PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2011/2012

UMMU SALAFIYAH , NIM. 08480020 (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

UMMU SALAFIYAH. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas III B MIN Yogyakarta II Tahun Pelajaran 2011/2012. Skipsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas IIIB MIN Yogyakarta II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Latar belakang masalah penelitian ini adalah: (1) Masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran termasuk pada mata pelajaran IPA. (2) Dari hasil ulangan harian siswa, dari 23 siswa, hanya 10 siswa (43,47%) yang telah memenuhi KKM (3) Pada praktiknya guru terkadang menerapkan belajar secara berkelompok, tetapi tidak menggunakan konsep kooperatif yang sebenarnya, sehingga pemahaman materi dan kerjasama antar siswa kurang berjalan maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa masih kurang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas III B MIN Yogyakarta II sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran IPA di kelas III B di MIN Yogyakarta II, (3) Bagaimana hasil keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas III B MIN Yogyakarta II setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang didukung data kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas III B MIN Yogyakarta II. Data-data yang dikumpulkan berupa data keaktifan dan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi pada lembar observasi untuk keaktifan belajar siswa, pre test dan post test IPA untuk prestasi belajar siswa, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Adapun kegiatan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil analisis untuk: (1) Keaktifan belajar siswa pada siklus I diperoleh ratarata persentase keseluruhan sebesar 77,71% dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase keseluruhan sebesar 91,30% dengan kategori baik sekali. Jadi keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,59%. (2) Prestasi belajar siswa diperoleh rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu 80,39, pada siklus II meningkat menjadi 90,78, sehingga rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan sebesar 10,39. Sedangkan untuk keberhasilan prestasi siswa, pada siklus I diperoleh nilai sebesar 69,56% (16 siswa), dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 95,65% (22 siswa), sehingga keberhasilan prestasi siswa mengalami peningkatan sebesar 26,09%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Zainal Abidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 15:11
Last Modified: 23 Jan 2017 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum