UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS III MIN NGESTIHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ROHAYATI LATIFAH, S.Pd.I, NIM. 13485230 (2014) UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS III MIN NGESTIHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS III MIN NGESTIHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (976kB) | Preview
[img] Text ( UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS III MIN NGESTIHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)

Abstract

Rohayati Latifah, “Upaya Meningkatkan Kerjasama Dalam Pembelajaran PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas III MIN Ngestiharjo Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Manusia adalah makhluk sosial, yang tidak dapat hidup sendiri. Oleh karena itulah manusia dituntut untuk mampu berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain. Kemampuan untuk berinteraksi dan kerjasama tersebut, harus mulai ditanamkan sejak masih anak-anak usia. Demikian juga halnya dengan siswa di sekolah hendaklah dibiasakan untuk mampu melakukan kerjasama dengan temannya. Dengan kerjasama yang baik antar teman, akan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran. Akan tetapi kenyataan di MIN Ngestiharjo khususnya siswa kelas III, masih banyak yang belum mampu berinteraksi dan kerjasama dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan pembiasaan pada siswa untuk kerjasama dalam pembelajaran, dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk mampu aktif kerja kelompok, berani mengemukakan pendapat, dan mau menghargai pendapat teman. Model pembelajaran tersebut antara lain adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana upaya peningkatan kerjasama siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui pembelajaran kooperatif dengan metode Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas III MIN Ngestiharjo. (2) bagaimana peningkatan kerjasama siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui pembelajaran kooperatif dengan metode Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas III MIN Ngestiharjo Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : kerjasama siswa dari hasil angket siswa yang diberikan pada pra siklus, akhir siklus I, dan akhir siklus II. Juga dari aktivitas siswa selama pembelajaran, yang diambil dari lembar observasi. Sedangkan untuk mengetahui keadaan Madrasah adalah dengan menggunakan catatan lapangan hasil dari wawancara, serta dokumentasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan kerjasama siswa yang ditandai dengan kemauan siswa untuk mengikut kerja kelompok tanpa memilih-milih teman kelompok kerja. Serta adanya peningkatan keberanian siswa untuk menyampaikan pendapat dan mau menghargai pendapat teman. Dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I guru masih lebih banyak memberikan pancingan-pancingan serta bimbingan pada siswa untuk melaksanakan diskusi dalam kerja kelompok, dan pada siklus II perlakuan tersebut sudah sanga berkurang karena siswa sudah mulai aktif dalam kerja kelompok. Guru juga mengubah personil-personil dalam masing-masng kelompok agar siswa dapat bekerjasama dengan semua teman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan kerjasama siswa dari angket siklus I kategori sangat baik meningkat 7%, kategori baik meningkat 36% , dan pada siklus II kategori sangat baik meningkat 36%, kategori baik meningkat 14%. Dilihat dari hasil observasi pada siklus I dan siklus II juga terjadi peningkatan yaitu pada aspek keaktifan untuk kategori baik meningkat 14 % dan untuk kategori amat baik meningkat 29%. Untuk aspek perhatian kategori baik meningkat 21%, kategori amat baik meningkat 29%. Aspek kerjasama, kategori baik meningkat 29% dan kategori amat baik meningkat 21 %. Terakhir aspek tanggungjawab kategori baik meningkat 14% dan kategori amat baik meningkat 21%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kerjasama, Numbered Head Together (NHT), MIN Ngestiharjo
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2014 13:59
Last Modified: 04 Apr 2017 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum