TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN STRATEGI MARKETING PEDAGANG PASAR BANJARSARI CIAMIS JAWA BARAT

ANIS MAISAROH , NIM. 10380020 (2014) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN STRATEGI MARKETING PEDAGANG PASAR BANJARSARI CIAMIS JAWA BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN STRATEGI MARKETING PEDAGANG PASAR BANJARSARI CIAMIS JAWA BARAT)
10380020_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN STRATEGI MARKETING PEDAGANG PASAR BANJARSARI CIAMIS JAWA BARAT)
10380020_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Pasar Banjarsari adalah salah satu pasar terbesar di kota Banjar Ciamis Jawa Barat, terbukti sektor perdagangan di Pasar Banjarsari relatif berkembang karena secara tidak langsung wilayah Kecamatan Banjarsari adalah sebagai hinderland dari kota Banjar dan merupakan transit barang dan jasa dari dan ke wilayah perbatasan seperti Kabupaten Pangandaran, bahkan sampai Provinsi Jawa Tengah. Persaingan antara para pedagang merupakan hal yang wajar dan tak bisa dihindari dalam dunia perdagangan, maka persaingan dalam strateginya harus menuntut para pedagang untuk lebih kreatif dan inovatif. Di Pasar Banjarsari strategi bersaing yang di lakukan oleh para pedagang sangat bervariasi seperti memberikan fasilitas kredit, diskon, bonus dan juga menyediakan harga paket atau sering dikenal dengan paket super hemat. Namun sering tidak disadari oleh pedagang adanya sebuah kebebasan dalam mengatur strategi, meliputi strategi terhadap produk, harga, tempat maupun promosi. Dalam pandangan Islam berdagang bukan hanya tentang mencari keuntungan, namun keberkahan. Hendaknya para pedagang dalam usahanya harus memiliki keseimbangan antara keuntungan yang didapat dengan keberkahan untuk masadepannya. Perdagangan yang dilakukan dengan cara yang tidak jujur, mengandung unsur penipuan (garar), yang karena itu ada pihak yang dirugikan jelas merupakan hal-hal yang dilarang di dalam Islam. Dengan melihat realita di atas, penyusun tertarik untuk meneliti hal tersebut dengan objek penelitian di Pasar Banjarsari Ciamis Jawa Barat dengan rumusan pokok masalah: Strategi marketing apa saja yang dilakukan oleh pedagang Pasar Banjarsari Ciamis Jawa Barat? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan strategi marketing yang dilakukan oleh pedagang Pasar Banjarsari Ciamis Jawa Barat tersebut? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analitik, yakni dengan penelitian ini penyusun mengevaluasi lalu memberikan penilaian terhadap realita yang ada di lapangan dengan menggunakan pendekatan normatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis hukum yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pedagang di Pasar Banjarsari Ciamis Jawa Barat khususnya pedagang sembako belum sepenuhnya melaksanakan aturan dan etika yang ada dalam hukum Islam. Strategi yang belum sesuai adalah kerap terjadi aksi mencampurkan produk (barang) antara yang berkualitas bagus dengan yang berkualitas biasa/buruk tanpa bersiap jujur menerangkan terlebih dahulu perihal dagangannya, kemudian terjadinya aksi menimbun barang dan menaikan harga menjelang Ramadhan sampai Idul Fitri dengan tujuan memanfaatkan situasi untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : YASIN BAIDI, S.Ag., M.Ag
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Dec 2014 10:12
Last Modified: 02 Dec 2014 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum