PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA TERPADU BERBASIS MODEL IQRA DAN MITIGASI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI YOGYAKARTA

AMBARSARI INDRANINGRUM , NIM. 09690027 (2013) PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA TERPADU BERBASIS MODEL IQRA DAN MITIGASI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA TERPADU BERBASIS MODEL IQRA DAN MITIGASI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA TERPADU BERBASIS MODEL IQRA DAN MITIGASI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan buku ajar IPA Terpadu berbasis model Iqra dan mitigasi bencana erupsi gunung Merapi Yogyakarta (2) Mengetahui kualitas buku ajar IPA Terpadu berbasis model Iqra dan mitigasi bencana erupsi gunung Merapi Yogyakarta menurut ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap buku ajar IPA Terpadu berbasis model Iqra dan mitigasi bencana erupsi gunung Merapi yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) dengan model prosedural yang mengadaptasi dari pengembangan perangkat model 4- D, yakni Define, Design, Develop, and Disseminate. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar validasi produk, lembar penilaian produk untuk ahli dan lembar skala respon untuk peserta didik. Data yang didapatkan pada penelitian ini adalah data proses pengembangan produk dan data kualitas produk yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan adalah (1) Telah berhasil dikembangkan buku ajar IPA Terpadu berbasis model Iqra danitigasi bencana erupsi gunung Merapi Yogyakarta (2) Buku ajar IPA terpadu yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik dengan persentase masing-masing 93,6%, 89,6%, dan 87,9% dari skor ideal berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan (3) Respon peserta didik terhadap Buku Ajar IPA Terpadu Berbasis Model Iqra dan Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Merapi Yogyakarta pada uji terbatas dan uji luas adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 97,5% dan 96,6% .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Widodo Setiyo Wibowo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Buku ajar, IPA Terpadu, model Iqra, mitigasi bencana, erupsi gunung Merapi
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 08:43
Last Modified: 02 Feb 2016 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12089

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum