PENGEMBANGAN BUKU SAKU KIMIA MATERI POKOK KIMIA UNSUR BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI BAGI PESERTA DIDIK KELAS XII SEMESTER GASAL

ZAKIAH FITHRIANI , NIM. 09670001 (2014) PENGEMBANGAN BUKU SAKU KIMIA MATERI POKOK KIMIA UNSUR BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI BAGI PESERTA DIDIK KELAS XII SEMESTER GASAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU SAKU KIMIA MATERI POKOK KIMIA UNSUR BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI BAGI PESERTA DIDIK KELAS XII SEMESTER GASAL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU SAKU KIMIA MATERI POKOK KIMIA UNSUR BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI BAGI PESERTA DIDIK KELAS XII SEMESTER GASAL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk dan mengetahui kelayakan produk. Produk yang dikembangkan yaitu buku saku kimia unsur berbasis kontekstual sebagai sumber belajar mandiri peserta didik. Penilaian didasarkan pada penilaian enam guru kimia dan respon dari empat puluh peserta didik kelas SMA/MA kelas XII. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D. Model ini menggunakan empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate) namun penyebarluasan tidak dilakukan dalam penelitian ini. Produk buku saku kimia ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli media dan ahli materi, serta tiga orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer yaitu 6 guru kimia SMA/MA serta direspon oleh 40 peserta didik yang bersekolah di SMA/MA di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list). Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif dengan skala likert. Untuk mengetahui kualitas buku saku, data diubah menjadi data kualitatif skala empat dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas buku saku kimia yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku saku kimia yang dikembangkan menurut enam guru kimia SMA/MA di Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 90,58%, sedangkan respon empat puluh peserta didik SMA/MA memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan presentase keidealan sebesar 92,90%. Dari hasil ini maka, buku saku kimia yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas XII SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Irwan Nugraha, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: buku saku kimia, pendekatan kontekstual, kimia unsur, dan sumber belajar mandiri
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jul 2014 09:22
Last Modified: 23 Feb 2016 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum