UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN BAHASA BAKU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA`ARIF BOJONG PANJATAN KULON PROGO TAHUN 2013/2014

MAHBUB MISBAHUDIN , NIM. 13485233 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN BAHASA BAKU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA`ARIF BOJONG PANJATAN KULON PROGO TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN BAHASA BAKU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA`ARIF BOJONG PANJATAN KULON PROGO TAHUN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN BAHASA BAKU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA`ARIF BOJONG PANJATAN KULON PROGO TAHUN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Mahbub Misbahudin, 2014. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Bahasa Baku dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II MI Ma`arif Bojong Panjatan Kulon Progo Tahun 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dosen Pembimbing : Andi Prastowo, M.Pd.I Bahasa Indonesia berperan sebagai alat untuk mempersatukan keberagaman bahasa, adat istiadat, suku, dan budaya. Bertolak dari hal tersebut, siswa diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Permasalahan yang terjadi di kelas adalah siswa belum mampu berbicara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta tidak sesuai dengan situasi dan konteks, sehingga perlu adanya motivasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas II MI Ma’ arif Bojong. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi bermain peran. Strategi bermain peran menuntut siswa agar dapat berbicara sesuai situasi dan konteks yang sedang dihadapi. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 17 siswa di MI Ma’ arif Bojong, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, angket, dan jurnal harian selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, strategi bermain peran diterapkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II MI Ma’ arif Bojong. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: hasil belajar siswa berupa keterampilan berbicara mengalami peningkatan, yaitu dari 52,55% pada pra tindakan menjadi 59,02% pada siklus I, 74,12% pada sikl us II, dan 81,57% pada siklus III. Sedangkan untuk angket motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu 56,14% pada pra tindakan, 72,45% pada siklus I, 78,31% pada siklus II, dan 85,05% pada siklus III. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi bermain peran telah berhasil meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran dengan menggunakan strategi bermain peran dalam mengajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa. Bagi penulis lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan startegi atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Keterampilan berbicara, motivasi belajar dan strategi bermain peran.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 08:54
Last Modified: 24 Feb 2017 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum