UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU WARNA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH MUNGGUR TAHUN AJARAN 2013/2014

SRI SULASTRI , NIM. 13485278 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU WARNA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH MUNGGUR TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU WARNA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH MUNGGUR TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU WARNA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH MUNGGUR TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)

Abstract

Sri Sulastri, ” Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Kartu Warna Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas IV MI Muhammadiyah Munggur”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Pembelajaran matematika harus melibatkan siswa secara mental, fisik dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah dipelajari. Di MI Muhammadiyah Munggur dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada partisipasi dan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba, salah satunya adalah model pembelajaran dengan menggunakan media peraga kartu warna. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) penggunaan media peraga kartu warna pada pembelajaran matematika kelas IV MI Muhammadiyah Munggur, (2) penggunaan media peraga kartu warna dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV MI Muhammadiyah Munggur (3) upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV MI Muhamadiyah Munggur dengan menggunakan media peraga kartu warna. Sedangkan jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari: partisipasi siswa yang diambil dari hasil pengisian angket, prestasi belajar siswa yang di ambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang di ambil dari lembar observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan partisipasi siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar matematika di atas KKM 75, yang mencapai yaitu 88% dari jumlah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Munggur. Kata kunci: Pembelajaran Matematika kelas IV MI Muhammadiyah Munggur Ngeposari Semanu Gunungkidul, media peraga kartu warna, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M.Si
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2014 14:26
Last Modified: 28 Feb 2017 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum