PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA (STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)

ALFI NI’MATIN KHOIRONI , NIM. 10261023 (2014) PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA (STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA (STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK))
10261023_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA (STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK))
10261023_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ALFI NI‟MATIN KHOIRONI, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di RA Sunan Pandanaran Yogyakarta (Studi Analisis dalam Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik), Tesis, Jurusan Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA) Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2013. Kata kunci: Karakter Anak Usia Dini, Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di RA Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi dengan analisis data yang dapat memberikan makna untuk diambil kesimpulan. Tujuannya untuk mengkaji urgensi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dalam pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan Konsep pendidikan karakter di RA Sunan Pandanaran adalah dengan memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam setiap program sekolah, seperti kegiatan keagamaan/TPA (Taman Pendidikan Alquran); Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan nonkurikuler. Konsepnya memuat ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, tersirat dalam visi dan misi RASPA. Pendidikan karakter yang diimplementasikan di RA Sunan Pandanaran dilakukan terintegrasi dengan materi yang ada, dan nilai karakter itu sendiri tidak dijadikan sebagai bahan ajar. 18 nilai karakter yang disajikan sebagai materi pendidikan karakter tertuang dalam RKH dengan target minimum 3 nilai-karakter setiap harinya. Implementasinya secara tersirat sudah termasuk dalam kategori “rankap” (ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik). Materi-materi dalam kegiatan belajar mengajar RASPA sudah diintegrasikan secara tertulis dengan nilai-nilai karakter, dikembangkan dan disajikan dalam RKH. Sedangkan materimateri dalam kegiatan ekstrakurikuler maupun nonkurikuler ini sebenarnya sudah diintegrasikan dengan 18 nilai karakter, namun realisasi susunan program pendidikan karakternya baru terwujud secara lisan. Kegiatan belajar mengajar di RASPA sudah berpedoman pada ranah KAP (ranKAP) tersebut, namun belum bisa dikatakan memenuhi target pendidikan karakter yang menjabarkan ranKAP secara detil. Namun demikian ada beberapa dampak yang terlihat bagi perkembangan anak secara kognitif, afektif dan psikomotorik, di antaranya: (1) Secara kognitif, pengetahuan dan pemahaman anak berkembang terutama dalam hal beragama maupun dalam kegiatan pembelajaran di kelas; (2) Secara afektif, rasa peduli terhadap sesama dan peduli terhadap lingkungan sekitar lebih mendominasi, terutama dalam kegiatan nonkurikuler, Jiwa sosial anak tampak berkembang dengan baik; dan (3) Secara psikomotorik, perkembangannya ditunjukkan dalam praktek keagamaan yang diwujudkan dalam kegiatan TPA serta ditunjukkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dampak positif yang muncul terhadap perkembangan kepribadian anak didik RA Sunan Pandanaran ini tentunya sangat bergantung dari dukungan berbagai pihak seperti orang tua, guru, kepala sekolah, masyarakat, lingkungan, dan kemajuan teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Dec 2014 14:19
Last Modified: 13 Apr 2015 15:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15035

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum