PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR OPERASI BILANGAN BULAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI MAARIF 01 LAYANSARI 2011-2012

IKSANUDIN, NIM. 09480014 (2012) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR OPERASI BILANGAN BULAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI MAARIF 01 LAYANSARI 2011-2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)

Abstract

Iksanudin, Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Operasi Bilangan Bulat Mata Pelajaran Matematika Kelas V MI Ma`arif 01 Layansari 2011-2012, Skripsi Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2011. Dalam pembelajaran matematika, siswa harus dilibatkan langsung secara mental, fisik dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah dipelajari dan untuk memancing serta mengaktifkan otak anak. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan memperngaruhi prestasi belajar peserta didik. Sistim pembelajaran yang tidak memancing otak anak dalam berfikir akan mempengaruhi perkembangan otak anak dalam jangka waktu yang cukup panjang. Peserta didik akan terbiasa diberi tidak mampu menganalisa masalah yang dihadapi karena anak tidak terlatih sejak didni. Di MI Ma`arif 01 Layansari Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap, dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa secara langsung baik mental fisik dan interaksi sosial, guru masih menjadi pusat belajar bagi peserta didik di kelas sangat berengaruh pada partisipasi dan prestasi belajar siswa serat mental siswa dalam interaksi sosial sehari-hari. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu hal yang perlu dilakukan dalam pemelajaran adalah dengan mengunakan metode bermain peran dan demonstrasi untuk dapat melibatkan secara langsung dalam kegiatan siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1). bagaimana penerapan metode bermain peran pada pembelajaran matematika operasi bilangan bulat di kelas V MI Ma`arif 01 Layansari. 2) bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode bermain peran dan demonstrasi di kelas V MI Ma`arif 01 Layasari 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi partisipasi siswa yang diambil dari hasil observasi, prestasi belajar yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir pertemuan, aktivitas siswa dan guru yang diambil dari hasil observasi dan dokumentasi, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi. Keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa yaitu meningkatnya prestasi belajar siswa di atas KKM untuk KD ini 60 yang mencapai 85% atau lebih dari jumlah siswa kelas V MI Ma`arif 01 Layansari. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan prestasi dari sebelum tindakan ketuntasan hanya 9,37% dengan nilai rata-rata 26,50, siklus I meningkat menjadi 40,00% dengan nilai rata-rata 49,00 dan siklus II meningkat menjadi 88,37% dengan Nilai rata-rata kelas 71.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika MI, Bermain Peran dan Demonstrasi, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Mar 2014 15:08
Last Modified: 18 Jan 2017 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10099

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum