MEMBANGUN KREATIVITAS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

DIAN NOVIAR, M.Pd.Si., - (2013) MEMBANGUN KREATIVITAS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. MEMBANGUN KREATIVITAS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013.

[img] Text
BAB III.rtf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (12MB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (52kB)
[img] Text
Cover Baru.rtf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (59kB)

Abstract

----- PEMBATASAN MASALAH Berdasarkan latar belakang dan masalah yang ada, maka penelitian ini dibatasi pada: Kreativitas mahasiswa calon guru biologi dalam rangka implementasi kurikulum 2013 dengan memfokuskan pada aspek-aspek dan ciri-ciri kreatif mahasiswa prodi pendidikan biologi fakultas sains dan teknologi. Selain itu ditinjau dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Ciri berpikir kreatif dan sikap kreatif merupakan komponen yang berperan penting dalam rangkaian kegiatan kreatif yaitu mulai dari aspek pribadi dan lingkungan, proses, dan produk. Adapun ciri-ciri kreatif yaitu: 1. Berpikir kreatif Berpikir fleksibel, berpikir divergen, berpikir orisinil. 2. Sikap kreatif Rasa ingin tahu, bersedia mengambil resiko, merasa tertantang oleh kemajemukan, imajinatif, keterampilan menilai. Aspek-aspek kreativitas diantaranya: 1. Kreativitas dari aspek pribadi dan lingkungan Berkaitan dengan interaksi, pikiran, sikap, perasaan, lingkungan sehingga terbentuk suatu keunikan. 2. Kreativitas dari aspek proses Berkaitan dengan cara pandang seseorang terhadap suatu hal secara detail, urut, atau tahap demi tahap. 3. Kreativitas dari aspek produk 4. Berkaitan dengan hasil dari suatu proses yang di dalamnya terdapat interaksi dengan lingkungan yang tercermin dalam sikap, pikiran, dan perasaan. ----- RUMUSAN MASALAH 1. Bagaimanakah level kreativitas mahasiswa calon guru biologi UIN Sunan Kalijaga dalam rangka implementasi kurikulum 2013? 2. Adakah korelasi antara kreativitas mahasiswa calon guru biologi dengan Indeks Prestasi Kumulatifnya? 3. Bagaimanakah cara yang efektif dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa calon guru biologi dalam rangka implementasi kurikulum 2013? ----- TUJUAN DAN MANFAAT Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui gambaran yang jelas mengenai level kreativitas mahasiswa calon guru biologi UIN Sunan Kalijaga dalam rangka implementasi kurikulum 2013 2. Mengetahui korelasi antara kreativitas mahasiswa calon guru biologi dengan Indeks Prestasi Kumulatifnya. 3. Mengetahui cara yang efektif dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa calon guru biologi dalam rangka implementasi kurikulum 2013. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1. Memberikan informasi dan hasil penelitian ini sebagai bahan masukan pentingnya pembinaan profesi calon guru biologi pada prodi pendidikan biologi untuk meningkatkan kreativitas yang dimiliki oleh mahasiswa sebagai calon guru. 2. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi para dosen prodi pendidikan biologi untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa calon guru sehingga membelajarkan biologi menjadi lebih baik. Para calon guru diupayakan untuk melakukan usaha-usaha agar lebih kreatif sehingga proses pembelajaran biologi untuk siswa menjadi bermakna dan motivasi belajar siswa terhadap biologi meningkat, karena dengan kehadiran para calon guru yang memiliki kreativitas tinggi. 3. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan untuk penelitian selanjutnya, baik di bidang yang sama maupun bidang lainnya dengan cakupan yang lebih luas, khususnya yang berhubungan dengan peningkatan kreativitas mahasiswa calon guru biologi. 4. Penelitian ini diharapkan mendorong kinerja prodi pendidikan biologi untuk melakukan terobosan-terobosan baru dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa sebagai calon guru biologi.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian Dosen
Divisions: E-Journal
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2014 09:45
Last Modified: 16 Apr 2014 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11902

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum