USULAN PERENCANAAN PERAWATAN MESIN DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VII (PERSERO) UNIT USAHA SUNGAI NIRU KAB.MUARA ENIM

HENDRO ASISCO , NIM. 07660043 (2012) USULAN PERENCANAAN PERAWATAN MESIN DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VII (PERSERO) UNIT USAHA SUNGAI NIRU KAB.MUARA ENIM. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)

Abstract

Aktivitas produksi sering mengalami hambatan dikarenakan tidak berfungsinya mesin-mesin produksi. Untuk menjaga kestabilan produksi perlu adanya sistem pemeliharaan mesin atau peralatan produksi. PT. Perkebunan Nusantara VII (Persero) Unit Usaha Sungai Niru merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan kelapa sawit. Kapasitas produksi PT.Perkebunann Nusantara VII (Persero) Unit Usaha Sungai Niru yang tinggi menyebabkan sering terjadi permasalahan breakdown mesin yang tinggi dan belum ditemukan tindakan perawatan yang optimal. Reliability Centered Maintenance (RCM) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menentukan tindakan perawatan yang optimal untuk setiap komponen kritis mesin pada stasiun pemisah biji. Hasil analisis dengan menggunakan metode RCM diperoleh kategori tindakan perawatan yang paling tepat yaitu 23 komponen masuk kategori condition directed, 11 komponen masuk kategori failure finding dan 5 komponen masuk kategori run to failure. Kemudian dari hasil wawancara dengan pihakpihak yang berkompeten diketahui bahwa komponen bearing, universal joint, pen dan batang kopling adalah komponen kritis. Interval penggantian komponen yang optimal dengan meminimalkan downtime untuk komponen bearing adalah 122 jam dengan downtime 0.005944116, universal joint 1067 jam dengan downtime 0.00439881, pen 397 jam dengan downtime 0.001719194 dan batang kopling 642 jam dengan downtime 0.000899. Dengan dilakukannya pergantian komponen sebelum terjadinya kegagalan telah meminimalkan waktu downtime sebesar 2,3 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kifayah Amar, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Reliability Centered Maintenance, Total Minimum Downtime
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:06
Last Modified: 18 Mar 2016 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum