KURIKULUM SD/MI 2013 DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS

HENDRI PURBO WASESO, NIM. 1320421029 (2015) KURIKULUM SD/MI 2013 DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM SD/MI 2013 DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM SD/MI 2013 DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (922kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari persoalan perumusan kebijakan pendidikan yang selalu menimbulkan pro dan kontra dikarenakan adanya tarik menarik kepentingan. Kurikulum 2013 sebagai produk kebijakan yang bersifat publik mendapat penolakan dari berbagai elemen masyarakat. Substansi kurikulum 2013, realitas sosial masyarakat, dan para pelaku kebijakan menjadi daya tarik tersendiri untuk melihat lebih dalam tentang berbagai persoalan yang melekat pada kurikulum 2013. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurikulum SD/MI 2013 dilihat dari perspektif pendidikan kritis dimulai dari proses konstruksi sampai pada konten yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan/library research, yaitu data-data yang mendukung penelitian ini berasal dari sumber pustaka. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu penelitian yang menganalisa secara kritis kurikulum SD/MI 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, lahirnya kurikulum 2013 dilatarbelakangi oleh kondisi ekonomi global dimana tenaga kerja berkualitas dan berdaya saing tinggi menjadi tuntutan utama. Fenomena negatif yang mengemuka di masyarakat juga menjadi latarbelakang dari lahirnya kurikulum 2013. Adapun dipaksakannya implementasi kurikulum 2013 dominan karena faktor politik. Kedua, konstruksi kurikulum SD/MI 2013 dapat dijelaskan melalui empat hal yaitu terjadi pemadatan mata pelajaran dalam struktur kurikulum SD/MI, kompetensi inti dalam kurikulum 2013 memiliki muatan penguatan karakter lebih baik jika dibandingkan dengan standar kompetensi dalam KTSP, pendekatan saintifik dan pembelajaran tematik integratif untuk anak SD/MI didesain agar pembelajaran dapat mendorong anak menguasai ketrampilan-ketrampilan ilmiah dan penilaian autentik digunakan sebagai upaya untuk mengukur proses dan hasil pembelajaran secara komprehensif. Konstruksi kurikulum SD/MI 2013 dilihat dari perspektif pendidikan kritis menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu pertama, tujuan kurikulum SD/MI 2013 mengarah pada relasi produksi dimana peserta didik didesain agar siap dan mampu mengisi peran-peran yang telah disediakan dalam formasi masyarakat kapitalis. Selain pendidikan guru berbasis riset, maksimalisasi muatan pelajaran agama yang terdapat dalam kurikulum MI justru dapat difungsikan sebagai language of possibility. Kedua, Kompetensi inti, pendekatan saintifik, dan penilaian autentik dalam kurikulum SD/MI kontraproduktif dengan kondisi peserta didik dan pendidik yang masuk dalam kategori sekolah pinggiran. Konsep yang terdapat dalam kurikulum SD/MI 2013 yang mengharuskan peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi dan pendidik yang memiliki kualitas mumpuni justru mengindikasikan adanya pemisahan antara teori dan praktik. Kondisi ini tidak berlaku pada sekolah perkotaan Ketiga, Kurikulum SD/MI 2013 hanya diperuntukkan untuk anak yang memiliki modal lebih baik secara ekonomi, sosial, maupun intelektual.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, pendidikan kritis
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Apr 2015 08:04
Last Modified: 24 Apr 2015 17:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum