UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NGLUWAR I NGLUWAR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

CHOIRIYATUL HIDAYAH, NIM. 12485241 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NGLUWAR I NGLUWAR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NGLUWAR I NGLUWAR MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NGLUWAR I NGLUWAR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Choiriyatul Hidayah. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Gambar pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngluwar I Ngluwar Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Yogyakarta 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika sehingga siswa cenderung pasif, tidak ada kesungguhan belajar untuk menguasai materi, menyelesaikan tugas asal-asalan dan tidak ada beban sedikitpun walau gagal mengerjakan soal. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Ngluwar I Ngluwar Magelang setelah menerapkan media gambar dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Ma’arif Ngluwar I Ngluwar Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi dan tes untuk melengkapi data yang ingin diungkap.Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika dilaksanakan dalam dua siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. Terjadi perubahan perilaku siswa secara bertahap dalam mengikuti pembelajaran. 2) Pada pra tindakan ada 0% siswa masuk kategori tinggi, pada siklus I ada 8,33% siswa masuk pada kkategori tinggi, pada siklus II ada 91,67 siswa masuk ada kategori tinggi.Berarti mulai pra tindakan sampai siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar kategori tinggi sebesar 83,34%. Pada pra tindakan ad 8,33% siswa masuk kategori sedang, pada siklus I ada 25% siswa masuk kategori sedang, pada silkus II sudah tidak ada siswa yang masuk kategori sedang karena masuk pada kategori tinggi.Berarti mulai pra tindakan sampai siklus II kategori sedang mengalami peningkatan sebesar 78,34%. Pada pra tindakan ada 91,67% siswa masuk pada kategori rendah, pada siklus I ada 66,67% siswa masuk pada kategori rendah, pada siklus II sudah tidak ada siswa yang masuk pada kategori rendah. Berarti mulai pra tindakan sanpai siklus II terjadi peningkatan sebesar 91 67%. Dengan demikian penerapan media gambar dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kuncinya : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Media Gambar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 14:30
Last Modified: 31 Jan 2017 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum