UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

ANIS WIDIASTUTI, NIM. 13485285 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text (PAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)

Abstract

Anis Widiastuti, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT)) Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten Tahun 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran IPA, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik, dan sosial untuk membuktikan kebenaran hukum teori IPA yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep IPA dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MI Jambukidul, Ceper, Klaten dalam proses pembelajaran IPA belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada partisipasi dan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba, salah satunya adalah model pembelajaan kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar anak kelas V MI Jambukidul, Ceper, Klaten pada mata pelajaran IPA? (2) bagaimana hasil penerapan pembelajaran model kooperatif tipe TGT di kelas? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: partisipasi siswa, prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan partisipasi siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V MI Jambukidul, Ceper, Klaten, yaitu meningkatnya prestasi siswa di atas KKM 75 yang mencapai 83% dari jumlah siswa kelas V MI Jambukidul, Ceper, Klaten. Hasil pengamatan pembelajaran dengan model pembelajaran model kooperatif dengan tipe Teams Games Tournament (TGT) dilaksanakan dengan lima langkah yaitu mengelompokkan siswa, guru mengenalkan konsep dan mendorong rasa ingin tahu siswa, pemahaman konsep hingga semua siswa memahami materi, memainkan pertandingan/turnamen, guru memberikan penghargaan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan partisipasi siswa sebesar 67% dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 83%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran IPA MI, Teams Games Tournament (TGT), Partisipasi, Prestasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Oct 2014 10:57
Last Modified: 14 Feb 2017 16:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum