KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PADA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA

MUKLIS HAMIDI - NIM. 02421453, (2008) KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PADA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PADA KELAS X MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (949kB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PADA KELAS X MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam mata pelajaran bahasa Arab dan implementasinya dalam pembelajaran pada kelas X MAN Maguwoharjo Yogyakarta, serta untuk mengetahui hasil belajar dan faktor pendukung maupun penghambat penerapan kurikulum tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, konsep KTSP MAN Maguwoharjo adalah kurikulum yang dikembangkan dan disusun oleh para stakeholder dibawah bimbingan dan arahan dari Kanwil Departemen Agama D.I. Yogyakarta dan dilaksanakan oleh MAN Maguwoharjo Yogyakarta sebagai kurikulum pendidikan. Sedangkan KTSP dalam mata pelajaran bahasa Arab adalah sebuah perangkat silabus yang dikembangkan dan disusun oleh guru mata pelajaran bahasa Arab berdasarkan KTSP MAN maguwoharjo Yogyakarta dan dilaksanakan oleh guru sebagai pedoman pembelajaran. Implementasi KTSP dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas X belum sepenuhnya memakai model pembelajaran KTSP, karena metode yang dipakai masih konvensional dan peran guru dalam pengajaran masih sangat dominan. Penilaian atau hasil pembelajaran dalam mata pelajaran tersebut mencakup tiga ranah dominan yaitu, kognitif, afektif dan psikomotorik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas X pada ketiga ranah tersebut ialah; Kelas X-A (1). Ranah kognitif: 69,88. (2). Ranah Psikomotorik: 69,72. dan ranah afektif: 18 siswa mendapat nilai A (amat baik), 3 siswa mendapat nilai B (baik), dan 3 siswa mendapat nilai C (cukup). Kelas X-B (1). Ranah kognitif: 66,5. (2). Ranah Psikomotorik: 66,96. dan ranah afektif: 21 siswa mendapat nilai A (amat baik), 2 siswa mendapat nilai B (baik), dan 1 siswa mendapat nilai C (cukup). Kelas X-C (1). Ranah kognitif: 68,71. (2). Ranah Psikomotorik: 70,71. dan ranah afektf: 17 siswa mendapat nilai A (amat baik), 5 siswa mendapat nilai B (baik), dan 2 siswa mendapat nilai C (cukup). Kelas X-D (1). Ranah kognitif: 66,59. (2). Ranah Psikomotorik: 66,67. Dan ranah afektf: 13 siswa mendapat nilai A (amat baik), 11 siswa mendapat nilai B (baik), dan 3 siswa mendapat nilai C (cukup). Dari data diatas, nilai/ hasil belajar siswa secara keseluruhan cukup baik. Sedangkan faktor pendukung penerapan kurikulum tersebut yang paling utama adalah adanya usaha dari guru untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab, sebagai contoh pengembangan metode alternatif pembelajaran. Dan faktor penghambat penerapan kurikulum tersebut yang paling utama adalah minimnya fasilitas penunjang pembelajaran, diantaranya adalah tidak adanya laboratorium bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Nizar Ali M.A.
Uncontrolled Keywords: KTSP, Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 20 Jun 2012 21:34
Last Modified: 04 Aug 2017 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum