PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF WANUREJO BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MARIYATUL ULFAH , NIM. 12485159 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF WANUREJO BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF WANUREJO BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF WANUREJO BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)

Abstract

Mariyatul ulfah, “Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Strategi Card Sort dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Wanurejo Borobudur Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Kata kunci: Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI, Card Sort, Hasil Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik, dan sosial serta diberikan pengertian dan contoh yang riil untuk membuktikan kebenaran teori yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan materi dan akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Di MI Ma’arif Wanurejo Borobudur dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada partisipasi dan hasil belajar siswa. Mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif, mandiri dan melatih kejujuran, salah satu model pembelajaran tipe card sort. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi card sort dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Wanurejo Borobudur Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014, (2) Apakah penerapan strategi card sort dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Wanurejo Borobudur Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan partisipasi siswa, (2) adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yaitu meningkatnya hasil siswa diatas diatas KKM 80 yang mencapai 85% dari jumlah siswa kelas III MI Ma’arif Wanurejo Borobudur Magelang. Hasil pengamatan pembelajaran dengan strategi card sort dilaksanakan dengan membagikan masing-masing siswa kartu indeks yang berisi gambar atau Uraian tentang bentuk-bentuk permukaan bumi, siswa diminta untuk berusaha mencari kartu induk yang dibawa temannya di ruang kelas dan berusaha menemukan teman yang memiliki kartu dengan kategori yang sama. Siswa yang telah menemukan kartu induknya menyajikan sendiri kartu kategorinya dan ditempet di papan tulis. Selagi masing-masing kategori dipresentasikan, guru membuat beberapa poin mengajar yang dirasa penting. Hasil belajar peserta didik dari segi kognitif pada siklus I telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil belajar pada saat pra siklus. Ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 53%, yaitu pada pra siklus baru mencapai 40%, pada siklus I mencapai 67% dan pada siklus II menjadi 93%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 08:34
Last Modified: 22 Feb 2017 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum