EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

EKA WALTIYAH, NIM. 08600009 (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran yang dilaksanakan di MTs Ma’arif Jumo masih berpusat pada Guru. Pembelajaran tersebut dikhawatirkan siswa akan cepat bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian ternyata kurang memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang optimal. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan learning start with a question yang lebih menekankan pada pembelajarran individu dan kerjasama kelompok, diharapkan dapat berpengaruh pada hasil belajar yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan peran aktif dan hasil belajar antara siswa kelas VII MTs Ma’arif Jumo tahun ajaran 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan (1) model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualizations) dengan learning start with a question (2) yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualizations) dan (3) yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Post-test Only Control Design. Variable penelitian terdiri atas yaitu (1) variabel bebas yaitu berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan learning start with a question, model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model konvensional. (2) variabel terikat (X,Y) berupa peran aktif dan hasil belajar. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes, angket dan observasi. Validitas instrument penelitian menggunakan validitas isi serta validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Analisis data menggunakan uji One Way Anova dengan menggunakan uji lanjutan Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan pada hasil (1) pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan learning start with a question lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap peran aktif dan hasil belajar (2) pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap peran aktif dan hasil belajar. (3) pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan learning start with a question tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran TAI terhadap peran aktif dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muchammad Abrori, S.Si, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: i: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan learning start with a question, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Peran Aktif, Hasil Belajar MTs Ma’arif Jumo.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:04
Last Modified: 22 Jan 2016 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10827

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum