GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DI MIN PATUK GUNUNGKIDUL

DWI RAHMAWATI, NIM. 09480036 (2013) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DI MIN PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DI MIN PATUK GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DI MIN PATUK GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah menengok ketidakseimbangan antara kepemimpinan di dalam suatu Madrasah yang dapat disorot dari gaya kepemimpinan yang membawa pengaruh besar. Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah harus memiliki kemampuan administrasi, memiliki komitmen tinggi, dan luwes dalam melaksanakan tugasnya. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan kinerja guru melalui program pembinaan kemampuan tenaga kependidikan dan ketertiban guru dalam kedisiplinan waktu. Oleh karena itu kepala sekolah harus mempunyai kepribadian atau sifat-sifat dan kemampuan serta keterampilanketerampilan untuk memimpin sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini dengan menggunakan metode studi kasus penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, dokumentasi semi terstruktur dan angket di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Patuk Gunungkidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gaya kepemimpinan kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Patuk Gunungkidul menyatakan gaya kepemimpinan Demokratis. (2) Peningkatan kedisiplinan guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Patuk Gunungkidul rata-rata cukup baik. Peningkatan kedisiplinan guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Patuk Gunungkidul rata-rata cukup baik. Peningkatan kedisiplinan guru dapat dilihat dari aspek disiplin waktu, disiplin sikap dan disiplin beribadah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Patuk Gunungkidul Kata Kunci: Gaya kepemimpinan, peningkatan kedisiplinan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan, peningkatan kedisiplinan guru.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Apr 2014 07:40
Last Modified: 26 Jan 2017 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum