UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI BERMAIN KREATIF DI RA MASYITOH MANGUNAN PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SITI AISAH , NIM. 12415327 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI BERMAIN KREATIF DI RA MASYITOH MANGUNAN PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI BERMAIN KREATIF DI RA MASYITOH MANGUNAN PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI BERMAIN KREATIF DI RA MASYITOH MANGUNAN PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)

Abstract

Siti Aisah. Upaya Peningkatan Perkembangan Fisik Motorik Halus pada Anak Kelompok “B” melalui Bermain Kreatif. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana perkembangan fisik motorik halus pada anak kelomok “B” di RA Masyithoh Mangunan. Untuk mengetahui apakah dengan bermain kreatif dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik anak kelopok “B” di RA Masyithoh Mangunan. Kurangnya perkembangan fisik motorik pada anak akan menyebabkan anak menjadi lemas, kurang percaya diri bahkan menyebabkan timbulnya penyakit pada anak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang RA Masyitoh Mangunan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk emmbantu mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi. Berdasarkan analisis data telaah setelah penelitian perkembangan fisik motorik anak meningkat yaitu dapat dilihat dari ketuntasan pada kondisi awal 0% dan meningkat pada siklus I yaitu ketuntasan 15,78% dan yang tidak tuntas 73,68%, dan meningkat lagi pada siklus II, ketuntasan anak mencapai 89,47%, yang tidak mengalami ketuntasan 10,6%. Anak yang mengalami ketuntasan pada siklus I 26,32% menjadi 89,47% di siklus II. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kreatif dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik anak pada kelompok “B” di RA Masyitoh Mangunan pada tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andi Prastowo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perkembangan fisik motorik, bermain kreatif
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Sep 2014 08:25
Last Modified: 01 Mar 2017 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum