Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:45:13ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/http://digilib.uin-suka.ac.id/25213/1.hassmallThumbnailVersion/COVER_Page_1.jpghttp://digilib.uin-suka.ac.id/25213/2.hassmallThumbnailVersion/COVER_Page_2.jpg2017-04-26T04:37:54Z2017-04-26T04:37:54Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25213This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/252132017-04-26T04:37:54ZIslam and the problem of educational reconstructionOf all the problems that confront the Muslim World today
the educational problem is the most challenging. The future of the
Muslim World will depend upon the way it responds to this challenge.
The question is not merely that of expanding and multiplying
educational facilities or even that of improving the quality of
education, however important both these aspects may be. The real
issue is much more fundamental. What is to be examined is the
crucial question : Is the present' system of education in accord with
the ideological historical and socio- economic needs of the Muslim
people ? How far is it committed to the ideal and values of the
Muslim Ummah ? How relevant is it to the changing needs of their
SI)Ciety and economy and how capable is it to meet the requirements
of today and tomorrow? The critical questions in educational planning
are not merely about this or that facility, but about the basis of
the entire arrangement and the usefulnes~ of the educational scheme
as such. Thus, it is the ideals, content, ethoa and structure of
the crducational order that deserve to be examined. Unless they are
reviewed in all seriousness, the educational crisis will persist and
aggravate.Khurshid Ahmadhttp://digilib.uin-suka.ac.id/25205/2.hassmallThumbnailVersion/COVER_Page_1.jpghttp://digilib.uin-suka.ac.id/25205/3.hassmallThumbnailVersion/COVER_Page_2.jpg2017-04-26T03:18:00Z2017-04-26T03:44:34Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25205This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/252052017-04-26T03:18:00ZIslam Dalam Historiografi Eropah Semenjak Tahun 1800Dalam artikel ini akan dikemukakan suatu uraian mengenai
Islam sebagai suatu problema sejarah didalam buku2 yang ditulis
olc-h sarjana1 Barat semenjak tahun 1800.
Literatur sejarah Islam selama I 1/ 2 abad terakhir ini cukup
banyak diterbitkan dalam bahasa - bahasa Eropa ( kecuali USA
dan Rusia ), sehingga tidak mungkin dilakukan suatu penyelidikan
secara menyeluruh kalau hanya didalam waktu yang singkat apalagi
dalam suatu uraian ringkas seperti yang di perkatakan sekarang ini.
Disini hanya akan diuraikan secara umum mengenai tulisan 2 yang
diketengahkan sarjana Barat mengenai Islam dan sejarahnya semenjak
tahun 1800. Disamping itu perlu pula diketahui apakah
yang menjadi tujuan mereka dalam menulis dan menyelidiki Islam
dan sejarahnya itu dan faktor1 apakah yang mempengaruhi Orientalist
Barat dan sarjana2 yang bukan Orientalist dalam memberikan
uraian dan penafsiran didalam sejarah Islam.A. Muin Umarhttp://digilib.uin-suka.ac.id/25170/2.hassmallThumbnailVersion/COVER_Page_1.jpghttp://digilib.uin-suka.ac.id/25170/3.hassmallThumbnailVersion/COVER_Page_2.jpg2017-04-18T07:18:47Z2017-04-18T07:18:47Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25170This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/251702017-04-18T07:18:47ZEthika dan Problematika Dewasa ini1. Akhlaq adalah mutlaq bagi kehidupan manusia. Nilai tinggi
rendahnya seseorang dan bangsa itu ditentukan oleh akhlaqnya.
2. Ethika dan moral adalah mengatur hubungan manusia antar
sesama hidupnya. Karenanya, ia merupakan bagian dari pada
akhlaq, dimana akhlaq itu mengatur hubungan manusia dengan
Tuhan dimanifestasikan dalam wujud ibadah yang dilandasi
oleh ajaran keimanan, disamping akhlaq itu mengatur hubungan
sesama manusia.
3. Obyek akhlaq ialah semua perbuatan manusia yang dilakukan
dengan pengertian dan sadar serta tidak dipaksa oleh fihak luar,
untuk dinilai baik dan buruknya; Bagi ummat Islam, maka
kriteria (ukuran) penilaiannya adalah ajaran2 Islam itu sendiri.
4. Adanya berbagai aliran dalam ethika, maka faham yang harus
diikuti oleh ummat Islam, ialah Aliran Theologies berdasarkan
ajaran 2 Islam, sesuai dengan agama yang dipeluknya.
5. Moralitas Islam adalah menuju kehidupan yang damai, bahagia,
tenteram lahir dan bathin, dalam Iindungan ridla dan ampunan
Allah.
Saran-saran :
1. Hendaklah Pemerintah lebih memperketat pengawasannya ter·
hadap buku1, bacaan2, pertunjukan 2 dan pengaruh kebudayaan
asing yang non Paedagogies dan merusak psychologi masya·
rakat.
2. Pembentengan dan penanggulangan terhadap kemungkinan~
terjadinya arus dekadensi moral, adalah menjadi tugas bersama
dari seluruh lapisan masyarakat. Dan secara syar'i adalah men·
jadi kewajiban ummat Islam.
3. Pendidikan dan penanaman jiwa beragama, harus lebih ditingkatkan.
Schab agama merupakan unsur mutlak dalam pembangunan.A. Sahilun Nasir