PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMELIHARAAN KOMPONEN MESIN DI P.T KUMATEX TANGERANG – INDONESIA

IRFAN FIRMANSYAH , NIM. 07660038 (2014) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMELIHARAAN KOMPONEN MESIN DI P.T KUMATEX TANGERANG – INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMELIHARAAN KOMPONEN MESIN DI P.T KUMATEX TANGERANG – INDONESIA )
07660038_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (898kB) | Preview
[img] Text ( PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMELIHARAAN KOMPONEN MESIN DI P.T KUMATEX TANGERANG – INDONESIA )
07660038_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)

Abstract

Untuk menjaga keandalan mesin prosuksi, P.T. KUMATEX menerapkan sistem pemeliharaan preventif dengan menjalankan program pemeliharaan berupa bersihkan, cek, ganti dan perbaiki pada tiap komponen mesin. Penentuan keputusan program pemeliharaannya berdasarkan perhitungan berbagai kriteria. Pada sisi lain penentuan keputusan ini harus dilakukan secara cepat dan akurat. Keputusan penentuan tersebut merupakan keputusan yang memerlukan analisis rinci dan merupakan keputusan yang dilaksanakan berulang. Selain itu, keputusan semacam ini perlu dikomunikasikan secara layak dalam bentuk laporan yang bersifat teknis. Sehingga peneliti mencoba membuat DSS Generator/Pembangkit Sistem Pendukung Keputusan pemeliharaan komponen mesin yang ada pada proses penenunan di perusahaan tersebut. Sistem ini berbasis spreadsheets pada Microsoft excel, untuk operasi sub system model dan dialog dibangun dalam lingkungan Visual Basic Application (VBA). Metode yang diterapkan pada sistem adalah metode Analythical Hierarchy Procces (AHP) dan metode Goal Programming (GP). Kriteria yang terdapat pada tahap metode AHP menggunakan metode FMEA yaitu berdasarkan aspek Occurence, Severity, dan Detectability. Sebagai inputan awal digunakan data aktual pemeliharaan komponen mesin kompresor berdasarkan penelitian Praditya (2013) yaitu komponen Air Intake, Filter HAF & HMF, Oil Mesin, Air End dan Oil Filter. Setelah dilakukan pengujian sistem diperoleh keputusan pemeliharaan komponen Air intake; Bersihkan dan Ganti. Komponen Filter HAF & HMF; Ganti saja. Untuk komponen Oil Mesin; Ganti dan Perbaiki. Komponen Air End; Cek, Ganti dan Perbaiki. Sedangkan untuk Komponen Oil Filter; Bersihkan dan Ganti. Pertimbangan dalam pengambilan keputusan diambil berdasarkan faktor besarnya biaya pada tiap komponen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Taufiq Aji, M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pemeliharaan mesin, DSS Generator/Sistem pendukung Keputusan, Analythical Hierarchy Procces, FMEA, Goal Programming
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Nov 2014 08:43
Last Modified: 23 Mar 2016 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum