INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK ASUH DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA) YOGYAKARTA UNIT BUDHI BHAKTI WONOSARI – GUNUNG KIDUL

AGUS FATHUR ROHMAN, NIM. 09250015 (2014) INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK ASUH DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA) YOGYAKARTA UNIT BUDHI BHAKTI WONOSARI – GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK ASUH DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA) YOGYAKARTA UNIT BUDHI BHAKTI WONOSARI – GUNUNG KIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK ASUH DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA) YOGYAKARTA UNIT BUDHI BHAKTI WONOSARI – GUNUNG KIDUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didapat menggunakan jenis penelitian kualitaif dengan metode “Studi Kasus”. Peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data observasi diperoleh peneliti dengan cara mengamati sarana dan prasarana penunjang kebutuhan anak asuh, kondisi anak asuh sesudah dilakukan asesmen dan setelah dilakukan intervensi mikro oleh pekerja sosial di PSAA Budhi Bhakti Wonosari. Peneliti memperoleh data wawancara dari pekerja sosial, pengasuh panti, pramu sosial, pengurus panti, dan anak-anak asuh, sedangkan dokumentasi diperoleh peneliti dari dokumen data-data anak asuh, buku laporan tumbuh kembang dan data home visit 5 anak asuh yang menjadi partisipan, serta dokumen profil dan arsip akhir tahun PSAA Budhi Bhakti Wonosari. Asesmen yang dilakukan pekerja sosial terhadap anak asuh di PSAA Budhi Bhakti Wonosari adalah “asesmen menyeluruh”, baik itu asesmen awal maupun asesmen lanjutan. Pada asesmen awal terdapat tahap pendataan awal sebelum anak menjadi anak asuh dan asesmen geografis, sedangkan pada asesmen lanjutan terdapat tahap asesmen perilaku, asesmen fisik, asesmen psikososial, asesmen spiritual, asesmen intelektual, asesmen mental kepribadian, asesmen keterampilan hidup, asesmen keluarga, dan asesmen ekonomi keluarga. Pada intervensi mikro pekerja sosial terhadap anak asuh, prosesnya ada lima tahap yaitu perencanaan intervensi mikro, pelaksanaan intervensi mikro, hasil intervensi mikro, evaluasi, dan terminasi. Bentuk intervensi mikro yang dilakukan pekerja sosial terhadap anak asuh yaitu konseling individu, konseling sebaya dan motivasi spiritual. Pada tahap terminasi dilakukan terakhir kali yakni ketika anak asuh telah lulus SMA/ SMK dan dilaksanakan pada pergantian periode, antara bulan Juni-Juli. Pelaksanaan terminasi sendiri, dijadikan satu dengan PSAA Bimo dan bertempat di sana juga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andayani, SIP, M.SW
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jun 2014 11:05
Last Modified: 21 Oct 2015 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12829

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum