PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V MI ROUDLOTUZZAHIDIN KARANGANOM KLATEN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LARNING TIPE QUIS TEAM TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

NASIHIN ABDULAH , NIM. 13485287 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V MI ROUDLOTUZZAHIDIN KARANGANOM KLATEN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LARNING TIPE QUIS TEAM TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V MI ROUDLOTUZZAHIDIN KARANGANOM KLATEN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LARNING TIPE QUIS TEAM TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V MI ROUDLOTUZZAHIDIN KARANGANOM KLATEN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LARNING TIPE QUIS TEAM TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Nasihin Abdulah, (13485287). Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di MI Roudlotuzzahidin Tegalarum Karanganom Klaten Melalui Strategi Pembelajaran Active learning Tipe Ques Team Tahun Pelajaran 2013/2014. Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan taraf pemahaman siswa kelas V dalam mempelajari mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Roudlotuzzahidin Tegalarum Kunden Karanganom Klaten dengan penerapan metode Pembelajaran Active learning Tipe Ques Team . Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengambil data Madrasah Ibtidaiyah Tegalarum pada kelas V. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, jurnal dan tes. Analisis dilakukan dengan mengadakan perbandingan hasil siklus I dan siklus II. Hasil penelitian diperoleh, data nilai awal sebelum penerapan metode Pembelajaran Active learning Tipe Ques Team, pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam nilai rata – rata 69,16 dengan ketuntasan klasikal 36%, setelah penerapan Pembelajaran Active learning Tipe Ques Team pada siklus I pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam nilai rata-rata kelas 72,87, dengan ketuntasan klasikal 62,5%, Kemudian pada siklus II Penerapan Pembelajaran Active Learning tipe Ques Team nilai rata-rata kelas 87,42, dengan ketuntasan klasikal 100%, seluruh siswa pada siklus ke II mendapat nilai diatas 75 yang diasumsikan secara klasikal telah menuntaskan belajar, jadi dapat disimpulkan bahwa metode Pembelajaran Active learning Tipe Ques Team dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Materi Sebab – sebab terjadinya Fathul Makkah pada siswa kelas V MI Roudlotuzahidin Tegalarum Kunden Karanganom Klaten tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 15:11
Last Modified: 28 Feb 2017 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum