NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL CHAIRUL TANJUNG SI ANAK SINGKONG DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA TINGKAT MI

NUGRAHANI NING KHARAH, NIM. 09480115 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL CHAIRUL TANJUNG SI ANAK SINGKONG DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA TINGKAT MI. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL CHAIRUL TANJUNG SI ANAK SINGKONG DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA TINGKAT MI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL CHAIRUL TANJUNG SI ANAK SINGKONG DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA TINGKAT MI)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (714kB)

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah bahwa, selain dijadikan sebagai bahan bacaan, sebuah novel juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran sebagai sarana untuk mengajarkan nilai-nilai pendidikan karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Chairul Tanjung Si Anak Singkong dan bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Chairul Tanjung Si Anak Singkong dengan mata pelajaran Aqidah Akhlak pada tingkat MI. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek novel Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Pendekatan yang digunakan adalah semiotik. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis isi (conten analysis). Pada penelitian ini, penulis akan mengungkapkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Chairul Tanjung Si Anak Singkong, kemudian menafsirkan relevansinya dengan mata pelajaran Aqidah Akhlak pada tingkat MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pesan pendidikan karakter dalam novel Chairul Tanjung Si Anak Singkong yang meliputi: religius, jujur, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, cinta tanah air, peduli sosial, bersahabat atau komunikatif, semangat kebangsaan, peduli lingkungan, rasa ingin tahu, dan menghargai prestasi. Terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Chairul Tanjung Si Anak Singkong dengan materi serta metode pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak pada tingkat MI. Pada aspek materi nilai yang relevan antara lain: religius, jujur, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, cinta tanah air, peduli sosial, bersahabat atau komunikatif, peduli lingkungan, rasa ingin tahu, dan menghargai prestasi. Sedangkan pada metode pembelajaran yang relevan digunakan antara lain: metode demonstrasi dan eksperimen, latihan, tanya jawab, pelaksanaan tugas, dan metode ceramah. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Aqidah Akhlak MI, Novel Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Aqidah Akhlak MI, Novel Chairul Tanjung Si Anak Singkong
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Feb 2014 08:33
Last Modified: 31 Jan 2017 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum