UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BAGI SISWA KELAS III MATERI MENGENAL BENTUK PERMUKAAN BUMI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL ( VCD PEMBELAJARAN ) MI YAPPI REJOSARI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

IMAM BAGUS MUTOHA , NIM. 13485280 (2014) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BAGI SISWA KELAS III MATERI MENGENAL BENTUK PERMUKAAN BUMI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL ( VCD PEMBELAJARAN ) MI YAPPI REJOSARI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BAGI SISWA KELAS III MATERI MENGENAL BENTUK PERMUKAAN BUMI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL ( VCD PEMBELAJARAN ) MI YAPPI REJOSARI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BAGI SISWA KELAS III MATERI MENGENAL BENTUK PERMUKAAN BUMI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL ( VCD PEMBELAJARAN ) MI YAPPI REJOSARI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengembangan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Salah satu faktor yang mempengaruhi kreativitas siswa dalam belajar adalah metode pembelajaran yang bisa mengembangkan rasa ingin tahu, keterbukaan terhadap pengalaman, berani mengambil resiko, dan penuh energi dalam diri siswa. Metode pembelajaran itu adalah metode audio visual ( VCD pembelajaran ), yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memecahkan atau membuktikan suatu teori, yang meliputi, mengamati, mengukur kemajuan hasil belajar siswa sehingga diperoleh data yang kemudian dipergunakan untuk menarik kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah metode media audio visual ( VCD Pembelajaran ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan alat peraga VCD Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Yappi Rejosari tahun pelajaran 2013/2014 dalam pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas ( PTK ) yaitu dengan menggunakan metode audio visual untuk mengukur hasil belajar siswa khususnya pembelajaran IPA dengan materi Mengenal bentuk permukaan bumi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dilakukan dalam dua kali pertemuan dan pada siklus II juga dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengurnpulan data yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan dengan mengadakan post tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode audio visual ( VCD Pembelajaran ) dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Mengenal bentuk permukaan bumi dengan menggunakan VCD Pembelajaran, sebelum diterapkan metode audio visual dengan alat peraga VCD Pembelajaran 60.83 dan setelab diterapkan metode audio visual dengan menggunakan VCD Pembelajaran, terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II yaitu rata-rata ketuntasan siswa meningkat menjadi 63.41, pada siklus II pertemuan I dan pertemuan II yaitu rata-rata ketuntasan siswa meningkat menjadi 68.50. Adanya peningkatan basil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran media audio visual antara siklus I dan siklus II yang ditunjukan oleb pencapaian nilai rata- rata kelas, yaitu 63.41 pada siklus I meningkat menjadi 68.50 pada siklus II. Dari data basil penelitian menunjukan sudab melebibi KKM yaitu 65,. Dengan demikian dapat disimpulkan babwa penggunaan media VCD pembelajaran dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas III MI Yappi Rejosari Semester II Tabun Pelajaran 2013 I 2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Zainal Arifin Ahmad, S.Ag.M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penggunaan VCD Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 09:36
Last Modified: 16 Feb 2017 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum