UPAYA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN SIMPAI BAGI PESERTA DIDIK DI BA AISYIYAH SUCEN 3 SALAM MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

ANNA SOVIANJARI , NIM. 12485120 (2014) UPAYA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN SIMPAI BAGI PESERTA DIDIK DI BA AISYIYAH SUCEN 3 SALAM MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN SIMPAI BAGI PESERTA DIDIK DI BA AISYIYAH SUCEN 3 SALAM MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN SIMPAI BAGI PESERTA DIDIK DI BA AISYIYAH SUCEN 3 SALAM MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)

Abstract

Anna Sovianjari Upaya Mengembangkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Bermain Simpai Bagi Peserta Didik di BA Aisyiyah Sucen 3 Salam Magelang. Skripsi Yogyakarta Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Yogyakarta 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa di BA Aisyiyah Sucen 3 Salam Magelang dalam pembelajaran motorik kasar masih kurang bervariasi kegiatannya yang mengakibatkan peserta didik kurang terampil dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki pembelajaran yang tepat dan dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar peserta didik. Dengan kegiatan bermain simpai diharapkan mampu mengembangkan keterampilan motorik kasar peserta didik di BA Aisyiyah Sucen 3 Salam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan bermain simpai dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar BA Aisyiyah Sucen 3 Salam dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triagulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: penerapan kegiatan bermain simpai dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar peserta didik di BA Aisyiyah Sucen 3 Salam, hal tersebut terlihat dari adanya perkembangan keterampilan motorik kasar dengan aspek keaktifan pada siklus I 66,6% dan pada siklus II 83,3%. Dengan demikian keterampilan motorik kasar pada aspek keaktifan berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Motorik Kasar, Bermain Simpai
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2014 10:30
Last Modified: 31 Jan 2017 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum