STRATEGI INTERNALISASI NILAI INKLUSIVISME SANTRI MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

AHMAD ASAD DUDIN, NIM. 08410019 (2014) STRATEGI INTERNALISASI NILAI INKLUSIVISME SANTRI MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI INTERNALISASI NILAI INKLUSIVISME SANTRI MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI INTERNALISASI NILAI INKLUSIVISME SANTRI MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AHMAD ASAD DUDIN. Strategi Nila Ingklusifisme Santri melalui kegiatan pembelajaran Di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeru Sunan Kalijaga Yogyakarta,2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyaknya keberagaman yang ada di wilayah Kotagede dimana pondok dan Madrasah Diniyah Nurul Ummah berdiri dan adanya interaksi yang muncul antara santri dengan warga masyarakat sekitar yang sensitif memungkinkan terjadinya pergesekan konflik, dari sinilah diperlukan faham keterbukaan atau inklusivisme santri, karena kebanyakan santri madrasah diniyah berasal dari luar kota yogyakarta yang memiliki kebudayaan dan faham yang berbeda yang nampak dalamhidup keseharian dalam kehidupan sehari- hari. Nilai inklusivisme diperlukan guna untuk menciptakan ketentraman, kerukunan, keamanan dan kenyamanan bersama dalam hidup bermasyarakat. Hal ini nampak terjadi dalam pondok maupun di lingkungan yang bukan mayoritasnya namun bisa hidup saling toleransi, menghargai, menghormati dan menerima masukan- masukan yang sifatnya positif yang merupakan bagian dari nilai-nilai inklusivisme, walaupun dari orang yang bukan sefaham ataupun yang seiman yang ada di lingkunggan Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Fahan keterbukaan ini juga di ajarkan melalui strategi yang di terapkan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajar dan belajar mengajar di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Ummah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian santri madrasah Diniyah Nurul Ummah Putra Kotagede Yogyakarta. Adapun dalam tahap pengumpulan data peneliti menggunakan teknik indept interview (wawancara mendalam ) serta dokumentasi. Lalu peneliti memberikan makna terhadap data yang diperoleh melalui wawancara ataupun dokumentasi sebagai teknik analisa data. Dan untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti mendapatkan hasil penelitian yaitu (1) terdapat nilai-nilai inklusivisme di madrasah diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, (2) penggunaan metode-metode seperti sorogan, bandongan, persentasi, dll dalam proses pembelajaran di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta mampu menginternalisasikan dan membangun sikap inklusivisme para santri dengan adanya penguasaan Ustadz- ustadz pengajar terhadap metode pembelajaran yang berlangsung di Madrasah Diniyah Nurul Ummah merupakan cara efektif dalam menumbuhkan sikap inklusifisme seperti sikap toleransi, saling menghormati dan berani menerima perbedaan yang muncul dengan didukung adanya pengunaan muatan kurikulum di Madrasah Diniyah yang mengkolaborasikan antara kurikulum klasik dan modern di Pondok Pesantren Nurul Ummah yang membantu tumbuhnya sikap inklusifisme para santri, sebagai contoh adanya kolaborasi dalam penggunaan kitab-kitab klasik dan modern pada kurikulum yang berlangsung di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M. Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 13:47
Last Modified: 02 Aug 2017 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11207

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum