EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DILENGKAPI TEAM QUIZ DALAM PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA

M. MASRURI BURHAN, NIM. 07600003 (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DILENGKAPI TEAM QUIZ DALAM PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual dilengkapi team quiz dalam pemecahan masalah lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis dan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Variabel bebas adalah penggunaan model pembelajaran kontekstual dilengkapi team quiz dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan penalaran matematis dan keaktifan siswa. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk penelitian sensus. Penelitian sensus yaitu penelitian yang menggunakan seluruh anggota populasinya. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak karena kedua kelas tersebut telah diketahui homogen. Penentuan kehomogenan tidaknya kedua kelas diasumsikan bahwa kedua kelas tersebut disusun secara acak, tidak adanya penggolongan kemampuan. Selain itu, materi dan jumlah jam pelajaran diberikan dengan jumlah yang sama oleh guru yang sama. Hasil yang diperoleh kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa, pemberian posttest untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa dan pemberian lembar angket untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (independent samples t-test) untuk menganalisis pretest dan posttest. Hasil analisis data deskriptif diperoleh hasil bahwa rata-rata skor gain kelas eksperimen sebesar 32,08 dan rata-rata gain kelas kontrol sebesar 8,07. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran kontekstual dilengkapi team quiz relatif lebih tinggi daripada siswa dengan model pembelajaran konvensional. Hasil lembar angket keaktifan siswa diperoleh 61,55 % untuk kelas eksperimen, dan 52,80 %. Hasil angket tersebut menunjukan bahwa keaktifan siswa dengan model pembelajaran kontekstual dilengkapi team quiz relatif lebih tinggi daripada siswa dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Khurul Wardati, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Team Quiz, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Penalaran Matematis, Keaktifan Siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:07
Last Modified: 25 Jan 2016 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum