PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA

DESTI WIDIANI, NIM. 1320411049 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah anak autis merupakan persoalan yang menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya bagian medis atau psikolog saja. Dari segi perilaku, anak-anak autis cenderung untuk melukai dirinya sendiri, tidak percaya diri dan bersikap agresif.Sejalan dengan permasalahantersebut,pendidikan karakter turut memainkan peran untuk mengarahkan mereka menjadi manusiamanusia mandiri dan bermanfaat sesuai kemampuannya agar tidak menjadi beban sebaliknya merupakan anugerah yang diberikan Allah swt. Salah satu sekolah yang menangani masalah anak autis adalah Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta. Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an berada di Jalan Lempongsari, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Subyek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru dan siswa autis. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter bagi anak autis, kemudian nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang berhasil dikembangkan, serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pendidikan karakter bagi anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter pada anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an melalui enam strategi yaitu pertama, melalui prinsip dasar layanan pendidikam anak berkebutuhan khusus, kedua melalui pembiasaan dan pembudayaan yang baik di sekolah, ketiga melalui keteladan, keempat melalui akhlak aplikatif, kelima melalui terapi al-Qur’an, dan keenam melalui Group Support Therapy. Selanjutnya, nilai-nilai karakter yang dibangun meliputi nilai karakter yang berhubungan dengan Allah SWT yaitu nilai religius yang meliputi keimanan, ketakwaan dan kesabaran, nilai karakter yang berhubungan dengan diri sendiri yaitu sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, dan mandiri, nilai karakter yang berhubungan dengan orang lain seperti saling menghormati, tolong menolong, sopan santun, dan toleransi dan nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan yaitu melestarikan lingkungan.Dalam penerapan pendidikan karakter bagi anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al- Qur’an terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor penghambatnya adalah minimnya kepedulian orang tua dalam penanaman pendidikan karakter, kondisi masyarakat yang kurang menerima kekurangan anak-anak autis, keadaan beberapa anak yang kadang masih tantrum. Dengan menggunakan analisis SWOT, maka dalam menghadapi faktor penghambat pendidikan karakter bagi anak autis dapat dilakukan denganmengadakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar akan keberadaan anak autis, mengadakan kegiatan dalam pembelajaran maupun ekstrakurikuler yang dapat mendukung penyembuhan anak autis. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Anak Autis

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING: Prof. Dr. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Anak Autis
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 May 2015 07:53
Last Modified: 05 May 2015 07:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum