PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI GEDAD I GEDAD BANYUSOCO PLAYEN GUNUNGKIDUL

NUR HIDAYAT , NIM. 13485247 (2014) PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI GEDAD I GEDAD BANYUSOCO PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI GEDAD I GEDAD BANYUSOCO PLAYEN GUNUNGKIDUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI GEDAD I GEDAD BANYUSOCO PLAYEN GUNUNGKIDUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)

Abstract

NUR HIDAYAT, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV di MI YAPPI Gedad I Banyusoco Playen Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari kegelisahan peneliti terhadap pembelajaran matematika yang berlangsung kurang kondusif, minat belajar yang rendah serta hasil belajar matematika yang rendah serta metode yang digunakan guru yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan metode yang dapat menumbuhkan antusias dan perasaan suka, serta menuntut siswauntuk kreatif, aktif dan partisipasif dalam pembelajaran, yaitu salah satunya adalah dengan menggunakan Metode Demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV MI YAPPI Gedad I yang berjumlah 8 anak. pembelajaran IPA materi Sumber daya alam dengan menggunakan metode Demonstrasi dilaksanakan sebagaimana proses pembelajaran di setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis data keaktifan siswa dan hasil penskoran/penilaian, presentase dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran dengan menggunakan metode Demonstrasi dapat meningkatkan Prestasi belajar IPA siswa kelas IV dengan presentase peningkatan dari rata-rata skor pra dan setelah pnelitian sebesar 30,63%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. H. Mangun Budiyanto, M.Si.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 14:24
Last Modified: 28 Feb 2017 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum