PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS I MIN NGESTIHARJO WATES YOGYAKARTA

EKA YULIANINGSIH , NIM. 08480013 (2014) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS I MIN NGESTIHARJO WATES YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS I MIN NGESTIHARJO WATES YOGYAKARTA )
08480013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS I MIN NGESTIHARJO WATES YOGYAKARTA )
08480013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)

Abstract

EKA YULIANINGSIH “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas I di MIN Ngestiharjo, Wates”. Skripsi. Yogyakarta : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya minat dalam belajar bagi siswa. Merujuk kepada peran guru dalam meningkatkan minat belajar yang turut mempengaruhi keberhasilan siswa. Dengan adanya minat dalam diri siswa akan timbul kegiatan belajar. Siswa dengan minat yang besar akan dapat melaksanakan semua kegiatan belajarnya dengan sungguh-sungguh. Selaras dengan kasus yang terjadi di MIN Ngestiharjo yang dulu banyak siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran, khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal itu terjadi tidak pada kebanyakan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terkait peran yang di lakukan guru dalam meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak siswa kelas I MIN Ngestiharjo Wates. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Akidah Akhlakdi kelas I dan upaya yang di lakukan guru dalam meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak, serta kendala-kendala apa saja yang di hadapi guru dalam meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di MIN Ngestiharjo Wates. Pengumpulan data di lakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi unsur guru Akidah Akhlak, Kepala Madrasah dan siswa kelas I. Dengan mengadakan triangulasi data yaitu: membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen. Analisis data di lakukan dengan memberikan makna terhadap data yang di kumpulkan dan dari makna tersebut di tarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, guru menyusun perencanaan pembelajaran, seperti Silabus dan RPP. Kedua, menggunakan multi metode, seperti metode ceramah dan tanya jawab, metode pemberian tugas. Ketiga, menggunakan multi media dengan gambar-gambar. Adapun faktor pendukungnya antara lain : pihak sekolah yang mendukung, siswa yang antusias dalam proses pembelajaran, kekompakan antara guru dengan siswa. Adapun faktor penghambatnya antara lain : kurangnya motivasi belajar, kemampuan siswa berbeda-beda, tidak semua siswa mengerjakan PR dan lingkungan keluarga. Dalam proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik, di dalam pelaksanaan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat RPP. Adapun upaya-upaya guru dalam meningkatkan minat belajar di antaranya : menjelaskan tujuan belajar ke siswa, menggunakan metode yang bervariasi, menyemangati siswa agar rajin belajar, menciptakan suasana senang dan semangat untuk belajar Akidah Akhlak, menciptakan suasana yang tidak tegang, budaya takut dan malu-malu dalam proses belajar mengajar, menumbuhkan dan mengembangkan perasaan ingin tahu pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andi Prastowo, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Minat Belajar, Akidah Akhlak,
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Nov 2014 08:04
Last Modified: 31 Jan 2017 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum