Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:27:11ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2021-03-16T07:44:21Z2021-06-21T04:40:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42095This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/420952021-03-16T07:44:21ZEVALUASI LAYANAN ANAK BERDASARKAN STANDAR IFLA
(INTERNATIONAL FEDERATION OF LIBRARY ASSOCIATIONS)
DI PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIAThe purpose of this research is to identify and describe the results of the evaluation of the implementation of the IFLA Guidelines for Library Services to Children aged 0-18 in the children's services section of the National Library of Indonesia. This research uses a combination method (mixed methods) with aconcurrent embedded model with 70% components using qualitative methods and 30% using quantitative methods. The results of this study were obtained from observation, interviews, and documentation. Meanwhile, the data validity test will use two kinds, namely qualitative methods (using Miles and Huberman theory) and quantitative (using non-tests because it uses standard measuring assessments from the IFLA Guidelines for Library Services to Children aged 0-18). Then for data analysis using two kinds, namely the qualitative method (using the credibility test, transferability test, confirmability test, and dependability test) and quantitative (using the mean). The results of this research are that of the 4 parts of the IFLA standard consisting of 42 components, 67% are in accordance with the IFLA Guidelines for Library Services to Children aged 0-18, 24% which are sufficiently in accordance with the IFLA Guidelines for Library Services to Children aged 0-18 0-18, and 9% not yet compliant with IFLA Guidelines for Library Services to Children aged 0-18.NIM.: 16140063 Nadila Nalanda Ilyas2020-01-03T07:24:02Z2020-01-03T07:24:02Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37212This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/372122020-01-03T07:24:02ZPENGGUNAAN MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRĀDĀT BAHASA ARAB KELAS V MI MA'ARIF
KANIGORO NGABLAK MAGELANGDi MI Ma‟arif Kanigoro dalam proses pembelajaran
bahasa Arab masih menggunakan buku paket tidak bergambar, dan guru sebagai pusat pembelajaran di
kelas, kurangnya variasi dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa kurang antusias dengan
mata pelajaran bahasa Arab dan kemampuan siswa berkurang dalam menghafal. Untuk mengatasi masalah
tersebut ditetapkan media Wall Chart . adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui
kemampuan menghafal mufrādāt bahasa Arab siswa sebelum menggunakan media Wall Chart.(2) Untuk
Mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab siswa kelas V MI MA‟ARIF Kanigoro Ngablak- Magelang
menggunakan Media Wall Chart. (3) Untuk Mengetahui peningkatan hafalan mufrādāt bahasa Arab peserta
didik kelas V MI MA‟ARIF Kanigoro Ngablak- Magelang setelah menggunakan media Wall Chart.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang
masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini meliputi: observasi proses pembelajaran oleh guru dan siswa dalam
siklus I dan II, tes setelah proses pembelajaran/ hasil evaluasi siswa, dan hasil wawancara dengan
guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian
ini ialah: adanya peningkatan kemampuan menghafal mufrādāt bahasa Arab siswa dengan rata-rata
perolehan nilai siswa adalah 70.
Hasil penelitian anatara lain: (1) kemampuan menghafal mufrādāt siswa masih rendah, dibuktikan
dengan hasil pretest pada pra siklus adalah 0% atau belum ada yang mencapai indikator
keberhasilan.(2) media Wall Chart dapat
viii
mempermudah proses menghafal dan mudah mengingat mufrādāt tanpa harus melalui proses panjang dan
membosankan, sehingga media ini akan membuat siswa berpartsisipasi aktif dan lebih efisien,
mengurangi siswa yang berlari-larian dalam kelas serta kegaduhan, dan meningkatkan kualitas
pembelajaran. (3)pada siklus I menunjukkan kemampuan menghafal mufrādāt bahasa Arab meningkat
dengan rata-rata hasil siswa 13,04% dari hasil awal pra siklus yang hanya 0%. Pada siklus II
kemampuan menghafal siswa mengalami kenaikan menjadi 86,36% dengan effect size sebesar 73,32% dari
hasil siklus I.NIM .14480129 Laeli Mu'mirotun2019-05-08T04:35:28Z2019-05-08T04:35:28Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34962This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/349622019-05-08T04:35:28ZBUKU PANDUAN PERPUSTAKAAN = LIBRARY GUIDE BOOKBuku panduan perpustakaan Tahun 2018 adalah sebuah buku panduan yang diterbitkan oleh perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yang berguna untuk panduan bagi mahasiswa baru tahun 2018 khususnya umumnya bagi semua civitas akademika di UIN Sunan kalijaga yang berisi tentang pelayanan, fasilitas, dan cara menggunakan selusuh fasilitas dan layanan yang diberikan oleh perpustakaan, mulai dari lantai 1 sampai dengan lantai 4Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga INDONESIA2018-01-10T07:55:09Z2018-01-10T08:12:35Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28966This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/289662018-01-10T07:55:09ZRepositori PerpustakaanRepositori Perpustakaan - Belakangan ini dunia perpustakaan mulai diramaikan dengan munculnya fenomena institutional repository atau repositori institusi. Perpustakaan universitas mulai berlomba-lomba membangun repositori institusi. Dalam hal ini ialah digital institutional repository. Institutional Repository (IR) merupakan wadah yang digunakan untuk mengelola dan menyebarkan karya ilmiah mahasiswa, dosen, dan peneliti dalam format digital. IR ini sangat mudah untuk diakses melalui perangkat komputer yang sudah terhubung dengan jaringan internet. Salah satu contohnya ialah www.digilib.uin-suka.ac.id yang merupakan repositori institusi dari kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Miftakhul Yazid Fuadi2017-10-03T07:11:52Z2017-10-03T07:11:52Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27436This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/274362017-10-03T07:11:52ZPANDUAN
Repository Digital Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga YogyakartaPuji syukur kita panjatkan ke hadirat allah swt yang telah memberikan rahmat dan kekuatan sehingga telah tersusun Buku Panduan Repository Digital Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Petunjuk Teknis ini merupakan petunjuk bagi pegawai atau staf di bagian repository digital untuk memverifikasi soft copy tugas akhir mahasiswa yang telah di upload di server perpustakaan. Dengan adanya petunjuk teknis ini pegawai atau staf bisa bekerja dengan pedoman yang tetap, siapapun yang bekerja bisa melihat pada juknis ini.
Keberhasilan ini sangat ditentukan oleh kerjasama dan komitmen pegawai perpustakaan, terutama di bagian repository dan bagian informasi, serta PTIPD yang selalu mendukung bagi pengembangan aplikasi bebas pustaka dan unggah file Tugas Akhir mandiri. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini, mudah-mudahan Juknis ini sebagai acuan dan pedoman bagi pemangku kepentingan dalam pelaksanaan verifikasi di tahun berikutnyaSugeng Hariyanto