STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA (STUDI TENTANG PEMBELAJARAN PAI DI SMA WAHID HASYIM TERSONO BATANG)

MOCHAMAD ISKARIM - NIM. 04410803, (2008) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA (STUDI TENTANG PEMBELAJARAN PAI DI SMA WAHID HASYIM TERSONO BATANG). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA (STUDI TENTANG PEMBELAJARAN PAI DI SMA WAHID HASYIM TERSONO BATANG))
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA (STUDI TENTANG PEMBELAJARAN PAI DI SMA WAHID HASYIM TERSONO BATANG))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang strategi pembelajaran PAI dalam pencapaian kompetensi siswa di SMA Wahid Hasyim Tersono Batang dan evaluasi pembelajarannya, serta problemproblem yang dihadapinya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan strategi pembelajaran PAI di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA Wahid Hasyim Tersono Batang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan mengklarifikasikan data-data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan (deskriptif analisis). Sedangkan pola pikir yang digunakan adalah dengan pola pikir induktif, yaitu cara berpikir yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa-peristiwa yang kongkrit kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Strategi pembelajaran PAI di SMA Wahid Hasyim Tersono Batang mencakup beberapa hal yaitu kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, media yang digunakan, waktu tatap muka, dan pengelolaan kelas. Kegiatan pembelajaran meliputi tahap pendahuluan, penyajian materi dan penutup. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, metode tanya jawab dan metode demontrasi. Media yang digunakan berupa papan tulis, kapur tulis, buku paket, dan LKS (Lembar Kerja Siswa). Waktu tatap muka pada mata pelajaran PAI yaitu 2 x 45 menit per minggu. Adapun pengelolaan kelas pada pembelajaran PAI belum nampak diperhatikan. (2) Evaluasi pembelajaran PAI di SMA Wahid Hasyim Tersono Batang sudah menunjukkan pada arah yang ditetapkan oleh pemerintah melalui permendiknas Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Evaluasi pembelajaran PAI untuk aspek kognitif dilakukan melalui ulangan (harian/tengah semester/akhir semester), penugasan yang berbentuk pengerjaan soal-soal LKS, dan ujian akhir sekolah. Sedangkan untuk penilaian perkembangan afektif dan kepribadian peserta didik dilakukan melalui pengaktifan pelaksanaan sholat berjamaah di sekolah. (3) Problem dalam penerapan strategi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran PAI di SMA Wahid Hasyim Tersono Batang terletak pada sumber daya manusia (guru) yang masih rendah, kurang inovatif, kurang kreatif, dan akses informasi tentang perkembangan dunia pendidikan terlambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Kompetensi siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 20 Jun 2012 16:23
Last Modified: 04 Aug 2017 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum