PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI GEBANG KAB.PURWOREJO

SUPINAH , NIM. 12415317 (2014) PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI GEBANG KAB.PURWOREJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI GEBANG KAB.PURWOREJO )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI GEBANG KAB.PURWOREJO )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (535kB)

Abstract

Penerapan metode iqro’ dalam meningkatkan ketrampilan membaca Al-qur’anpada siswa kelas III di SD Negeri gebang kab.purworejo.skripsi.jurusan pendidikan agama islam fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Suanan Kalijaga Yogyakarta, 2014 Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya praktik praktik mengajar yang dilakukan di SD Negeri Gebang, Purworejo Pada umumnya masih berpusat pada guru.metodologi pembelajaran (khususnya Agama Islam) yang diterapkan masih mempraktikan cara cara lama (tradisional) Jika secara psikologi siswa kurang tertarik dengan metode yang digunakan oleh guru, maka dengan sendirinya siswa akan memberikan umpan balik kurang mendukung dalam proses belajar mengajar indikasinya adalah timbul rasa tidak simpatinya peserta didik terhadap guru agama islam, tidak tertarik dengan materi materi agama islam dan lama kelamaan akan timbul sikap acuh tak acuh terhadap guru agamanya sendiri, kalau kondisinya sudah seperti itu, sangat sulit mengharapkan siswa sadar dan mau mengamalkan ajaran agama islam Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SD Negeri Gebang kab.purworejo, mengumpulkan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap.untuk memeriksa keabstrakan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber, adapun urutan kegiatan penelitian meliputi: perencanaan, observasi, dan refleksi Hasil penelitian menunjukan pembelajaran menggunakan metode iqrok efekti digunakan pada bembaca Al-qur’an khususnya di kelas III SD Negeri Gebang, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa terlihat pada rasa senang, aktifitas, rasa ingin tahu dan skor hasil tes.adapun peningkatan tes hasil belajar dari tahap prasiklus 72,44 pada siklus 1 menjadi 77.55 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,70.jadi pada aspek keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan, TPQ, Membaca Al qur’an, Iqro’
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Oct 2014 08:21
Last Modified: 01 Mar 2017 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14091

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum