Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:53:25ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2024-03-04T02:48:45Z2024-03-04T02:48:45Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64240This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/642402024-03-04T02:48:45ZKEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP OPAC SEBAGAI SARANA PENCARIAN INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN PEVITA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap OPAC sebagai sarana pencarian informasi pada Perpustakaan Pevita di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Yogyakarta berdasarkan komponen EUCS (End-User Computing Satisfaction) dengan mengukur sistem dari lima indikator yaitu isi (content), akurasi (accuracy), kemudahan pengguna (ease of use), ketepatan waktu (timeliness), dan bentuk (fromat). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pemustaka atau anggota Perpustakaan Pevita dan objek penelitian ini adalah kepuasan pemustaka terhadap OPAC sebagai sarana pencarian informasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 66.031 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel sebesar 100 orang yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengukuran data menggunakan skala Likert dengan empat pilihan jawaban yaitu sangat tidak setuju, tidak setuju, setuju, dan sangat setuju. Analisis data yang digunakan yaitu uji persentase dengan alat bantu aplikasi IBM SPSS 25. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap indikator isi (content) dikategorikan sangat baik dengan skor sebesar 81,5%, indikator akurasi (accuracy) dikategorikan sangat baik dengan skor sebesar 80%, indikator kemudahan pengguna (ease of use) dikategorikan sangat baik dengan skor 84%, indikator ketepatan waktu (timeliness) dikategorikan sangat baik dengan skor 82,87%, dan indikator bentuk (format) dikategorikan sangat baik dengan skor sebesar 79,06%. Perhitungan terhadap lima indikator tersebut mendapatkan skor rata-rata sebesar 81,48%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap OPAC sebagai sarana pencarian informasi pada Perpustakaan Pevita di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta secara keseluruhan dikategorikan sangat baik.NIM.: 18101040042 Marharban Romadhona2024-01-31T01:50:48Z2024-02-08T06:42:56Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63331This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/633312024-01-31T01:50:48ZKeamanan Informasi Pada Layanan Open Access di Perpustakaan Perguruan TinggiKemajuan teknologi informasi mendorong kebutuhan masyarakat akan informasi yang semakin beragam untuk menghadapi tantangan ini, perpustakaan harus memberikan layanan yang terbaik. Open access adalah salah satu layanan yang dapat diakses tanpa keterbatasan waktu dan tempat. Oleh karena itu, keterbukaan informasi mengundang riskiko penyalahgunaan yang mesti dicegah dengan keamanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan pentingnya keamanan informasi pada layanan open access di perpustakaan perguruan tinggi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan studi Pustaka dengan melakukan analisis terhadap artikel dan buku terkait, selain itu, penelitian ini memakai model Milles Huberman untuk menganalisis data yang terkumpul. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya keamanan informasi di perpustakaan, agar menghindari penyalahgunaan dan untuk menjamin perlindungan terhadap data yang disimpan dan diakses oleh pemustaka dari segala kemungkinan ancaman yang muncul.- Yuni Bahgie- Anis Masruri2024-01-31T01:41:36Z2024-01-31T01:41:36Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63330This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/633302024-01-31T01:41:36ZKemas Ulang Informasi di Perpustakaan Universitas Respati YogyakartaTulisan ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun tujuan dari penulisan ini yaitu untuk menaratifkan kemas ulang informasi berupa karya tulis ilmiah sehingga secara keseluruhan tujuan dari Eskripsi adalah untuk mendukung pencarian ilmiah, pembelajaran, dan penelitian. Kemas ulang informasi di Perpustakaan Universitas Respati Yogyakarta adalah suatu hal yang penting dalam memberikan akses yang cepat dan efisien. Dengan tampilan yang disediakan, Pengguna diarahkan untuk login dengan username dan password terdaftar sebelumnya, dan setelahnya, mereka dapat memasukkan kata kunci untuk mengeksplorasi koleksi Eskripsi yang beragam. Pustakawan juga telah memasang alamat situs di meja pemustaka untuk mempermudah pengguna dalam mengakses informasi. Meskipun Eskripsi memiliki beberapa keterbatasan, seperti cakupan yang terbatas dan pembatasan dalam subjek, sumber daya ini tetap berperan penting dalam mendukung penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di lingkungan universitas. Keseluruhan, kemas ulang informasi ini menjadi sarana yang memajukan pencarian ilmiah dan memudahkan pengguna dalam mengejar pengetahuan yang diperlukan.- Lida Dara Jayanti- Anis Masruri2024-01-19T03:09:02Z2024-01-19T03:09:02Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63062This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/630622024-01-19T03:09:02ZPENGARUH MEDIA INFORMASI, PERSEPSI, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT E-ZAKAT DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI KABUPATEN JEMBERPreferensi masyarakat dalam membayar zakat penting untuk diteliti. Hal ini dikarenakan, faktor-faktor preferensi muzakki berzakat melalui e-zakat sudah semakin kompleks. Dengan menggunakan theory of planned behavior yang diperluas dengan menambahkan variabel media informasi, persepsi, dan religiusitas dengan budaya organisasi sebagai variabel moderasi, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi muzakki berzakat melalui e-zakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan menggunakan data primer. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada muzakki yang berada di Kabupaten Jember. Responden dalam penelitian ini berjumlah 125 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap, kontrol pengendalian diri, media informasi, persepsi, dan religiusitas berpengaruh terhadap minat muzakki berzakat melalui e-zakat dan variabel norma subjektif tidak berpengaruh terhadap minat berzakat melalui e-zakat. Selanjutnya untuk untuk varibel moderasi sikap, norma subjektif, kontrol perilaku diri, media informasi, persepsi dan religiusitas tidak adanya pengaruh terhadap minat e-zakat di Kabupaten Jember melalui budaya organisasi.NIM.: 21208012011 Daniel Ilahi Roby2023-07-21T06:40:54Z2023-07-21T06:40:54Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59969This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/599692023-07-21T06:40:54ZEFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENGURANGI SMARTPHONE ADDICTION PADA SISWA SMP MUHAMMADIYYAH 9 YOGYAKARTAThe Covid-19 pandemic has made people more dependent on technology, especially students. The learning process that is usually carried out at school is forced to study online at home. Presence smartphone is considered to be a supporting medium to support student learning activities at home. Because of the ease of accessing information along with advanced features, students often spend their time playing smartphone excessively. Due to smartphone usage, it poses a risk of smartphone addiction to students. In order to reduce smartphone addiction to students, students are given information services with audiovisual media. This study aims to determine the effectiveness of information services with audiovisual media to reduce smartphone addiction in students. This research uses the method true experimental design pretest-posttest control group design which consists of an experimental class and a control class. The population of this research is students of class VIII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Sampling using technique cluster random sampling. Data collection tool using a smartphone addiction scale by Kwon, et al in Nadia Innara. Data analysis using paired sample t tests with the help of the SPSS program. The results of the study stated that the hypothesis was accepted, as evidenced by the significance value in the experimental class of 0.000 (p<0.05) while in the control class of 0.284 (p>0.05). So it can be concluded that information services with audiovisual media are effective in reducing smartphone addiction in students.NIM.: 19102020013 Ria Vinola Ifanisari2023-06-21T03:40:55Z2023-06-21T03:40:55Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59195This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/591952023-06-21T03:40:55ZINOVASI MEDIA DISEMINASI INFORMASI IPTEK PERTANIAN DALAM PELAYANAN DI PUSAT PERPUSTAKAAN DAN PENYEBARAN TEKNOLOGI PERTANIAN BOGORPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui difusi inovasi media diseminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor, untuk mengetahui bentuk inovasi media desiminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor, untuk mengetahui dampak inovasi media diseminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulandata melalui observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling, yakni data diambil dari orang yang mengetahui dan memiliki informasi pokok mengenai topik penelitian, dalam hal ini adalah kepala perpustakaan, Pustakawan, pengelola perpustakaan serta pemustaka yang terlibat. Selanjutnya analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknis dan sumber serta melakukan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses difusi inovasi media diseminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor terdiri dari unsur Inovasi, saluran komunikasi, waktu, sistem sosial, (2) bentuk inovasi media desiminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor meliputi inovasi media diseminasi informasi pada sistem informasi perpustakaan terintegrasi, inovasi media disemisasi informasi pada sistem layanan perpustakaan, inovasi media diseminasi informasi pada kemasan informasi sesuai kebutuhan target kelompok pengguna sasaran, (3) dampak inovasi media diseminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor yang dihadapi yaitu secara keseluruhan penelitian ini menemukan iklim Inovasi dan komunikasi yang positif. Sementara itu program kreatif dan inovatif yang terjadi didukung karena adanya kebutuhan seprti tindakan inovasi dan komunikasi yang dipengaruhi oleh lingkungan saaat pandemi. Kemudian untuk aspek mengkomunikasikan inovasi media diseminasi informasi Iptek pertanian sudah dilakukan kajian dan dinyatakan berhasil atau cukup baik. Namun hasil menujukkan perlu bertahan serta peningkatan layanan agar kepuasan pengguna sesuai dengan harapan bahkan melebihi yang diharapkan.NIM.: 18200010101 Nurwahyu, S.Sos2023-03-17T03:29:26Z2023-03-17T03:29:26Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57254This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/572542023-03-17T03:29:26ZPRILAKU PEMUSTAKA DALAM MENELUSUR INFORMASI DI UPT PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTAThis study aims to determine the behavior pemustaka in tracing the
source of information on the University's Central Library UPT Eleven March
Surakarta. The results of this study is expected to increase insight in the field of
library science and information, collection development, and increased service to
pemustaka.
This study is a descriptive study with quantitative approach, with the
object of research students who have registered as a member of the Central
University Library UPT Eleven March Surakrta.Dengan number of samples 100
responen. To obtain valid data the authors use several methods of data collection:
questionnaires, interviews observasi.Indikator used to determine the behavior of
the searcher is pemustaka pemustaka knowledge, information retrieval purposes,
how to search information, and barriers in search kedala informari, usefulness of
information.
The conclusion from the results of this study is largely unknown
pemustaka most service is a service circulation (approximately 58%). For the
most known search tools mostly pemustaka the OPAC (approximately 63%).
Nearly half pemustaka searcher in UPT Library UNS for the purpose of
completing the task (41%). Type of collection that most of pemustaka often need
in the library is a general collection (circulation) (54%). Most of the tools
commonly used information retrieval pemustaka to search for information that is
available in the library OPAC (77%). Almost half pemustaka formulate questions
using the keyword subjects (45%). The reason almost half pemustaka not find the
information you need is. collection is on loan (46%). Obstacles encountered in
almost half pemustaka searcher is available in the library collection is being
borrowed (44%). The function of the existence of information for almost half
pemustaka is to answer a question facing (44%).
Suggestions for UPT Library Center Surakarta University Eleven march
is to continue to work to improve the promotion and user education so that the use
of the library into good ore kedapannyaNIM.: 09141042 Dwi Julia Hargiyanti2023-03-17T02:04:00Z2023-03-17T02:04:00Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57244This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/572442023-03-17T02:04:00ZANALISIS PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI SISWA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTAThis research aimings at knowing: (1) How is the student information
needs in the Library of state Senior High School 1 Depok on the information
needs of environment, social roles and personal information, (2) How is the
library of state Senior High School 1 Depok can fulfill the needs of information
needs of environment, students social roles and personal information. The results
of this research can hopefully be are input State Senior High School 1 Depok to
optimize the services for students. The instrument used to collect the main data is
closed questionnaire using Likert scale. The population is all students in class X
and XI State Senior High School 1 Depok for 415 students. The researcher tool
81 respondents as a sample, using probability sampling technique, that is simple
random sampling. This research is a kind of survey with descriptive-quantitative
approach. The Validity test used Product Moment formula and the reliability test
used Alpha Cronbach. Validity and reliability is estimated using SPSS 16 for
windows. The Data is analysed using descriptive quantitative with mean formula
to understand the information needs average and percentage formula to
understand information sources in the Library of state Senior High School 1
Depok. The results of the research concludes shows that: (1) The information
needs on environment is high with an average of 3.18. The information needs on
students social roles is very high with the average of 3.51. The information needs
on students personality is high with the average of 3.16. (2) The information
sources in the state Senior High School 1 Depok Library related to information
needs on environment is high with the average of 2,66, on students social roles is
high with the average of 3,11, and on students personality is high with the
average of 2,71. Based on the result of the research the researcher recommend
the fulfillment of relevant information source and personal need of enviromental
information need to be improved. Library of state Senior High School 1 Depok to,
to provide information sources which are suitable with the students need and to
vary the collection in order that it can optimize the service on information needs.NIM.: 09141009 Murhayati2023-03-14T02:46:53Z2023-03-14T02:46:53Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57114This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/571142023-03-14T02:46:53ZSISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN KONSEP
COLLABORATIVE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENTSchools are still difficult to find information on the academic development of
its alumni who are currently studying at the university. In addition, there is not a
special feature for communicating between the university with customers (schools).
In this study constructed a web-based Academic Information System with the
concept of Collaborative Customer Relationship Management (CCRM) with PHP
programming language, MySQL database and system design UML. System structure
is developed by Object Oriented Programming (OOP) with the concept of Model
View Controller (MVC). Research carried out by using Unified Software
Development Process (USDP) consisting of Requirement Capture and Modelling,
Requirement Analysis, Class Diagram, Interface Design, Data Management Design,
Construction and Testing.
By the system, information about alumni academic development of schools
that registered to be member can be accessed easily. In addition the system also
provides communication facilities between the university with the schools as well as
communication among schools that have registered to be member.NIM.: 06650080 Muhammad Alex Syaekhoni2023-01-20T03:32:30Z2023-01-20T03:32:30Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55620This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/556202023-01-20T03:32:30ZPerilaku Pencarian Informasi Seputar Vaksinasi Covid-19 di Masyarakat Pedesaan
(Studi Deskriptif Pada Masyarakat Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang)Vaccination is one of the policies taken by the Indonesian government to stop the spread of the Covid-19 virus. However, this policy is difficult to implement due to numerous obstructions, one of which is the spread of misleading info regarding the Covid-19 vaccination. The people of Sukomakmur Village, Kajoran, Magelang are one group that often gets the wrong information. One of the societies whose often get misleading informations are Sukomakmur Village people, Kajoran, Magelang. This research use ELISS theory by Savolainen's, with has a focus on the Source Preferences section, which discusses about the Information Source Horizon and Information Pathways. This study used descriptive qualitative research methods and in-depth interview data gathering techniques to provide in-depth data by utilized seven village communities as its sources. This study aims to investigates at how the people of Sukomakmur Village get and use information about the Covid-19 vaccine. According to the study's general findings, sosial media is the primary source of information for the Sukomakmur Village community when looking for information about Covid-19, followed by opinion leaders and close associates. However, in Knowledge Pathways, people place the most trust in opinion leaders as information sources, followed by closest associates. Unfortunately, the public's preferred information sources convey inaccurate information about the Covid-19 vaccination, resulted in public distrust of the Covid-19 vaccination program.NIM.: 18107030070 Dzikron Abdillah2022-11-09T02:26:52Z2022-11-09T02:26:52Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54907This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/549072022-11-09T02:26:52ZINFORMASI UIN SUNAN KALIJAGA SEBAGAI PILIHAN DALAM MELANJUTKAN STUDI
(Studi Kasus Pelajar MAN Yogyakarta II)Keberhasilan peningkatan keimanan dan ketakwaan akan sangat tergantung pada manusia itu sendiri. Peran para pelaku pembangunan sektor agama ini sangat sentral, karena disamping sebagai subyek mereka juga menjadi obyek. Tingkat kualitas pembangunan sektor agama ditentukan oleh pelakunya yakni bagaimana mereka itu mewujudkan ketakwaan mereka dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Disisi lain, derasnya arus informasi global dengan berbagai macam fasilitas, dapat memudahkan masyarakat untuk bisa mengakses suatu informasi dengan cepat. Sehingga usaha pemerintah khususnya Departemen Agama untuk meningkatkan kecerdasan bangsa dengan menghasilkan tenaga ahli ilmu agama melalui IAIN Sunan Kalijaga dapat diterima masyarakat dengan mudah.
penelitian dengan dua macam data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Untuk data yang bersifat kualitatif penulis menggunakan analisa deskriptif yaitu analisa dengan menggunakan kelompok yang diteliti dan hanya berlaku untuk kelompok itu sendiri. untuk data yang bersifat kuntitatif, penulis menggunakan metode statistik deskriptif yaitu dengan menyajikan angka-angka prosentase dengan menggunakan rumus.
Hasil penelitian ini adalah: 1. Informasi yang dimiliki pelajar MAN Y ogyakarta II tentang IAIN berasal dari berbagai media. Informasi yang dipero1eh dari media cetak ada 30,80 % dan dari media elektronik ada 22,78 %. Sedangkan informasi yang diperoleh dari orang tua 34, 18 %, dari saudara 39,24 %, dari guru 58,65 % dan dari teman 70,89 %. Ini berarti sekolah merupakan media yang cukup efektif untuk menginformasikan tentang IAIN Sunan Kalijaga kepada para pelajar. Karena dari pertemuan dengan para guru dan teman inilah para pelajar mendapatkan informasi, khususnya tentang IAIN Sunan Kalijaga.
2. Persepsi pelajar MAN tentang keilmuan dan lulusan IAIN Sunan Kalijaga banyak dipengaruhi oleh penerimaan informasi dan latar belakang pendidikan. Persepsi yang positif banyak dipengaruhi oleh latar belakang responden yang berasal dari MIS dan sering menerima informasi tentang IAIN. Se:dangkan persepsi yang bersifat negative atau tidak tau dikarenakan latar belakang pendidikan responden yang berasal dari SMP dan kurang mendapatkan informasi tentang IAIN.
3. Dari keseluruhan jumlah responden, diketahui bahwa siswa yang ingin melanjutkan studi setelah lulus dari MAN ada 73,84 %. Dari jumlah tersebut 26,86 % memutuskan ingin mendaftar ke IAIN Sunan Kalijaga dan selebihnya 73, 14 % tidak ingin mendaftar ke IAIN Sunan Kalijaga dengan beberapa alasan. Ada tiga alasan mengapa pelajar MAN Y ogyakarta II tidak memilih IAIN untuk melanjutkan studi yaitu tidak ada jurusan yang diinginkan, IAIN Sunan Kalijaga kurang terkenal, lulusan IAIN banyak yang jadi pengangguran, takut tidak mampu mengikuti mata kuliah Bahasa Arab dan tidak tahu. Disisi lain, pelajar MAN yang memilih untuk melanjutkan studi di IAIN mempunyai alasan yaitu ingin mendalami Ilmu Agama, karena dekat dan sebagai cadangan bi1a tidak diterima di Perguruan Tinggi lain.NIM.: 97212191 Latifa2022-09-02T08:04:33Z2022-09-02T08:04:33Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52688This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/526882022-09-02T08:04:33ZMisleading Konten Produk Kosmetik di Kalangan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga YogyakartaInformasi dalam media massa mampu mengubah perilaku
dan keputusan masyarakat, salah satunya konten. Penulis
mensintesiskan literatur yang berkembang tentang mengapa
sekelompok orang percaya dengan berbagai konten menyesatkan
tentang produk kosmetik yang beredar di masyarakat. Responden
dalam penelitian kuantitatif ini merupakan mahasiswi Ilmu
Perpustakaan yang aktif dalam mengkonsumsi berbagai jenis
informasi di media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
44% responden menggunakan lipstik sebagai kosmetik yang paling
penting digunakan, 57% terlihat cantik adalah motif mereka
dalam menggunakan produk dan sebanyak 53% konten di media
sosial (Instagram, YouTube, Twitter, TikTok, dll.) yang paling
banyak menyuguhkan informasi produk kosmetik. Sebagian
responden lebih menyukai konten kosmetik yang selaras dengan
ekspektasi mereka. Dengan mengedepankan kearifan literasi
digital dan mampu menyambung keterputusan antara apa yang
diyakini dan apa yang mereka konsumsi di media sosial, sehingga
penalaran yang cermat bisa diterapkan, ini menjadi tips yang
ampuh melawan rayuan mantra misleading content. Meskipun,
banyak hal penting yang belum bisa diungkap oleh peneliti.- Khoirunnisa Etikasari2022-04-05T06:08:36Z2022-04-05T06:08:58Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50306This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/503062022-04-05T06:08:36ZMateri Webinar " Menembus Jurnal Internasional dengan SCImagoSCImago Journal & Country Rank adalah portal yang tersedia untuk umum yang mencakup jurnal dan indikator ilmiah negara yang dikembangkan dari informasi yang terkandung dalam database Scopus® (Elsevier B.V.). Indikator-indikator ini dapat digunakan untuk menilai dan menganalisis ranah ilmiah. Jurnal dapat dibandingkan atau dianalisis secara terpisah. Peringkat negara juga dapat dibandingkan atau dianalisis secara terpisah. Jurnal dapat dikelompokkan berdasarkan area subjek (27 area tematik utama), kategori subjek (313 kategori subjek tertentu) atau berdasarkan negara. Data kutipan diambil dari lebih dari 34.100 judul dari lebih dari 5.000 penerbit internasional dan metrik kinerja negara dari 239 negara di seluruh dunia. SJCR memungkinkan Anda juga untuk menyematkan metrik jurnal signifikan ke web Anda (Sumber: https://www.scimagojr.com/aboutus.php)Dosen Tetap Program Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I2022-02-10T11:14:56Z2022-02-15T22:07:26Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49187This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/491872022-02-10T11:14:56ZEVALUASI KAPABILITAS DAN EFEKTIVITAS ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) SEBAGAI SARANA TEMU KEMBALI
DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI DI INDONESIAMenyediakan akses ke sumber informasi yang dimiliki oleh lewat
sarana temu kembali informasi menjadisalah satu tugas penting
perpustakaan.OPAC (Online Public Access Catalog) adalah salah satu sarana
temu kembali informasi yangberfungsi memberitahu kepada pengguna apa yang
dimiliki oleh perpustakaan. Saat ini katalog banyak dikembangkan dalam bentuk
online. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelengkapan fasilitas dan
kapabilitas searching dan browsing pada OPAC perpustakaan Universitas Islam
Negeri (UIN) di Indonesia. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi
precision (ketepatan) OPAC sebagai sarana temu kembali informasi dan menguji
apakah fasilitas searching berpengaruh terhadap tingkat precision.Dengan
menggunakan data kualitatis yaitu yang berkaitan dengan kelengkapan fasilitas searching dan browsing, maka peneliti mencoba untuk melihat efektivitas OPAC Perpustakaan UIN sebagai system temu kembali dengan mengambil lima OPAC UIN sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa fasilitas searching dan browsing yang tidak dimilikioleh OPAC UIN seperti menu bantuan penelusuran,keterbtasan deskripsi bibliografi. Dan OPAC yang memiliki fasilitas yang paling lengkap memiliki ketepatan yang tinggi sedangkan yang memiliki fasilitas paling minim memiliki nilai ketepatan yang rendah.- Marwiyah- Labibah2022-02-09T11:41:05Z2022-02-09T11:41:05Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49155This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/491552022-02-09T11:41:05ZPENERAPAN INFORMATION RETRIEVAL PADA SEARCH ENGINEInformation retrieval (temu kembali informasi), saat ini telah diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Perpustakaan, museum, manajemen dokumen, manajemen pengetahuan, manajemen koleksi, manajemen arsip telah dikenal sebelum web search engine (mesin pencari website, sering disebut dengan search engine saja) diterapkan. Web sebagai media yang belakangan muncul, membutuhkan pula model sistem temu kembali tersendiri. Sebelum digunakannya mesin pencari website yang dikenal saat ini, para ahli perpustakaan telah mencoba menerapkan prinsip-prinsip kategorisasi dan klasifikasi sebagaimana mereka mengatur koleksi perpustakaan. Namun, ternyata website mempunyai karakteristik sendiri, sehingga model yang mereka kembangkan dengan cepat ketinggalan zaman. Website mempunyai sifat cepat berubah dan sementara. Dalam tulisan ini, penulis mendiskusikan bagaimana penerapan information retrieval pada search engine. Hasil penelitian menunjukkan bahwa search engine terus berkembang untuk menyediakan informasi yang relevan dengan pengembangan proses evaluasi, meningkatkan kemampuan, memperbarui data, terus beradaptasi dengan kebutuhan pengguna, meningkatkan kemampuan kinerja perangkat, dan berusaha menyelesaikan masalah yang dihadapi.- NURAINI AHMAD- ARIENDA ADDIS PRASETYO- ANIS MASRURI2021-12-13T02:23:10Z2021-12-13T02:23:10Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47670This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/476702021-12-13T02:23:10ZKompetensi Profesional Guru PAI dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Melalui Strategi Pengembangan Diri Di SMK Negeri 1 PonjongTeknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia pendidikan mayoritas digunakan sebagai
media pembelajaran. Guru seolah-olah dituntut menguasai TIK agar mampu menciptakan
pembelajaran yang efektif dan efisien. Padahal sejatinya, guru perlu memiliki strategi dalam
pengembangan dirinya dalam penguasaan TIK. Tujuannya adalah, agar dalam pemanfaatan
TIK tidak hanya berfokus pada penggunaannya saja, melainkan juga dari perspektif guru itu
sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa, urgensi guru PAI memerlukan pengembangan diri adalah selain
pemanfaatan TIK dalam kegiatan belajar mengajar, juga untuk meningkatkan kemampuan atau
skill dalam bidang TIK. Selanjutnya, guru PAI di SMK Negeri 1 Ponjong menguasai TIK
dalam berbagai hal seperti sebagai infrastruktur dan sumber bahan belajar, serta alat bantu
fasilitas pembelajaran. Strategi yang digunakan dalam mengembangkan diri melalui
pemanfaatan TIK adalah dengan mengikuti berbagai macam kegiatan pelatihan seperti
pelatihan TIK yang khusus diadakan sekolah. Dalam tahapan strategi pengembangan diri, guru
PAI di SMK Negeri 1 Ponjong melalui tahapan Kesadaran Diri, Pengaturan Diri (self
awarness), Motivasi, Empati dan tahapan terakhir adalah Social Skill yang mendungkung
peningkatan self development bagi guru PAI.- Sri Anugrah Indriani- Sukiman2021-12-10T07:58:12Z2021-12-10T07:58:12Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47640This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/476402021-12-10T07:58:12ZThe Representation of Intolerance Practices in Cyber SpaceTribal, custom, race, and religion issues
appear to be often played by some individuals. The
issues that often arise can spur latent conflict because of
the diversity in Indonesia. The chance of the latent
conflict is aggravated by the freedom of information
access due to the rapid progress of communication
development in the current era of information
technology. One product of the communication
development is the formation of a cyber space in the
virtual community. The cyber space seems to offer a
freedom of opinion and exchange of information.
Kaskus, with its tagline "The Largest Indonesian
Community", is an example of a virtual community in a
cyber space that offers that freedom. In it’s
development, whether consciously or unconsciously, the
freedom tore the harmony with the existence of various
intolerance practices found in that cyber space.
Therefore, a research using virtual etnography is
conducted to the users of the virtual community,
especially at the Foreign News and Policy columns.
Social Representation theory by Moscovisci is used to
analyze the phenomenon. The results of the study
indicate that the user’s ability to identify intolerance
practices is strong enough but the awareness to avoid
such practices is still very weak, as indicated by the
discovery of contents which is containing issues of
ethnicity, religion, race and inter-group relations
(SARA), flaming, and trolling elements.- Lukman Nusa- Malahayati2021-12-06T02:19:06Z2021-12-06T02:19:06Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46633This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/466332021-12-06T02:19:06ZPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KERJA
(SURVEI PADA PEGAWAI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTRIAN KESEHATAN YOGYAKARTA)Social media at this time is very favored by various groups and considered quite effective for use by Indonesian people, one of the example is the use of social media WhatsApp. WhatsApp is considered quite effective for finding information, including information on work between employees in Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Yogyakarta. Therefore, researchers are interested in examining Poltekkes Kemenkes Yogyakarta as research subjects.
This research aims to examine the magnitude of influence use of social media WhatsApp as a fulfillment of work information needs. The sampling of respondents used in this study is probability sampling with cluster random sampling method. This research uses theory of information seeking behavior. The method used is a quantitative method with a survey method for filling out questionnaires.
The results of the study found that there was a positive and significant relationship from the use of WhatsApp social media to the fulfillment of work information needs. The magnitude of the effect is known to be 52.6%. So, the more often you use WhatsApp, the more you will get work information every day. And information needs of employees Poltekkes Kemenkes Yogyakarta as fulfilled.NIM.: 17107030029 Retno Tri Astuti2021-11-08T06:26:16Z2021-11-08T06:26:16Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46449This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/464492021-11-08T06:26:16ZANALISIS PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA PADA GRUP INFO CEGATAN JOGJA (ICJ) MELALUI PLATFORM FACEBOOKThe formulation of the problem in this study are: 1). How is the use of social media in the Info Cegatan Jogja (ICJ) group through the Facebook platform? 2). What are the factors that support the use of social media in the Info Cegatan Jogja (ICJ) group through the Facebook platform? 3). What are the advantages and disadvantages of using social media in the Info Cegatan Jogja (ICJ) group through the Facebook platform?. This study aims to describe the utilization, supporting factors, and the advantages and disadvantages of using social media in the Info Cegatan Jogja (ICJ) group through the Facebook platform. The research method used in this study is a qualitative descriptive method with a case study approach. In this study, the data collection method used by the researcher is moderate observation method, semi-structured interview method, and documentation method. Determination of informants using purposive sampling technique. The informants in this study were Yanto Sumantri as the creator of the ICJ Facebook group and 20 members of the ICJ Facebook group who were selected using inclusion criteria in the form of active, willing, and naturally answering questions. Data analysis in this study used data analysis techniques using the Miles and Huberman model, namely through the process of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the research that researchers got were: 1). The use of social media in the ICJ group through the Facebook platform is carried out by exchanging intercept information with a combination of posts and comment fields to help each other. Indirectly, the use of social media in the ICJ group on the Facebook platform is in line with the concept of Community of Practice. 2). The supporting factors for the use of social media in the ICJ group through the Facebook platform are the characteristics and functions of Facebook's social media, namely: reach, accessibility, usability, immediacy, and permanence; sharing function and group function. 3). The advantages of using social media in the ICJ group through the Facebook platform are to present: a). Updated information, b). varied and concise language, c). Information sharing forum, d). Broad coverage, e). Information that comes from the source, and f). Creating social awareness. The disadvantages of using social media in the ICJ group through the Facebook platform are: a). Waiting for ACC admin, b). Information is still ambiguous, incomplete, and prone to hoaxes, c). Too much information, d). Bullying and information ethics event. Based on the findings of the researchers, the researchers provided inputs: 1). Regulations are needed so that there are not too many spam comments or suggestions, so that the discussion process and exchange of information in the comments column will be more effective. 2). Beware of cybercrime in using Facebook. 3). Try to find reference references to avoid hoaxes and lead to public opinion.NIM.: 16140038 Khabibul Umam2021-09-21T12:11:25Z2021-09-21T12:11:25Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44660This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/446602021-09-21T12:11:25ZEvaluasi Diri Jurnal Informatika Sunan Kalijaga (JISKA) Perspektif Mitra Bestari dan PenulisJISKa adalah jurnal berbahasa Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Teknik
Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga untuk mewadahi dan penyebaran
hasil penelitian di bidang Informatika [1]. JISKa terbit pertama kali Mei 2016 dan konsisten terbit
3 kali dalam setahun, yaitu Januari, Mei, dan September. Terdapat 7 artikel yang dipublikasikan
JISKa setiap satu kali terbit. Selain JISKa, Program Studi Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga
juga memiliki jurnal berbahasa inggris yaitu IJID (International Journal on Informatics for
Develompent) [2].- Muhammad Taufiq Nuruzzaman- Muhammad Galih Wonoseto- Eko Hadi Gunawan- Sekar Minati2021-09-04T03:20:15Z2021-09-04T03:20:15Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43790This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/437902021-09-04T03:20:15ZPERILAKU PENCARIAN INFORMASI PENCERAMAH DI DUSUN DAGARAN PALBAPANG BANTULThe purpose of this study is to describe the infromation-seeking behavior
of lector in Dagaran Palbapang Bantul. This research is using descriptive
qualitative research method. The data analysis technique using steps of data
reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions. The result of this
research is namely information seeking behavior by lector in Dusun Dagaran
Palbapang Bantul using topic or theme as a keyword to search in kitab or book.
The information seeking behavior of lector in Dusun Dagaran Palbapang Bantul
generally according to the model of information seeking behavior David Ellis is
starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracting, verivying,
and ending. However, from the eight stages of the model information seeking
behavior there is informant do not perform the stage. The first informant carried
out the stage according to the model of information seeking behavior David Ellis
while the second informant do not perform the second stage of the model namely
chaining. The second informant do not perform chaining when it doesn’t need to
do because the second informant has read the information in several times until
he is memorized and no need to take the note. Constraints experienced by the
informant is when it comes to spending more time searching the information in
different books to fit the information needed and and when the topic or theme
cannot be found in books that are owned, the informant must borrow from the
other people’s book.NIM.: 16140019 Elynda Endah Kartika2021-08-18T02:45:37Z2021-08-18T02:45:37Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43350This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/433502021-08-18T02:45:37ZPENINGKATAN LAYANAN PENJUALAN PRODUK MELALUI
PROSES REVIEW MENGGUNAKAN TEKNIK CRAWLINGDalam melakukan analisis review produk secara manual akan memakan
waktu yang terlalu banyak dan memakan tenaga para produsen. Peningkatan Layanan
Penjualan Produk melalui Proses Review Menggunakan Teknik Crawling membahas
tentang pengambilan dan menggunakan data review untuk dianalisis secara otomatis.
Penggunaan metode teknik crawling akan mengambil informasi dari website yang
terdapat review produk yang dituju. Informasi yang terkumpul akan di olah dengan
text mining. Mulai dari bintang 1 sampai dengan bintang 5 dan divisualisasikan
dengan wordcloud Untuk kata-kata yang di tampilakan yang dihasilkan/ditampilkan
dalam worldcloud adalah kata yang mengandung bobot paling tinggi sehingga kata
paling relevan akan muncul. Perbandingan rating juga di lakukan untuk mengetahui
kerelevanan rating dengan review. Dalam pengujiannya terdapat perbedaan rating
lama dengan rating baru yakni rating 1= 6:2, rating 2 =0:0, rating 3 =5:1, rating 4=
59:0, rating 5=238:305NIM.: 16650018 Denis Darwa Saputra2021-08-11T23:20:46Z2021-08-11T23:20:46Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43287This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/432872021-08-11T23:20:46ZZenius Stimulation during a Pandemic Framing of Republika.co.id and Liputan6.com on Distance Learning Issues in the Pandemic EraIndonesia’s education sector has also been affected by the Covid-19 pandemic. The learning
process has changed from conventional to online learning. Many students find it challenging to
capture and understand their knowledge because they are accustomed to the learning process
through face-to-face interactions with teachers. Teachers need to create a teaching system that is
more efficient than just completing the curriculum. Regarding this problem, Zenius, as an educa�tional application from Indonesia, issued the “Zenius Untuk Guru” platform, which helps teachers
create learning systems. The product launch attracted influential online media in Indonesia, Lipu�tan6.com and Republika.co.id. The interesting point about the launch platform is that these two
online media display the related news with different framing. This research using Entman’s fram�ing theory to describe how the two media perceive the platform. The results show that Liputan6.
com frames Zenius commercially, while Republika.co.id communicates Zenius as a problem solver
to improve teacher literacy in less technologically literate areas. Zenius also helps Indonesia in
equalizing education to remote areas of Indonesia.- Natasia Angreani- Rustono Farady Marta- Rama Kertamukti- Miranda Millian Kartono2021-08-03T03:04:08Z2021-08-04T01:04:54Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43182This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/431822021-08-03T03:04:08ZImplementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Information and Communication Technology (ICT) di Kelas X MIA MAN Yogyakarta IIIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PBL) berbasis Information and Communication Technology (ICT) di kelas XMIA MAN Yogyakarta III. Parameter yang diukur meliputi hasil belajar, minat, dan tanggapan siswa dalam pembelajaran biologi khususnya materi Ekosistem. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XMIA MAN Yogyakarta III. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling yaitu kelas XMIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XMIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U test dan Independent Samples t-test, serta analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbasis ICT terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XMIA 1 MAN Yogyakarta II. Hasil ujs statistik terhadap hasil belajar postiest diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.002a (0.05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbasis ICT terhadap minat belajar siswa kelas XMIA I MAN Yogyakarta III. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor angket minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81.87 sementara kelas koeimol sebesar 78.36, serta hasil uji statistik terhadap data minat belajar diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.026a (0.05). Siswa kelas XMIA memberikan tanggapan sangat baik terhadap penggunsun model pembelajarun Project Based Learning berbasis ICT dengan persentase rata-rata tanggapan sebesar 85.44.- Sri Lestari- Dias Idha Pramesti2021-06-18T06:33:21Z2021-06-18T06:33:21Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42482This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/424822021-06-18T06:33:21ZEFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @INFOSUMBAR
DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI
PADA MAHASISWA MUSLIM
(Studi Deskriptif Kuantitatif pada Mahasiswa Asrama Provinsi Sumatera Barat di Yogyakarta)This study aims to determine how much Instagram account @infosumbar effectiveness in fulfillment information needs of followers. This study uses a descriptive quantitative method. The population this study are followers Instagram account @infosumbar which this case students who reside in West Sumatera Province Dormitory in Yogyakarta. samples taken as 40 respondents using nonprobability sampling technique. The data analysis technique used is Likert scale. The results of Instagram account @infosumbar by 74,45% in high categorized, and fulfillment information needs of 77% in high categorized. This research conclude that Instagram account of @infosumbar effective in this caase give a positive in fulfillment information needs.NIM.: 14210025 Rahmi Wennadia Putri2021-03-16T05:24:38Z2021-06-21T06:51:26Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42146This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/421462021-03-16T05:24:38ZPENGARUH KEGIATAN PENDIDIKAN PEMAKAI (USER EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN PENCARIAN INFORMASI MAHASISWA DIPERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTAThis thesis aims to describe and analyze 1) user education in the UIN Sunan Kalijaga Library, Yogyakarta. 2) the ability to search for information on students of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta after participating in user education activities at the UIN Sunan Kalijaga Library in Yogyakarta. 3) the influence of user education on the students' information retrieval ability at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. This type of research is descriptive quantitative and associative. The sample in this study were 97 students of he UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta class of 2019. Sampling was conducted using nonprobability sampling technique. To obtain valid data, the authors used several data collection techniques, namely questionnaires and interviews. The main data collection used a questionnaire, a measuring tool for answers with a percentage and supporting data by interviewing one of the librarians of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. From the results of the study described in tabular form and analyzed using interpretation with sentences containing research conclusions. The results obtained from this study are 1) user education activities at the UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library starting from the preparation activities before the implementation and the end of the user education activities. 2) after participating in user education activities, students can search for the desired information, 3) user education has an influence on the understanding of student information retrieval at the Sunan Kalijaga State Islamic University Library, Yogyakarta. Based on the results of the overall data analysis, it can be concluded that the effect of user education on students' information retrieval abilities in the Sunan Kalijaga UIN Library, Yogyakarta is good. In terms of user education goals, user education materials, user education time, information search tools and information retrieval methods. The resulting influence was 36.6%. These results are obtained from calculations using a simple linear regression formula.NIM.:16140097 Tantriana Nikmatul Isna2021-03-10T04:06:51Z2021-06-21T06:04:06Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42122This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/421222021-03-10T04:06:51ZEVALUASI OPAC SOFTWARE SLIMS AKASIA 8.3.1 SEBAGAI SARANA TEMU KEMBALI INFORMASI BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTAThis research aims to know the result of the evaluation of the Akasia SLiMS software OPAC 8.3.1 based on students' perceptions as a means of nformation retrieval at the Mercu Buana University Library in Yogyakarta. This research uses descriptive quantitative research methods and uses stratified random sampling techniques based on student semester level of 100 respondents. Data analysis uses the mean and grand mean formulas that are presented. The scale in this study uses the guttman scale so that the validity test uses the biserial point correlation formula and the reliability test uses the K-R formula 20. The results obtained from the grand mean value presented are to all sub-variables showing a percentage of 77.1% and the percentage of sub variables based on stratified random sampling were 78.5% for semester II students, 73.3% for semester IV students, 77.7% for semester VI students and 81.1% for VIII semester students. From the results of these percentages it can be concluded that the level of evaluation of the Akasia SLiMS software OPAC 8.3.1 based on students' perceptions as a means of information retrieval in the Mercu Buana University Library Yogyakarta is included in the high category.NIM.:16140082 Sonia Dora Fransiska2021-03-08T12:41:42Z2021-06-21T05:10:27Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42116This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/421162021-03-08T12:41:42ZPERILAKU PENCARIAN INFORMASI USTAZ USTAZAH DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI DI MADRASAH DINIYAH AN-NAWAWI PLERET BANTULThe purpose of this study is to disscussed about how the information behavior of the religious teacher in the Madrasah Diniyah An-Nawawi to search information to meet the needs of the information. The research methodology used in this study is a qualitative. The data collection was done by indepth interviews, observation, and literature. Data analysis used in the theory of Miles and Huberman through three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Research results obtained including : (1) Behavior before information search is divided into : a) The context of the information needs sought by religious teacher of Madrasah Diniyah An-Nawawi leads to their information needs as teaching. individuals varies according to the activities and information needed. In addition, they also search for information that is outside of their teaching interests, such as entertainment. b) The activation mechanism shows that the majority of religious teacher Madrasah Diniyah An-Nawawi searches for information because it is based on anxiety about bad things that will happen if they do not search for information. The anxiety that exists in the religious teacher of Madrasah Diniyah An-Nawawi motivates them to search for information. c) Intermediary variables include psychological, environmental,
demographic, and not the characteristics of information sources. The factor that most influenced the search for religious teacher of Madrasah Diniyah An-Nawawi was using primary books and secondary books as reference material. d) Second of activation mechanism is risk and reward theory. The religious teacher of Madrasah Diniyah An-Nawawi still pay attention to the risk of information seeking. Therefore, only some religious teacher of Madrasah Diniyah An-Nawawi use the internet as a reference source because they pay attention to be source. (2) current information
seeking behaviors include passive attention, passive search, active search, and continuous search. The religious teacher of Madrasah Diniyah An-Nawawi tends to engage in seeking behavior ranging from passive attention to active search stages. For the active search stage and the search continues, it is very rare for religious teacher of Madrasah Diniyah An-Nawawi to arrive at this stage. (3) Behavior after information retrieval includes processing and use of information. There are the religious teacher of Madrasah Diniyah An-Nawawi some clerics who get information but cannot be processed and used for teaching needs. For example information that
does not match the audience. (4) Of the three information seeking behaviors, the majority of Islamic clerics conducted searches until the behavioral stage before information seeking. As for the advice given is : (1) The religious teacher of Madrasah Diniyah An-Nawawi should further expand his knowledge through a variety of learning media sources, both from tradisional and online books, including maktabah syamilah. (2) The development of infrastructure facilities for religious teacher of Madrasah Diniyah An-Nawawi as a place to develop knowledge, such as building a madrasah of library.NIM.: 16140016 Desi Marwanti