PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)- TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON

SARI EKA PRATIWI, NIM. 10680013 (2015) PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)- TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)- TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)- TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)-Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sewon pada materi Struktur dan Fungsi Sel. Penelitian ini merupakan penelitian semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)-Teams Games Tournament (TGT) dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Alat pengumpulan data adalah tes dan angket motivasi belajar.Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test dan Independent Sample t-test, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian untuk data motivasi belajar siswa berdasarkan uji statistik Mann Whitney U-testsebesar 0,003 (p <0,05) sehingga terdapat perbedaan motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai signifikasi pada uji independent sample t-testuntuk data hasil belajar pada aspek kognitif siswa sebesar 0,044 (p <0,05) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)- Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar pada aspek kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kombinasi Numbered Head Together (NHT)-Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Sel.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2015 10:55
Last Modified: 16 Apr 2015 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15791

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum