PEMBELAJARAN PAI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA DI KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012 SMPN 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA (KAJIAN STRATEGI DAN MATERI)

MAFTIHAN KHULFAHMI, NIM.08470059 (2012) PEMBELAJARAN PAI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA DI KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012 SMPN 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA (KAJIAN STRATEGI DAN MATERI). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)

Abstract

Maftihan Khulfahmi. Pembelajaran PAI Dalam Perspektif Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa di Kelas VII Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012 SMPN 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga. 2012. Latar belakang penelitian ini adalah kenakalan remaja menjadi dampak dari kurang terkontrolnya pergaulan remaja oleh orang tua. Hal ini juga tidak lepas dari pengaruh budaya Barat, media hiburan, dan lingkungan. Maka dari itu, Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu membentengi mental peserta didik dari pengaruh negatif tersebut, yaitu dengan mengembangkan nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam diri peserta didik melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran PAI yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa serta materi pembelajaran PAI yang diintegrasikan oleh guru dengan pendidikan budaya dan karakter bangsa di kelas VII semester genap tahun ajaran 2011/2012 SMPN 1 Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan dan memperkaya khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan khususnya tentang integrasi nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru PAI kelas VII SMPN 1 Kalasan Sleman Yogyakarata. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, indept interview (wawancara mendalam). Hasil penelitian menunjukkan: (1). Bahwasannya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI dalam mengembangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa di kelas VII semester genap tahun ajaran 2011/2012 SMPN 1 Kalasan adalah Strategi Pembelajaran Ekspositori, Strategi Pembelajaran Aktif (active learning), serta Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL). (2). Adapun materi pembelajaran PAI kelas VII semester genap yang diintegrasikan oleh guru dengan pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah: (a)Pengertian hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati, (b)Hukum bacaan nun mati/tanwin dalam QS. Al-Qadar dan hukum bacaan mim mati dalam QS. Al-Fiil, (c)Definisi iman kepada malaikat, nama-nama malaikat dan tugasnya dan fungsi iman kepada malaikat, (d)Perbedaan manusia dengan malaikat, keterkaitan aktifitas manusia dengan malaikat dan penerapan iman kepada malaikat, (e)Definisi perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti, (f)Pembiasaan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti, (g)Pengertian, syarat dan ketentuan salat Jum’at, (h)Pengertian salat Jama’, pengertian salat Qashar, syarat-syarat dan macammacam salat Jama’ dan Qashar, (i)Perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat Nabi dan nilai-nilai keteladanan Nabi Muhammad SAW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan budaya, karakter, agama islam
Subjects: Kependidikan Islam Jurnal
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:51
Last Modified: 27 Mar 2017 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10105

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum