UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUBUH DAN KEGUNAANNYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ANGGOTA TUBUH KELAS I MI MA’ARIF JANTUR BANYUSARI, KECAMATAN GRABAG, KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HERLINA PUJI ASTUTI, NIM. 12485143 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUBUH DAN KEGUNAANNYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ANGGOTA TUBUH KELAS I MI MA’ARIF JANTUR BANYUSARI, KECAMATAN GRABAG, KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUBUH DAN KEGUNAANNYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ANGGOTA TUBUH KELAS I MI MA’ARIF JANTUR BANYUSARI, KECAMATAN GRABAG, KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUBUH DAN KEGUNAANNYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ANGGOTA TUBUH KELAS I MI MA’ARIF JANTUR BANYUSARI, KECAMATAN GRABAG, KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)

Abstract

Herlina Puji Astuti, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Bagian-bagian Tubuh dan Kegunaannya Dengan Menggunakan Media Gambar Anggota Tubuh Kelas I MI Ma’arif Jantur Banyusari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya pada materi bagian-bagian tubuh dan kegunaannya, siswa harus dilibatkan agar siswa paham sehingga dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. MI Ma’arif Jantur Banyusari dalam kegiatan belajar mengajar belum melibatkan siswa, guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas, guru masih menggunakan metode ceramah, dan tidak adanya penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga berpengaruh pada partisipasi dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, yang dilakukan adalah guru menggunakan media yang digunakan dalam kegitan belajar mengajar. Dalam hal ini guru menggunakan media gambar anggota tubuh. Sehingga siswa dapat aktif dan bisa mempelajari anggota tubuh secara langsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan media gambar pada materi bagian-bagian tubuh dan kegunaannya, (2) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI Ma’arif Jantur Banyusari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang tentang bagianbagian tubuh dan kegunaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (a) Mendeskripsikan penggunaan media gambar pada materi bagian-bagian tubuh dan kegunaannya, (b) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas I MI Ma’arif Jantur Banyusari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya. Dengan dilakukan penelitian tindakan kelas ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak yang terkait dengan kegiatan pembelajaran khususnya pelajaran IPA, antara lain (a) Manfaat Teoritis, (b) Manfaat Praktis (c) Bagi sekolah, dan (d) Bagi masyarakat dunia pendidikan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif Jantur Banyusari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek yang akan dikenai tindakan adalah siswa kelas I. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siklus I sebesar 74,00, pada siklus II sebesar 81,33. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I = 73,33%, sillus II = 100%. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa meningkat setelah digunakan media gambar anggota tubuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran IPA MI, Media Gambar Anggota Tubuh, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 11:18
Last Modified: 13 Feb 2017 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14226

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum