UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAMELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V MIM BABADAN KARANGDOWO KLATEN TAHUN AJARAN2013/2014

JOKO RIYANTO , NIM. 13485302 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAMELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V MIM BABADAN KARANGDOWO KLATEN TAHUN AJARAN2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAMELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V MIM BABADAN KARANGDOWO KLATEN TAHUN AJARAN2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAMELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V MIM BABADAN KARANGDOWO KLATEN TAHUN AJARAN2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)

Abstract

Joko Riyanto,NIM 13485302.Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation siswa Kelas V MIM Babadan Karangdowo Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Program Studi PGMI. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Tahun 2014 Dalam pembelajaran Matematika, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik dan sosial utuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. MIM Babadan Karangdowo dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiata belajar dikelas sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menutut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar matematika bagi siswa kelas V MIM Babadan Karangdowo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: Prestasi belajar siswa, yang diambil dari pemberian soal pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatnya prestasi siswa diatas KKM 70 yang mencapai 87,50%dari jumlah siswa kelas V MIM Babadan Karangdowo. Hasil pengamatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada tiap siklus, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigationdapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MIM Babadan Karangdowo Kabupaten Klaten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Asrori Sa’ud, M.Si.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 09:21
Last Modified: 17 Feb 2017 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum