UJICOBA MODUL KIMIA SMA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS KELAS X TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

UBAIDILLAH, NIM. 08670016 (2014) UJICOBA MODUL KIMIA SMA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS KELAS X TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UJICOBA MODUL KIMIA SMA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS KELAS X TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33MB) | Preview
[img] Text (UJICOBA MODUL KIMIA SMA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS KELAS X TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ujicoba media pembelajaran ini bertujuan untuk mengujicoba, mengetahui hasil kajian produk terhadap hasil belajar kognitif dan mengetahui kelayakan modul kimia SMA berwawasan integrasi Islam-Sains materi minyak bumi sebagai sumber belajar mandiri di SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah pengembangan lanjutan dari pengembangan yang telah dilakukan oleh Abdul Muis. Ujicoba media pembelajaran modul kimia SMA berwawasan integrasi Islam-Sains materi minyak bumi ini merupakan lanjutan dari pengembangan yang telah dilakukan oleh Abdul Muis, S.Pd.Si. dengan kualitas produk sangat baik (SB). Pengembangan lanjutan ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta dengan melibatkan peserta didik kelas X. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan desain ujicoba menggunakan ujicoba satu-satu, ujicoba kelompok kecil, ujicoba lapangan, serta penilaian/validasi guru kimia untuk mengetahui kelayakan produk modul. Selain itu, juga mengkaji produk ditinjau dari hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil analisis modul kimia SMA berwawasan integrasi Islam-Sains materi minyak bumi berdasarkan data respon peserta didik dari keseluruhan ujicoba diperoleh nilai sebesar 79,11% dengan kategori baik, berdasarkan hasil penilaian/validasi guru terhadap modul diperoleh nilai sebesar 85,98% dengan kategori sangat baik, dan berdasarkan data belajar kognitif peserta didik dari nilai rata-rata postes 79,37 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal materi minyak bumi sebesar 75, maka produk modul kimia SMA berwawasan integrasi Islam-Sains materi minyak bumi layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri di SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Imelda Fajriati, M.Si., Asih Widi Wisudawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: modul kimia integrasi islam-sains, ujicoba satu-satu, ujicoba kelompok kecil, ujicoba lapangan, hasil belajar kognitif
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jul 2014 09:17
Last Modified: 23 Feb 2016 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum