KEBERAGAMAAN SISWA MUSLIM DI SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA

USMANTO, NIM.: 03410017 (2008) KEBERAGAMAAN SISWA MUSLIM DI SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KEBERAGAMAAN SISWA MUSLIM DI SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEBERAGAMAAN SISWA MUSLIM DI SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang keberagamaan siswa muslim di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta yang merupakan aktualisasi dari konsep pembelajaran religiusitas dan bimbingan guru agama. Hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan agama Islam, khususnya di bidang pembentukan perilaku keberagamaan, dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat serta di dukung tenaga yang professional pembelajaran religiusitas bisa menjadi sebuah media alternatif, dalam membantu siswa memahami substansi ajaran Islam. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data di lapangan, dilakukan dengan cara Wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan perhatian pada hasil perolehan data yang benar-benar terjadi di lapangan atau di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan: (1) Konsep pembelajaran religiusitas di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, adalah berusaha menumbuhkembangkan keimanan yang telah ada pada diri siswa, dan terimplementasi melalui kesaksian iman siswa dari berbagai keyakinan, dengan kesaksian tersebut diharapkan mampu memperkuat iman siswa, sehingga siswa mejadi manusia yang utuh, religius, memahami pluralisme, bermoral dan terbuka dalam menyikapi heterogenitas latar belakang budaya, ras, suku dan agama. (2) Dari segi keyakinan (idiologi), praktek (ritual) dan pengamalan (konsekuensi) agama Islam, siswa muslim di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta bisa dikatakan baik, walaupun belum terstruktur dengan benar ( mendapatkan keterangan tentang iman secara mendalam, shalat tepat waktu, mendapatkan materi tentang tata cara beribadah di sekolah, ada yang mengingatkan untuk melakukan ibadah ritual formal di sekolah, sering berbuat baik tapi kurang mengetahui dasarnya). Pemberian kebebasan spenuhnya kepada siswa untuk menjawab permasalahan dan pengetahuan guru yang kurang terhadap agama Islam, membuat pengetahuan siswa muslim terhadap agama kurang berkembang, ini berakibat pada kurangnya penghayatan mereka terhadap agama dan berpengaruh juga pada sedikitnya pengalaman agama mereka. Namun keberagamaan siswa muslim di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta baik, bila di lihat dari latar belakang keberagamaan keluarga yang kebanyakan satu diantara mereka beragama non islam dan lingkungan sekolah yang notabene minoritas bagi siswa muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman, SS. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Keberagaman siswa muslim, SMA BOKPRI 1 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Toleransi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Sep 2023 10:25
Last Modified: 26 Sep 2023 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1505

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum