EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROBLEM BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMA ISLAM I YOGYAKARTA)

IMA KUSUMA DEWI - NIM. 03470608, (2008) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROBLEM BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMA ISLAM I YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROBLEM BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMA ISLAM I YOGYAKARTA))
BAB 1, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROBLEM BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMA ISLAM I YOGYAKARTA))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)

Abstract

ABSTRAK Di dalam lembaga sekolah, layanan bimbingan dan konseling merupakan layanan yang membantu siswa dalam mengatasi masalah masalah yang dihadapinya baik itu masalah pribadi,masalah karir,masalah sosial dan masalah belajar. Mengenai masalah belajar, layanan bimbingan belajar yang ada di SMA Islam 1 Yogyakarta memegang peranan penting karena siswa diharapkan mmempunyai prestasi bagus yang kelak akan berguna baik untuk memilih program studinya maupun untuk kelancaran kelancaran proses belajarnya. Namun dalam kenyataannya, banyak siswa yang mempunyai nilai rendah dan itu merupakan indikasi bahwa siswa mempunyai problem dalam belajarnya. Salah satu faktor siswa mempunyai nilai rendah adalah karena tidak mengetahui cara belajar yang baik. Oleh sebab itu,bimbingan belajar disini sangat berpengaruh dalam membantu siswa mengatasi masalah belajarnya. Serta yang terpenting,bimbingan belajar adalah membantu siswa merencanakan masa depan,khususnya dalam hal studinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk bentuk program layanan bimbingan belajar,efektivitas layanan BK terhadap problem belajar siswa serta faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil ini diharapkan dapat dipergunakan untuk masukan bagi guru BK dalam meningkatkan mutu program layanannya. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pembimbing sebanyak 1 orang dan siswa kelas X tahun ajaran 2006 2007 yang tidak lulus baik yang dari SMP maupun dari MTsnya sebanyak 66 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,dokumentasi,wawancara dan angket. Bentuk program layanan bimbingan belajar di SMA Islam 1 Yogyakarta meliputi layanan orientasi belajar,layanan informasi belajar,layanan penempatan dan penyaluran belajar,layanan bimbingan belajar,layanan konseling belajar perorangan,layanan bimbingan belajar kelompok dan layanan konseling belajar kelompok. Pengukuran efektivitas layanan bimbingan dan konseling terhadap problem belajar siswa kelas X di SMA Islam 1 Yogyakarta dilihat dari 4 aspek yaitu aspek tugas dan fungsi, aspek rencana atau program, aspek ketentuan atau aturan dan aspek tujuan atau kondisi ideal dapat dinyatakan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, layanan bimbingan dan konseling, problem belajar siswa
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 06 Jun 2012 18:23
Last Modified: 15 Mar 2017 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1354

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum