PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH NGAWEN MUNTILAN MAGELANG

SITI KOMSATUN , NIM. 12485109 (2014) PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH NGAWEN MUNTILAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH NGAWEN MUNTILAN MAGELANG )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (856kB) | Preview
[img] Text ( PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH NGAWEN MUNTILAN MAGELANG )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)

Abstract

SITI KOMSATUN, Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Bangun Datar Sederhana Kelas III Di MI Muhammadiyah Ngawen Muntilan Magelang. Skripsi,Yokyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Agama Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan mendorong siswa untuk aktif dalam setiap pembelajaran, dan meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi, sehingga prestasi belajar siswa lebih baik dan meningkat. Di MIM Ngawen dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada partisipasi dan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba, salah satunya adalah menggunakan metode demontrasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan metode demontrasi pada pembelajaran matematika di kelas III MI Muhammadiyah Ngawen, (2) bagaimana partisipasi siswa kelas III MI Muhammadiyah Ngawen dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode demontrasi, (3) bagaimana prestasi belajar matematika siswa kelas III MI Muhammadiyah Ngawen setelah menggunakan metode demontrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus,yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitin ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada awal dan akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatnya prestasi siswa diatas KKM 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode demontrasi siswa MI Muhammadiyah Ngawen dalam kategori sangat tinggi mencapai 46,42% dan kategori tinggi mencapai 39,29%, dan katagori cukup 14,29%.dan hasil ketuntasan belajar mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr, Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode Demontrasi, Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2014 14:17
Last Modified: 28 Feb 2017 15:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum