacatan. Penelitian ini menggunakan metode six sigma tahapan Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control (DMAIC). Berdasarkan analisis data, faktor yang menyebabkan kecacatan paling dominan pada kemasan produk Tortilla adalah faktor manusia, mesin, dan metode. Untuk meminimalisir kecacatan, terdapat usulan yang dapat diterapkan di perusahaan, yaitu melakukan pelatihan berjenjang kepada operator, menggunakan sensor pada mesin pengemasan dan melakukan penjadwalan waktu istirahat kepada operator. Kemudian, hasil dari pengolahan data didapatkan Defect Per Million Opportunity (DPMO) sebesar 2.715 yang berarti cacat kemasan terjadi setiap 2.715 persatu juta kesempatan serta level sigma pengemasan produk Tortilla adalah 4,29 yang menunjukkan bahwa level sigma pengemasan produk Tortilla telah mencapai rata-rata industri USA dan masih bisa ditingkatkan lagi menjadi rata-rata industri Jepang dan industri kelas dunia.NIM. 17106060038 SEPTIYAN TRI YUDHA2021-09-02T12:32:36Z2021-09-02T12:32:36Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43748This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/437482021-09-02T12:32:36ZPENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK DENGAN VALUE STREAM MAPPING (VSM) DAN MODEL SUPPLY CHAIN OPERATION REFFERENCE (SCOR)
(Studi Kasus di Dom Industries)Dom Industries merupakan sebuah organisasi kecil yang menyediakan layanan pembuatan produk tas dari bahan baku sampai proses produksi kepada perusahaan lain guna memenuhi kebutuhan bisnisnya. Selain kepada perusahaan/organisasi lain, Dom Industries juga menyediakan pelayanan jasa pembuatan tas kepada semua kalangan apa yang diinginkan dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Pengukuran kinerja dilakukan dengan SCOR dan penggunaan VSM sebagai framework dalam aktivitas apa saja yang diukur di dalam perusahaan. Pengukuran kinerja meliputi peta proses plan, source, make, deliver, dan return. Setiap peta proses diukur menggunakan metriks yang telah ditentukan. Hasil yang didapat adalah pada aktivitas perencanaan penjadwalan produksi dalam peta proses plan mengalami masalah. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil pengukuran metriks kinerja forecast accuracy yang rendah. Perlu dilakukan peramalan permintaan untuk memudahkan perencanaan proses produksi perusahaan. Aktivitas penjadwalan produksi dalam peta proses make mengalami masalah yang ditunjukkan dengan hasil pengukuran metriks kinerja yang rendah. Perusahaan belum mampu melakukan penambahan sumber daya baik manusia ataupun mesin sehingga perusahaan melakukan subkontrak untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.NIM. 16660015 Fajar Anwar2021-09-02T12:16:48Z2021-09-02T12:16:48Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43747This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/437472021-09-02T12:16:48Z“ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DENGAN METODE SIX SIGMA PADA VENDOR TAS DOM INDUSTRIES”
Buyutan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, D.I.Yogyakarta.Dom Industries merupakan sebuah usaha kecil yang bergerak di bidang produksi tas dimana usaha ini berperan memenuhi kebutuhan sebuah usaha lain guna dapat menunjang kinerjanya. Permasalahan yang sering terjadi dalam usaha ini adalah terdapat bayakya produk cacat dalam proses produksi sehingga perlu dilakukannya pengendalian kualitas dengan metode Six Sigma DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) untuk mengetahui karakteristik cacat produk, faktor yang menyebabkan cacat produk, dan perbaikan terhadap faktor penyebab cacat produk tersebut. Pada saat penelitian, objek yang mempunyai tingkat cacat paling tinggi yaitu produk tas dengan nama Gypsi Indonesia dan Hasta Karya dengan cacat mecapai 10% setiap hariya. Permasalahan tersebut dipengaruhi oleh faktor lingkungan, manusia¸mesin dan bahan baku yang tidak sesuai standar kualitas. Dari pengolahan data diketahui Ctirical to Quality (CTQ) adalah bagian pola, jahit¸accecoris, dan sablon. Sedangkan rata – rata nilai Deffec Per Unit (DPU) adalah 0,1244 dan rata – rata nilia Deffect Per Opportunity (DPO) adalah 0,0311 dengan hasil kapabilitas proses yaitu 0,3432 dimana dinyatakan tidak capable karena 0,3432<1,33 sehingga kapabilitas rendah dan butuh pengendalian yang ketat. Dari perhitungan kapabilitas nilai sigma diketahui sigma Z Shift 0,45 dan sigma Z Bench ST 0,99 dimana jika dilihat dalam four block diagram kondisi level sigma proses yang sedang berjalan dilihat dari sisi control dan teknologi masih sangat buruk. Berdasarkan diagram pareto, produk cacat yang tidak dapat ditolerir adalah produk cacat bagian pola dan accecoris sehingga perlu dilakukan penggendalian kualitas dengan ketat terhadap dua jenis cacat tersebut. Peningkatan nilai sigma dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan terhadap permasalahan yang dianalisis.NIM. 16660003 Fauziah Rahmawati2021-09-01T11:40:43Z2021-09-01T11:40:43Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43697This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/436972021-09-01T11:40:43ZMINIMASI WASTE DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING PADA
PROSES PREPARATION – ASSEMBLY AREA P1C2A MODEL SEPATU
BASEBALL BLACK DI PT. PANARUB DWIKARYAThe Lean Manufacturing approach is a continuous improvement effort in the
production process to identify the types and factors of waste occurrence by
minimizing waste so that the value stream is smooth so that production time is
more efficient. PT. Panarub Dwikarya is a company engaged in the fabrication of
sports shoes such as Specs, Mizuno and Adidas. The quality, quantity and speed
of production units play an important role in order to fulfill consumer demand.
Lead time, defects, motion and transportation constraints are mostly carried out in
the production process. This waste minimization is expected to increase the
efficiency of production time so that the products produced can be on time with
the right amount.
From the results of the study, it was found that the lead time was reduced from
1999.31 seconds to 1847.22 seconds or reduced by 152.09 seconds (about 7.6%),
as well as the transportation time from 360.52 seconds to 281.32 or reduced to
79,2 seconds (about 21.96%), as well as a reduction in the transportation distance
from 2441 cm to 658 cm or a decrease of 1783 cm (about 73.04%). This is due to
a reduction in non-value added activities, re-layout of the work area with Blocplan
software, re-layout of work stations, and the addition of work operators.NIM. 15660020 NUR SITI SARA 156600202021-08-23T04:21:16Z2021-08-23T04:21:16Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43453This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/434532021-08-23T04:21:16ZMINIMASI WASTE PADA PROSES PRODUKSI DINDING BATU ALAM
MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN SIX SIGMA
(Studi Kasus di CV. Bestone Indonesia)Ketatnya persaingan dalam dunia industri terutama industri manufaktur memacu
setiap perusahaan untuk memiliki keugggulan kompetitif, perusahaan dituntut
selalu berusaha meningkatkan efisiensi dan efektifitas untuk dapat bersaing
dalam pasar. CV. Bestone Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang
memproduksi produk dinding serta lantai batu alam dengan bermacam-macam
tipe dan variasi yang berlokasi di Jalan Muhammad Yusup No. 8B, Kendal
Growong, Pucungrejo, Muntilan, Magelang. Analisis menggunakan lean six
sigma pada produk dinding batu alam tipe best 62 kbr menunjukkan waste yang
teridentifikasi adalah waste excessive transportation dengan nilai sigma 3,79,
waste unnecessary inventory dengan nilai sigma 1,76, waste unnecessary motion
dengan nilai sigma 3,95 serta waste defect dengan nilai sigma 3,27. Berdasarkan
nilai sigma tersebut dilakukan analisis dengan menggunakan diagram pareto dan
dapat disimpulkan bahwa 80% masalah disebabkan waste unnecessary inventory
dan peringkat selanjutnya waste defect. Berdasarkan value stream mapping
diperoleh lead time sebesar 108311,1653 s serta nilai PCE sebesar 3,42%.
Adapun usulan perbaikan yang dapat direkomendasikan adalah mengurangi dan
menambah pekerja, pembuatan sop, penempelan standarisasi, pengecekan
cetakan secara rutin, penggantian mata pisau secara rutin, serta perubahan
layout.NIM.: 16660030 Ahmad Taufik Hidayat