ESTI ANIFAH, NIM. 97473726 (2002) KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I.V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II. III. IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Anak didik merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pendidikan. Dalam pandangan modern, anak didik tidak hanya dianggap sebagai obyek atau sasaran pendidikan, melainkan juga harus diperlakukan sebagai subyek pendidikan. Oleh karena itu pendidikan hendaknya melayani kebutuhan dan hakekat anak didik. Pendidikan seharusnya mempunyai kreasi-kreasi baru di sepanjang waktu dengan berorientasi kepada sifat, kecenderungan dan hakekat anak didik baik dari segi fisiologis meupun segi psikososialnya. Dalam tahap lanjut, pendidik perlu memperhatikan ciri khas masing-masing anak didik baik bakat, minat, intelegensi, serta kepribadiannya. Skripsi ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang karakteristik atau ciri khas anak didik dalam pendidikan Islam serta untuk mengetahui bagaimana upaya pendidikan Islam dalam pengembangan potensi anak didik sesuai dengan karakteristiknya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau studi literatur dengan menggunakan buku-buku yang kemudian dijadikan sumber data primer maupun sekunder. Analisa data dilakukan menggunakan metode deskriptif analitik, menggunakan pola berfikir induktif dan deduktif. Penelitian ini merumuskan kesimpulan antara lain: 1. Karakteristik atau ciri khas anak didik dalam pendidikan Islam meliputi karakteristik umum dan karakteristik khusus. Karakteristik umum meliputi pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis, sedang karakteristik khusus anak didik meliputi potensipotensi yang melekat pada anak didik seperti bakat, minat, intelektual dan emosional. Karakteristik anak didik dalam pandangan Islam antara lain fitroh, roh, kebebasan kemauan dan akal. Keempat karakteristik ini dapat berkembang dan dikembangkan melalui proses pendidikan. 2. Dalam upaya pengembangan poptensi anak didik maka diperlukan upaya peningkatan kompetensi guru dalam segala aspek seperti akademik, kepribadian, dan aspek-aspek lainnya yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru. Adapun aktualisasi potensi anak didik bisa diupayakan sistem atau model pembelajaran dan sesuai dengan karakteristik dan perbedaan individual anak didik seperti sistem CBSA (Sistem Belajar Siswa Aktif).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: metode pendidikan Agama Islam, karakteristik dan potensi anak, kompetensi guru PAI. |
Subjects: | Kependidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 22 Apr 2014 09:18 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 14:45 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11986 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |