Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:23:30ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2023-04-11T06:06:19Z2023-04-11T06:06:19Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57887This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/578872023-04-11T06:06:19ZFakta Indonesia Dalam Kesastraan Arab Telaah atas Novel Ara Jakarta Karya Najib Al Kailaniy-- Moh. Wakhid Hidayat2023-03-30T06:57:41Z2023-03-30T06:57:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57582This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/575822023-03-30T06:57:41ZSTUDI EKSPLORASI PERAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT DEPOSIT DALAM PENGEMBANGAN ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL MELAYU DALAM NASKAH NUSANTARATulisan ini menjawab rumusan masalah terkait dengan bagaimana peran perpustakaan dalam
pengembangan Islam dan Kearifan Lokal Melayu dalam Naskah Nusantara. Tujuan dari tulisan ini
adalah untuk mengetahui bagaimana peran perpustakaan dalam pengembangan Islam dan Kearifan
Lokal Melayu dalam Naskah Nusantara serta memberikan rekomendasi kepada perpustakaan dalam
peningkatan akses pendokumentasian Naskah naskah Nusantara dalam peningkatan akses informasi
yang dapat diakses oleh masyarakat luas, sehingga dapat dilakukan disseminasi informasi terkait
dengan Islam dan Kearifan Lokal Melayu dalam Naskah Nusantara. Dengan pendekatan kualitatif,
tulisan ini disusun dengan lebih menekankan kepada pemaknaan mendalam atau pendeskripsian dan
eksplanasi dari sebuah hasil penelitian, dengan teknik pengumpulan data yang utama adalah
dokumentasi dan telaah pustaka terkait dengan Islam dan kearifan dalam Naskah Nusantara.
Disampaikan ide-ide dasar peran perpustakaan dalam ranah antropologi dan sumbangan sumbangan
besar perpustakaan terhadap pendokumentasian Islam dan Kearifan Lokal Melayu dalam Naskah
Nusantara tersebut. Fungsi perpustakaan sebagai center of excellence, menjadi pusat
pendokumentasian dan penyebaran informasi yang menghasilkan akses inforamsi bagi masyarakat.
Diungkapkan juga bagaimana perpustakaan berupaya membangun model konseptual yang mengaitkan
kebutuhan informasi, sumber-sumber informasi yang dipakai serta hambatan psikologis intelektual
maupun institusional yang dapat menentukan akses informasi kepada masyarakat. Juga diungkapkan
bagaimana peran deposit dari Perpustakaan Nasional sebagai salah satu wujud pelestarian dan
pemberdayaan hasil budaya bangsa yang berupa karya cetak dsn karya rekam sebagai perwujudan
cipta, rasa, karsa dan karya manusia. Akhir tulisan ini menghasilkan rekomendasi besar terhadap
rekayasa budaya perpustakaan dalam meningkatkan perannya sebagai institusi yang bertanggunjawab
terhadap akses informasi mengenai Islam dan Kearifan Lokal Melayu dalam Naskah Nusantara.- Hj. Sri Rohyanti Zulaikha2021-01-17T02:59:50Z2021-01-17T02:59:50Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41864This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/418642021-01-17T02:59:50ZIDEALISME, BISNIS, DAN MASA DEPAN MEDIA BERBAHASA DAERAH (Studi Kasus Majalah Djaka Lodang di Yogyakarta)Majalah Djaka Lodang adalah salah satu media berbahasa daerah yang tersisa di Indonesia, selain Mangle, Penjebar Semangat, dan Jayabaya. Majalah yang terbit di Yogyakarta sejak tahun 1971 ini pernah mengalami masa keemasan tahun 1980-1990-an, akan tetapi kemudian terus mengalami penurunan hingga cenderung terancam gulung tikar seperti halnya media�media cetak lainnya yang tergerus perkembangan teknologi komunikasi. Akan tetapi, meski secara bisnis media ini tidak lagi terlihat menguntungkan, Djaka Lodang masih tetap bertahan dan terbit hingga saat ini. Salah satu faktor utama yang membuat majalah ini bertahan adalah dukungan yang kuat dari idealisme pendirinya yang masih aktif hingga saat ini. Abdullah Purwodarsono salah satu pendiri majalah ini, memiliki tekad yang kuat untuk terus menerbitkan Djaka Lodang, demi satu tujuan utama, menjaga dan melestarikan bahasa dan budaya Jawa. Sebuah upaya yang sejalan dengan fungsi pers, yakni sebagai penerus warisan sosial. Bagi khalayaknya, kehadiran Djaka Lodang tidak lagi dipandang sebagai sebuah media informasi, melainkan lebih dari itu, sebagai alat untuk memperkuat identitas budaya. Lebih khusus, bagi khalayak yang berada di luar Pulau Jawa, identitas budaya ini kemudian bisa digunakan untuk melakukan negosiasi identitas budaya yang dapat digunakan dalam memperkuat posisi tawar mereka untuk mengambil peran dalam lingkungan sosial mereka yang baru.- Alip Kunandar- Yani Tri Wijayanti2021-01-16T10:08:05Z2021-01-16T10:29:39Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41865This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/418652021-01-16T10:08:05ZIdealisme , Bisnis, dan Masa Depan Media Berbahasa Daerah (Studi Kasus Majalah Djoko Lodang di Yogyakarta)-- Yani Tri Wijayanti,2020-11-23T11:48:28Z2020-11-23T11:48:28Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41315This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/413152020-11-23T11:48:28ZPERMAINAN BAHASA DALAM IKLAN SUSUPermainan bahasa adalah eksploitasi elemen bahasa, seperti bunyi, suku kata, dan kata. Prmainan bahasa dalam sosiopragmatik tidak hanya meletakkan bahasa dalam fungsinya sebagai alat komunikasi antar manusia., tetapi bahasa juga dapat digunakan untuk mengungkapkan maksud penutur. Permainan bahasa dalam iklan susu di televisi merupakan aktivitas merekayasa bentuk bahasa dengan tujuan untuk menarik perhatian pemirsa televisi. Hal ini sesuai dengan tujuan iklan, yakni membujuk pemirsa dengan berbagai permainan bahasa yang menarik agar dapat mendorong munculnya hasrat untuk membeli. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara aktual bentuk permainan bahasa dalam iklan susu di televisi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari youtube yang menayangkan iklan susu. Setelah itu data ditranskripsi dan diklasifikasi berdasarkan pada bentuk-bentuk permainan bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan bahasa dalam iklan susu berbentuk (1) repetisi bunyi akhir kata yang berupa vokal dan vokal-konsonan, (2) repetisi suku kata yang berupa repetisi substitusi homofon, (3) repetisi parsial yang berupa kata dengan suku kata, (4) repetisi kata, dan (5) rotasi kata. Repetisi ini bukan hanya dimaksudkan untuk estetis, melainkan juga agar iklan tersebut mudah diingat oleh pemirsa- Ening Herniti2020-10-07T04:19:01Z2020-10-07T04:19:11Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38577This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/385772020-10-07T04:19:01ZPROFESIONALISME PPK-ISLAM
MELALUI PENGEMBANGAN WAWASAN PROFESIONAL
BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMIAbstrak
المر شدون افضل الناس واعتبر الار شاد جهاد فى سبيل الله
”Al-Mursyidiina afdhalun naas wai’tabaral irsyaad jihaad fiy sabiili Allaahi.” (Para Mursyid/PPK Islam itu adalah seafdal-afdal manusia, dan Nabi Muhammad SAW memandang pelayanan bimbingan dan konseling itu sebagai jihad fi sabilillah) من كان يومه خيرا من امسه فهو رابح ومن كان يومه مثل امسه فهو مغبون ومن كان يومه
شرا من امسه فهو ملعون . “Man kaana yaumuhu khairan min amsihi fahuwa raabihun. Waman kaana yaumuhu mitsla amsihi fahuwa maghbuun. Waman kaana yaumuhu syarraan min amsihi fahuwa mal’uun”. (Orang yang kehidupan hari-harinya adalah lebih baik daripada hari kemaren maka ia adalah orang yang beruntung. Sedangkan orang yang kehidupan hari-harinya adalah sama saja dengan hari kemaren maka ia adalah orang yang merugi. Adapun orang yang kehidupan hari-harinya lebih buruk daripada hari sebelumnya maka ia adalah orang yang terkutuk). Hadis riwayat Ahmad bin Hanbal.Yahya Jaya2020-10-06T02:20:21Z2020-10-06T02:20:30Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38576This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/385762020-10-06T02:20:21ZPELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM / KONSELING KEAGAMAAN DI BRSPP YOGYAKARTA (MODEL, TEORI DAN IMPLEMENTASI)Abstrak
Persoalan penyalahgunaan Napza dewasa ini terus berlangsung, bahkan tidak ada jumlah penururan prevalensinya, bahkan terus bertambah. Hal ini tentu menjadi keprihatinan dari semua pihak. Oleh sebab itu penting untuk dipikirkan bersama segenap solusi integrasi dan komprehensif dari berbagai sisi guna menekan jumlah dan mengatasi berbagai permasalahan Napza ini. Artikel ini mungkin bisa menjadi setitik pencerah bagi solusi tersebut.Ki Nanang Rekto Wulanjaya2020-10-06T02:15:19Z2020-10-06T02:15:27Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38575This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/385752020-10-06T02:15:19ZPUBLIKASI ACADEMIC WRITING MENUJU JURNAL INTERNASIONALAbstrak
Tulisan ini muncul dari banyak kegelisahan para akademisi yang kesulitan dalam menembus jurnal-jurnal internasional, sebagai muara labuhan terakhir bagi artikel ilmiah yang telah dibuatnya. Serta standar penilaian kepakaran terhadap keilmuan yang dikembangkannya. Tujuan dari penulisan artikel ini tentu saja sebagai saran bagi siapa saja yang ingin mempublikasikan karyanya diterima di jurnal-jurnal terakreditasi, baik nasional maupun internasional. Artikel ini diambil dari untaian-untaian status penulis di media Facebook, serta cuplikan-cuplikan materi yang telah disampaikannya dalam workshop-workshop terkait academic writing menuju jurnal terakreditasi, di berbagai tempat di Indonesia.Arif Maftuhin2020-10-06T02:15:04Z2020-10-06T02:15:13Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38574This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/385742020-10-06T02:15:04ZBEBERAPA PEMIKIRAN MENUJU LABORATORIUM
BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMIAbstrak
Keberadaan laboratorium di suatu jurusan atau program studi di Perguruan Tinggi sangat dibutuhkan, sebab dari sanalah seharusnya pengembangan ilmu, ketrampilan, dan kepribadian civitas akademika (mahasiswa) dilakukan. Namun dalam kenyataannya belum semua jurusan/prodi mempunyai laboratirium sesuai dengan yang dibutuhkan, bahkan kalau ada –di beberapa kampus-- baru sebatas ruangan dengan fasilitas yang sangat terbatas dan tujuan serta penanganan yang kurang jelas. Akibatnya laboratorium itu sekedar ada dan tidak menghasilkan apa-apa, kecuali sekedar formalitas ada. Khusunya bagi jurusan BKI, laboratorium yang dirancang secara spesifik “mungkin” belum ada, kalau sudah ada mungkin di sana-sini masih perlu disesuaikan dengan karakteristik jurusan/prodi BKI yang dalam beberapa hal memang berbeda dengan jurusan/prodi BK pada umumnya, perbedaan itu utamanya berkaitan dengan landasan, orientasi, dan persyaratan penyuluh/konselor BKIAnwar Sutoyo2020-10-06T02:14:45Z2020-10-06T02:14:56Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38573This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/385732020-10-06T02:14:45ZPERAN PABKI DALAM MENJAWAB BERBAGAI PERSOALAN KEHIDUPANAllah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling baik stukturnya, paling mulia, melebihi dan mengatasi makhluk lain (Q.S. At-Tin: 4; Q.S.Al-Isra: 70). Namun demikian sebagian manusia muncul sebagai makhluk yang bersegi negatif, bodoh, dzalim, kikir (Q. S. Al-Ahzab: 772, Al-Isra: 70) atau bahkan menjadi serendah-rendahnya makhluk (Q. S. At-Tin: 5). Manusia juga merupakan makhluk yang paling potensial, unggul dan termulia, namun dalam aktualisasinya belum tentu demikian. Ada semacam kewajiban yang mendasar dalam diri manusia, yaitu mengaktualkan keunggulan kualitas tersebut, baik segi fisik, mental, intelektual, maupun spritualnya. Aktualisasi potensi diri sebagai makhluk yang paling super tersebut merupakan fungsi kodrati ihsanisasi. Aktualisasi potensi diri (ihsanisasi) tersebut, seperti kebudayaan (termasuk berfilsafat, berilmu, berseni dan berteknologi) sewajarnya dikembangkan dan diperuntukan untuk pemenuhan fungsi-fungsi di atas. Bagaimana melalui filsafat, ilmu, seni dan teknologi, manusia benar-benar mampu mengaktualisasikan diri sebagai makhluk yang super, yang mampu mengemban misi kehidupannya dengan baik.Aep Kusnawan2020-10-06T02:14:14Z2020-10-06T02:14:23Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38572This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/385722020-10-06T02:14:14ZPROFIL ORGANISASI PERKUMPULAN AHLI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM INDONESIAAbstrak
Perkumpulan Ahli Bimbingan dan Konseling Islam merupakan organisasi profesi keahlian bagi Penyuluh serta Konselor Islam, sekaligus organisasi yang memediasi Program Studi- Program Studi BPI/BKI (Bimbingandan Penyuluhan Islam serta Bimbingan dan Konseling Islam di selurug Indonesia. Organisasi ini menjadi jawaban yang bisa mengakomodir berbagai pihak yang selama ini gelisah terhadap keberlangsungan Program Studi tersebut. Melalui organsasi in, diatur berbagai ketentuan terkait pengembangan akademik dan profesionalisme para alumni serta profesi Penyuluh, Guru Pembimbing, Konselor Islam yang akan memantapkan status keprofesiannya di berbagai bidang kehidupan. Organisasi ini sudah diinisasi sejak 2013 di Semarang tetapi belum berhasil, kemudian di Bandung tahun 2014 berhasil melahirkan Aspro BKPI (Asosiasi Profesi Bimbingan Konseling dan Penyuluhan Islam), dan akhirnya di Surabaya juga menginisasi forum Program Studi pada tahun 2015, akan tetapi tidak berhasil, baru pada tahun 2016, setelah melalui komunikasi dan diskusi, berhasil mendeklarasikan ABKI (Asosiasi Bimbingan dan Konseling Islam. Dan kemudian tahun 2017 berhasil melantik susunan pengurus Pimpinan Pusat di Yogyakarta. Dan berubah nama menjadi PABKI (Perkumpulan Ahli Bimbingan dan Konseling Islam, pasca dikeluarkannya ijin dari Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia.A. Said Hasan Basri2020-09-01T14:05:42Z2020-09-01T14:24:31Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40763This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/407632020-09-01T14:05:42ZHarga diri dalam organisasi, efikasi kolektif dan perilaku ideal kolektif mempengaruhi kesiapan organisasi untuk berubah yang dimediasi oleh kepemimpianan transformasional-- Mikhriani2020-07-09T04:42:17Z2022-09-05T07:55:47Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39658This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/396582020-07-09T04:42:17ZDalilu ittihadati al lughat al ‘arabiyyah fi al biladi ghayri al ‘arabiyyah.
Judul dan nomor seri buku: al Adillatu wa ma ma’lumatu 14.Makalah ini menyajikan potret Persatuan Guru Bahasa Arab di Indonesia, dan sebuah ide mulai dari pendiriannya, kegiatan yang telah dilakukan, dan langkah-langkah masa depan untuk kemajuan
Bahasa Arab di Indonesia. Makalah ini ditandai dengan pendekatan deskriptif yang lebih banyak dari metode ilmiah untuk berkontribusi pada forum ilmiah internasional terbesar untuk bahasa Arab. Adapun tema dalam makalah ini adalah Mukaddimah masuk dan tersebarnya Bahasa Arab di Indonesia.Imam Asrori Tulus Musthofa2019-06-18T02:03:45Z2019-06-18T02:03:59Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35048This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/350482019-06-18T02:03:45ZPERAN KELUARGA DALAM MENYUKSESKAN
PENDIDIKAN DAN KARAKTER ANAK
DI ERA MILENIUM[English] This article describes the roles of the family in the successful children’s education and character
in the millennium era. Given in this millennium era of increasingly sophisticated technology
so that children need intensive supervision from her parents. Some family roles that can be
done include: 1) set the time to learn from 18.00 untill 20.00, 2) adjust the child’s play time
is only one to two hours per day, 3) if both parents are working, they can keep control and
set the time to learn children via telephone, 4) to guide children when at home in addition to
reminding children to learn, as well as they play or watch TV. The formation of the character
child shall cover three aspects of development, namely cognitive, affective and psychomotor.
To meet these three aspects, the formation of character can be done by giving three touches,
by example, affection and attention. Results of education and character formation of children
are not spared from parenting parents. The parents’ parenting ideal is parenting democratic.
Because happen a two-way communication between parents and children, so automatically
there is an agreement in decision-making. [Indonesia] Artikel ini mendeskripsikan tentang peran keluarga dalam menyukseskan pendidikan
dan karakter anak di era milenium. Mengingat di era milenium ini teknologi semakin
canggih sehingga anak perlu pengawasan yang intensif dari orang tua. Beberapa peran
keluarga yang dapat dilakukan antara lain: (1) mengatur waktu belajar dari pukul 18.00
hingga 20.00 WIB; (2) mengatur waktu bermain anak hanya satu hingga dua jam per
hari; (3) Orang tua tetap mengontrol dan mengatur waktu belajar anak via telepon; (4)
membimbing anak ketika di rumah selain mengingatkan anak untuk belajar, juga saat
mereka bermain atau menonton TV. Pembentukan karakter bagi anak harus meliputi
tiga aspek perkembangan, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk
memenuhi ketiga aspek tersebut, pembentukan karakter anak dapat dilakukan dengan
memberikan tiga sentuhan, yaitu dengan keteladanan, kasih sayang dan perhatian.
Pendidikan dan pembentukan karakter anak tidak luput dari pola asuh orang tua. Pola
asuh orang tua yang ideal adalah pola asuh demokratis karena terjadi komunikasi dua arah antara orang tua dengan anak sehingga secara otomatis terjadi kesepakatan dalam
setiap pengambilan keputusan.19860505 200912 2 006 ANINDITYA SRI NUGRAHENIhttp://digilib.uin-suka.ac.id/30778/1.hassmallThumbnailVersion/cover%20proceeding%2020017.jpg2018-09-05T07:22:50Z2018-09-05T07:22:50Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30778This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/307782018-09-05T07:22:50ZHATE SPEECH AND DIGITAL LITERACYSocial media is one of the products of new media. Users of this media are also
increasing. Various features and conveniences possessed by social media. One bad
effect of social media is hate speech. In accordance to the three levels of digital
literacy. There are digital competence, digital usage, and digital transformation.
Users social media should stay away from hate speech because it is contrary to the
rules of formal law set out in Law no. 11 of 2008 on Information and Electronic
Transactions, Article 28 paragraph (2) and Jo Article 45 on hate speech. In addition
nettizen also must obey the rules of ethics to use social media. Although society said
there is no unlimited freedom even in the internet world. Nettizen should use social
media for the good activities for the self and the society.
Keywords: hate speech, digital literacy, ethical networkHeni Listianahttp://digilib.uin-suka.ac.id/30775/1.hassmallThumbnailVersion/cover%20proceeding%2020017.jpg2018-09-05T07:00:53Z2018-09-05T07:00:53Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30775This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/307752018-09-05T07:00:53ZENTREPRENEURSHIP EDUCATION IN ISLAMIC HIGHER EDUCATION
(PARADIGM OF HIGHER EDUCATION CURRICULUM DEVELOPMENT
BASED ON ENTREPRENEURSHIP)One of proplems of Islamic Higher Education is the lack of competence of its graduates
so that the output of higher education do not have the competence expected and
needed by society and have low competitiveness in the world of work. The conditions
also supported by the fact that the majority of college graduates tend to be more as
a job seeker rather than creators of jobs. Base on these conditions, Islamic Higher
Education need to evaluate, such as by implementing entrepreneurship education.
This study used a qualitative research with a primary focus on curriculum studies
in Islamic Higher Education through the identification of problems and needs based
curriculum development of entrepreneurship. The final result of this research is the
design of a curriculum model Islamic Higher Education based entrepreneurship.
While implementation of this research is the integration of entrepreneurship in the
vision, mission and goals of Islamic Higher Education, the graduate profile, the
values are developed and the structure of subjects.
Keywords: entrepreneurship education, Islamic Higher Education, curriculumInayatul Ulyahttp://digilib.uin-suka.ac.id/30766/1.hassmallThumbnailVersion/cover%20proceeding%2020017.jpg2018-09-05T01:09:17Z2018-09-05T01:09:17Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30766This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/307662018-09-05T01:09:17ZURGENCY LITERACY STATISTICS IN POLITICAL EDUCATION
FOR BEGINNER VOTERSOne of the objectives of mathematics education and the established curriculum
standards related to statistical education in schools either referring to the KTSP
2006 as well as the Curriculum 2013, is for students to be statistically literate. The
purpose of this study is to provide an overview of what is statistical literacy and its
urgency in political education for beginner voters, especially the beginner voters still
in school. Based on the results of the study can be concluded that statistical literacy
is a person’s ability to understand, interpret, and represent a data, either in the form
of tables or graphs. Statistical literacy is important for beginner voters because it
will be confronted with its role as a data consumer in political advertising. As data
consumers, beginner voters are not only required to be able to read and understand
the intentions contained in the data, but also analyze the causes of different results
such as in survey results and Quick count..
Keywords: statistical literacy, beginner voters, political educationAhmad Anis Abdullahhttp://digilib.uin-suka.ac.id/30765/1.hassmallThumbnailVersion/cover%20proceeding%2020017.jpg2018-09-05T01:05:16Z2018-09-05T01:05:16Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30765This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/307652018-09-05T01:05:16ZEXPERIENTIAL LEARNING MODEL
TO INCREASE THE SCIENCE’S CONCEPT OF MI’S STUDENTSExperience-based learning is one of the learning methods that is easily accepted
and understood by middle childhood. The middle childhood’ interest in learning will
be bigger than before if involving their experience. From the aspect of psychology,
middle childhood will more easily understand the concret material e rather than
abstract. Moreover, science materials in primary schools are mostly always in touch
with activities in everyday life. But the reality is that most teachers don’t involve the
middle childhood’ experiences. To realize experience-based learning on science, MIN
Kedungwaru Lor of Demak’s regency chose an experiential learning model. Based
on observation in MIN Kedung Waru Lor showed that experiential learning model is
able to give solution so that children more easily understand the material and make
the concept. The experiential learning model is different with the traditional learning
model, because the traditional learning model is teacher-centered. Experiential
learning model is a model of learning that emphasizes the concrete experience of
middle childhood in their daily life which is applied into the learning. Experiential
learning model also invites middle childhood to create a concept of what has been
learned.
Keywords: Experiential learning, method, conceptual understandingM. Fahmi MaulanaEfi Tri Astutihttp://digilib.uin-suka.ac.id/30764/1.hassmallThumbnailVersion/cover%20proceeding%2020017.jpg2018-09-04T08:11:06Z2018-09-04T08:11:06Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30764This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/307642018-09-04T08:11:06ZPOLICY ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION
CURRICULUM SD/MIReformation of education has been already conducted and the regulation to
change policy development of national education has been begun. Furthermore, all
policies related to change or renewal, perfection, and development program for all
lines, levels, and types of education should be aimed to endeavor for giving the
quality education service, appropriately with educational standard which has been
stipulated. The problem regarding policy in Indonesian education both in policy
coordination and Indonesian educational practice and from quality of education itself
still becomes attention for academic stakeholder to more critical thinking in doing
effort of national education straightening. Education policy that is not grounded an
experience against with the nature of educational science itself.
Accordingly, the changes such as curriculum exchange, methodology change in
learning process, change in organizational education, and educational plan cannot
be executed based on lip service or revelation. In the fact, education practice is
instead used as the means of political interest which is unintentionally constrained
and deviated to be a way to seize, expand, and perpetuate authority with practice
of interest awhile, even tending to sectarianism. In this sense, the writer strives to
account for policy analysis of character educational curriculum SD/MI (elementary
school) and implementation of character educational curriculum policy particularly
in education level SD/MI (elementary school).
Keywords: Policy Problem, Education PracticeUlin Nuhahttp://digilib.uin-suka.ac.id/30763/1.hassmallThumbnailVersion/cover%20proceeding%2020017.jpg2018-09-04T08:05:04Z2018-09-04T08:05:04Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30763This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/307632018-09-04T08:05:04ZA NUMBERED HEADS TOGETHER IN TEACHING READING:
LECTURERS’ PERCEPTION AT AL-ANWAR ISLAMIC COLLEGEThe purpose of this study are to know the lecturers’ perception, usefullness regarding
of using a numbered heads together and to know to what extent the use of a numbered
heads together in teaching reading at Al-Anwar Islamic College. The participants of
this study were English lecturers’ at Al-Anwar Islamic College. Research method used
in this study was descriptive analysis. The author compiled all of the data through
survey as the instrument of this study. In collecting data, the author collected and
described the data based on the result of the survey. It related to their perspective
of a numbered heads together in teaching reading. The author analyzed the data by
describing the result of the survey. Based on the results of this study, it showed that the
Lecturers’ had positive perception of using a numbered heads together. They thought,
a numbered heads together was a good choice to lead students to think carefully in
teaching reading. From the result above it could be concluded that a numbered heads
together was effectively helped lecturers’ in teaching especially teaching reading.
It could make students’ to be active and participate in the classroom and helped
students became independent learners.
Keywords: Numbered Head Together, Teaching Reading, PerceptionHerman Khunaivi2018-04-23T03:11:35Z2018-04-23T03:11:35Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29892This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/298922018-04-23T03:11:35ZHarga Diri Dalam Organisasi, Efikasi Kolektif, dan Perilaku Ideal Kolektif Mempengaruhi Kesiapan Organisasi Untuk berubah, yang Dimediasi oleh Kepemimpinan TransformasionalKesiapan orgqnsio-; oa* krubah merupakan suatu rangkah awar untuk merakukan lybafun rcrhadap sumfut ti,r_,a yang dimiliki agar berkemampuan menghad.api kompetisi global Qngersoll, Kirsch. Mer* & & Ligh -tfoot, 2000; Timmor A Zi ZO\O; R;fferty, li^_iu"r, Annenakis, 2013: ffeiner. )008: Weiner, Amick, & tei, ZOOA1. iini -"nuniu*r, perusah-aan mengalami kefuteia-uian bira tidak berhas berhasir merakukan perubolro, yong
d-iperluknn, dan sebalila-t;a lcthasit bangkit seterah merakukan perubahan @epxepnui ai,
201 3; Epochtime, 201 3).
Organization-Based klf-Esteem (OBSE), Collective Efficacy (CE), dan Collective
Agani:ational Citizenship Behotior (C-OCB), dihipotesiskan
-berpLrain
iig"fikon terhadap
organi;anon Readiness for Chadge (oRC.) , secara laigsung maupui melarui Tiansformasionil
Lead*ship (TL). Responden sefun-rak 168 orang yaig mewaaii perseroan Terbltas (pr) di
Propinsi lIY dan Jawa Tengah rcrah furynisipasi dalam peneritian. pengujian 'deigan
smrctural equation model (sEw n'nderyr*a kq*okan nnder daram *"ffinrtrutoikon
hipolests, dan mendapatkan temuan. OBSE tergrgaruh ngrlirt*on terhadap ftil: O,ZAI, p .
<0.051 dan terhadap ORC 0, = 0,321. p < r,,.0j L CE furpery@ah ngnifiLzn terhadap IL fu:
0,2!8-.
-p
< 0,05) dan terhadap ORC (; = 0.215. p < 0"0_;t. C-ACB turtitearuh signilkan IL : A_ 0.284. p < 0,05) dan terhadap ORC (; = a.)jt. p < 0.05t tur n b".O."g;i signifikon
terhadap ORC 6 : 0,234, p < 0,05).
Berdasar .hasil tersebut disimpurkan, moder lwrg dtajukan cocok digunakan untuk
menjelaskan kesiapan organisasi untuk berubah (ORCr melalui OCB, CE, C_OCB, d"ngo,
!"!r:ro, kepemimpinan transformasional. Seluruh ekogen berpengaruh signifkan terhaiap
ORC secara langsung maupun melalui kepemimpinan transformasional.
Kata Kunci : Kesiapan organisasi untuk berubah, harga dii dalam organisasi, efilatsi kolelaif
perilalat ideal secara kolehif kepemimpinan transfot masional, moiel keterkaitin
antar yaiIbel.. MIKHRIANI2018-02-09T02:36:26Z2018-02-09T02:36:26Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29311This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/293112018-02-09T02:36:26ZTHE RISING OF OJEK DIFA: POSITIONING DIFABEL AS SUBJECT IN PROVIDING INCLUSIVE PUBLIC TRANSPORTATION SERVICE FOR YOGYAKARTA INDONESIATransportation sector plays a vital role in supporting society mobility. Therefore, the public transportation services must be
accessible to all community levels without exception, including the people with disability or difabel. But the facts show that in
Yogyakarta for the difabel it is still relatively difficult to access public transportation services. It is caused by several factors such
as: the infrastructure is not accessible, the number of fleets are insufficient, and the affordability route problem. These conditions
then ignited the difabel to create a difabel-friendly transportation mode, which now is popularly known as Ojek (motorcycle taxi)
Difa. The name of Difa was adapted from the word of Difabel or differently abled. This transportation mode is provided,
managed, and piloted by the difabel, even though the other society may also use this service. This research uses the qualitative
type, descriptive approach, and interactive modeling of data analysis by Miles and Huberman. The data collection is done by indepth
interview, observation, documentation, and literature study. The researcher used this method because the principle
objectives of this study aimed to describe and illustrate in a systematic, factual, and accurate statement of the fact and the
relationship between phenomenons. The research results showed that Ojek Difa can open a job opportunity to difabel where they
had difficult experience in getting work both formal and informal. Moreover, Ojek Difa also is able to improve the socioeconomics
welfare and establish confidence for their members. It is proved that difabel not only deserves to be object of public
transportation services that are provided by the government or the private sector, but also capable of being the subjects who act as
a service provider. The rising popularity of Ojek Difa is appropriate with the Javanese local wisdom – migunani tumraping liyan –
which means is useful to others. They are not only give beneficial for difabel’s mobility, but also gives benefit to the whole
Yogyakarta society in providing inclusive public transportation services.
Keywords: ojek difa, difabel, inclusive, public transportation service, local wisdomTheresia OctastefaniBayu Mitra Adhyatma Kusuma2017-11-20T04:13:30Z2017-11-21T08:02:21Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27781This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/277812017-11-20T04:13:30ZAL LUGHAH AL 'AEABIYYAH FI INDONESIA MIN AL NASH'AT MIN AL MUASSASATTulus Musthofa2017-06-02T03:29:31Z2017-09-29T02:10:30Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25346This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/253462017-06-02T03:29:31ZCURATION AND MANAGEMENT OF CULTURAL HERITAGE THROUGH LIBRARIESLibraries, museums and archives hold valuable collections in a variety of media, presenting a vast
body of knowledge rooted in the history of human civilisation. These form the repository of the
wisdom of great works by thinkers of past and the present. The holdings of these institutions are
priceless heritage of the mankind as they preserve documents, ideas, and the oral and written
records. To value the cultural heritage and to care for it as a treasure bequeathed to us by our
ancestors is the major responsibility of libraries. The past records constitute a natural resource
and are indispensable to the present generation as well as to the generations to come. Libraries
preserve the documentary heritage resources for which they are primarily responsible. Any loss of
such materials is simply irreplaceable. Therefore, preserving this intellectual, cultural heritage
becomes not only the academic commitment but also the moral responsibility of the
librarians/information scientists, who are in charge of these repositories.
The high quality of the papers and the discussion represent the thinking and experience of experts
in their particular fields. The contributed papers also relate to the methodology used in libraries
in Asia to provide access to manuscripts and cultural heritage. The volume discusses best practices
in Knowledge preservation and how to collaborate and preserve the culture. The book also deals with
manuscript and archives issues in the digital era.
The approach of this book is concise, comprehensively, covering all major aspects of preservation
and conservation through libraries. The readership of the book is not just limited to library and
information science professionals, but also for those involved in conservation, preservation,
restoration or other related disciplines. The book will be useful for librarians, archivists and
conservators.
We thank the Sunan Kalijaga University, Special Libraries Association- Asian Chapter for their
trust and their constant support, all the contributors for their submissions, the members of the Local
and International Committee for their reviewing effort for making this publication possible.- Hariyah and Riyan Adi Putra- Lusia Ega Andriana- Sri Rohyanti Zulaikha- Nurul Rahmi- Mutia Watul Wardah- Kamaludin- Lis Setyowati- Safirotu Khoir- Joseph M. Yap- Agnes S. Barsaga- Khusnul Khotimah- Sri Lestari- Ismiyatin- Irhamni Ali- Dhian Deliani- Arda Putri Winata- Nita Siti Mudawamah- Fahru Abdhul Aziz- Tamara Adriani Susetyo-Salim- Ulpah Andayani- Akash Singh- Priya Rai- P K Jain- C B Singh- R K Verma- Fuad Wahyu Prabowo- Melisia Windhi Astuti- Nurdin- Shantanu Ganguly- R.A ManingdoulaThangal- Atin Istiarni- Rizki Shofak Isnaini- Martalia ArimbiLabibah Zain- Dian Hasfera- Hikmah Irfaniah- Tamara Adriani Susetyo-Salim- Lulu J. del Mar- Donna Lyn G. Labangon- Nove E. Variant Anna- Widiatmoko Adi Putranto- Alfida- Somesh Vishwakarma- Parveen Babbar- Dian Novita Fitriani- Niswa Nabila- Thoriq Tri Prabowo- Budhi Santoso- Moh. Mursyid- Aris Riyadi- N.N Edzan- Mahbob Yusof- Endang Sri Rusmiyati Rahayu- Ida Nor’aini Hadna- Isrowiyanti- Sri Rohyanti Zulaikha- Atik Fara Noviana- Lailatur Rahmi- Ahmad Anwar- Annisa Rohmawati- Arif Cahyo Bachtiar- April R. Manabat- Rafael Joseph C. delMundo- Akhmad Syaikhu- Mariquit M.- Sofiana Rahmawati- Richard Togaranta Ginting- Majidah- Feri Syamsu Nugroho- Fransiska Timoria Samosir- Indah Novita Sari- Subhajit Choudhury- Salek Chand- Margaretha Sri Udari- Iskandar- O.N. Chaubey- Rusmiatiningsih- Nisa Adelia- Dina Oktaviana- Dinesh Kumar- Debal C. Kar- Iranna M Shettar- Dhanukumar Pattanashetti- Aji Subekti- Dessy Harisanty- Rosiana Nurwa Indah- Seema Nair- SnehLata Sharma- Dyah Puspitasari Srirahayu- Catur Oktivian- Indri Hastuti- Akhmad Syaikhu- Sri Andayani- Okky Rizkyantha- Rina Tri Utami- Erlin Novita Sari- Endah Dwi Susanti- Lathifatun Nafi’ah- Marwiyah- Nabi Hasan- Sunita Saini- Uma Pandey- Shiva Kanaujia Sukula- Attya Shahid- Arshad Mahmood- Haryanto- Dian Hapsari- Rachmi Yamini- Alwansyah Nawal Yumna- Anggita Prilliyani Putri- Intan Veronika- Nur Halimah- Resty Jayanti Fakhlina- Dian Hasfera- Nur Rahayu- Rudi Sumadi- Siti Nurhayati Natsir- Athokpam Rebika Devi Cataloguer- L. Khumanleima Devi- M. Sobita Devi- Labibah Zain- Anil Zafar