PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PARAKAN TEMANGGUNG JAWA TENGAH 2007

IVA DAMAYANTI - NIM. 03470557, (2008) PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PARAKAN TEMANGGUNG JAWA TENGAH 2007. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PARAKAN TEMANGGUNG JAWA TENGAH 2007)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PARAKAN TEMANGGUNG JAWA TENGAH 2007)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)

Abstract

ABSTRAK b IVA DAMAYANTI. /b Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana program pengembangan kompetensi guru di SD Muhammadiyah Parakan dan bagaimana program pengembangan kurikulum muatan lokal di SD Muhammadiyah Parakan. Subyek penelitian yang diambil adalah kepala sekolah, guru dan waka kurikulum SD Muhammadiyah Parakan. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang dipakai adalah metode analisis data kualitatif yaitu metode deskriptik-analitik. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa dalam rangka program pengembangan kompetensi guru di SD Muhammadiyah Parakan,kepala sekolah sebagai manajer dan supervisor melakukan berbagai upaya yaitu melalui supervisi dengan teknik individu seperti percakapan pribadi, mengadakan kunjungan kelas, kemudian melalui teknik kelompok dengan cara pembinaan yang dilaksanakan pada setiap minggu akhir, serta dengan cara mengadakan pelatihan-pelatihan, studi banding, seminar, mengirim guru untuk memberikan pelatihan-pelatihan di sekolah lain dan menjadi peserta guru Jaringan Sekolah Muhammadiyah (JSM) se Jawa-Bali. Sedangkan dalam rangka program pengembangan kurikulum muatan lokal di SD Muhammadiyah Parakan, kepala sekolah beserta jajaran kepengurusannya melakukan upaya dengan menyusun kurikulum setiap mata pelajaran muatan lokal secara sistematis yaitu dengan cara guru menentukan Garis-Garis Besar Program pengajaran (GBPP) atau silabus, kemudian mempelajari Pokok Bahasan (PB) atau Sub Pokok Bahasan (SPB) lalu menentukan garis-garis program pengajaran atau silabus yang akan dicakup dalam masing-masing pokok bahasan atau sub pokok bahasan, kemudian guru menemukan dan menunjukkan unsur-unsur yang terdapat dilingkungan murid atau sekolah yang perlu dipelajari siswa dan sebagai langkah akhir para guru menentukan unsur-unsur mana yang sesuai dengan pokok bahasan atau sub pokok bahasan. Kemudian dilakukan pembinaan kurikulum muatan lokal serta merencanakan pengembangan kurikulum muatan lokal untuk jangka jauh dan jangka pendek serta mengadakan program perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik dan sebagai tindak lanjutnya sekolah mengadakan kegiatan kokurikuler dan les untuk beberapa mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Nurrohmah.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, SD.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 May 2012 11:00
Last Modified: 15 Mar 2017 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum